10 Mata Pelajaran yang Akan Ditemui Pada Jurusan Pelayaran SMK

21-07-2022

BANGUN PENDIDIKAN - Mungkin sudah familiar ditelinga kamu pembahasan tentang nenek moyang kita merupakan seorang pelaut. Jika kamu merasa bangga akan hal itu. Tidak ada salahnya jika kamu mengambil jurusan yang sama dengan nenek moyang kita, yakni jurusan Pelayaran di SMK.

Selain pesaingnya yang masih sedikit, jurusan ini juga akan memberimu prospek kerja menarik dengan gaji tinggi loh.

Namun sebelum itu, yuk simak beberapa mata pelajaran yang akan kamu temui di jurusan Pelayaran.

1. Perawatan Kapal

Mata pelajaran yang pertama adalah perawatan kapal. Pada materi ini kamu akan memperlajari tentang ilmu-ilmu dalam hal perawatan kapal.

Maka dari itu, selain belajar bagaimana cara memelihara fisik luar, kamu juga akan diajari bagaimana cara memelihara bagian dalam kapal agar kapal beroperasi sempurna.

2. Ilmu Pelayaran Dasar

Mata pelajaran yang kedua adalah ilmu pelayaran dasar. Pada meteri ini kamu akan mempelajari tentang dasar-dasar pelayaran.

Sebagai seseorang yang bekerja di kapal, tentu kamu harus tahu bagaimana sih laut itu dan bagaimana pula kapal yang menjadi kendaraanmu. Untuk itulah ilmu ini menjadi salah satu ilmu yang wajib untuk kamu pelajari dengan baik.

3. Kecakapan Bahari

Mata pelajaran yang ketiga adalah kecakapan bahari. Materi ini merupakan salah satu mata pelajaran Pelayaran yang sangat menantang.

Pasalnya, kamu akan dituntut untuk bisa mengendalikan kapal sebaik mengendalikan dirimu sendiri.

Jadi, jangan pernah heran jika kamu akan diajari tentang cara menggulung tali, menaikkan jangkar, dan lain sebagainya.

4. Ilmu Pengetahuan Alam

Mata pelajaran yang keempat adalah ilmu pengetahuan alam. Laut adalah salah satu alam yang harus kita mengerti. Maka dari itu, seseorang yang belajar menjadi pelaut tentu harus memahami alam. Cara terbaiknya adalah dengan belajar IPA.

5. Prosedur Darurat Dan SAR

Mata pelajaran yang kelima adalam prosedur darurat dan SAR. Jurusan ini akan membuatmu mengarungi samudra hingga tidak ada seorang pun yang ada di sekelilingnya.

Nah, jika ada kejadian darurat atau bahkan separah yang terjadi pada Titanic dulu, maka jangan khawatir, kamu telah dibekali ilmu tentang prosedur darurat dan juga SAR.

6. Kompas Dan Kemudi Kapal

Mata pelajaran yang keenam adalah kompas dan kemudi kapal. Seorang pelayar harus bisa membaca kompas dan menjalankan kapal.

Untuk itu, kamu akan dibekali mata pelajaran kompas dan kemudi Kapal agar tahu tentang arah yang akan kamu lalui.

7. Bahasa Inggris Maritim

Mata pelajaran yang ketujuh adalah bahasa inggris maritim. Berlayar akan menjadikanmu selalu berada di wilayah ‘asing’.

Untuk itu, kamu harus pandai dalam berbahasa Inggris, terlebih lagi bahasa inggris ala kemaritiman. Itulah mengapa kamu harus belajar ilmu yang satu ini.

8. Matematika

Mata pelajaran selanjutnya adalah matematika. Materi yang satu ini adalah materi yang wajib kamu pelajari.

Pasalnya, segala hal di dunia ini tidak jauh dari matematika dan kamu tentu akan sangat terbantu jika menguasai ilmu yang satu ini.

9. Bahasa Indonesia

Sebagai warga negara yang baik, tentu kamu harus pandai berbahasa Indonesia agar tidak mengecewakan Ibu Pertiwi dan dapat harumkan nama bangsa di kancah dunia.

10. Teknologi Informasi

Mata pelajaran yang keterakhir adalah teknologi informasi. Kamu akan belajar mengenai IT yang mana merupakan hal yang sangat akrab dengan para pelayar sehari-hari.

Semua alat kapal adalah alat yang terintegrasi sehingga menguasai teknologi sangat penting untuk dilakukan.

Nah, itulah seputar mata pelajaran yang akan kamu temui pada jurusan pelayaran SMK. Semoga ulasan di atas dapat membantu kamu mengetahui mata pelajaran jurusan Pelayaran di SMK.