10 Peluang Kerja yang Bisa Ditekuni oleh Lulusan Ilmu Komunikasi

10-08-2022

BANGUN PENDIDIKAN – Jika membahas tentang peluang atau prospek kerja jurusan ilmu komunikasi, mungkin kebanyakan orang akan langsung mengaitkannya dengan sektor media dan periklanan.

Akan tetapi, hal tersebut tidaklah sepenuhnya benar. Sebab, program studi yang satu ini merupakan salah satu jurusan yang menawarkan banyak opsi karier bagi lulusannya.

Selain itu, pekerjaan untuk lulusan ilmu komunikasi juga dapat menawarkan potensi penghasilan tinggi setelah kamu menambah pengalaman pada bidang yang dipilih.

Lantas, apa saja peluang atau prospek kerja lulusan ilmu komunikasi? Penasaran? Yuk, simak ulasan berikut.

1. Reporter

Peluang kerja yang pertama adalah menjadi seorang reporter. Reporter merupakan para spesialis yang bertugas untuk mencari berita dan mendeskripsikannya dalam bentuk media seperti koran, majalah, radio, atau televisi.

Selain itu, mereka juga bertugas untuk melakukan peliputan berita di lapangan dan kemudian melaporkannya kepada publik melalui live report di TV atau media streaming lainnya.

Seorang reporter dapat memberitakan informasi dalam bentuk tulisan untuk media cetak atau situs berita online serta secara lisan seperti yang disampaikan pada radio.

2. Copywriter

Peluang kerja yang kedua adalah copywriter. Copywriter merupakan seorang spesialis yang menyediakan teks iklan atau materi promosi untuk aset perusahaan, termasuk halaman web, blog, artikel, iklan, posting media sosial, email, dan lainnya.

Para copywriter menggunakan media tulisan untuk menginformasikan, melibatkan, mempengaruhi, serta mempersuasi audiens. Pekerjaan yang satu ini tengah berkembang dan dapat ditemukan pada hampir di setiap perusahaan.

3. Event organizer

Peluang kerja yang ketiga adalah event organizer atau EO. Seorang EO akan bekerja pada suatu perusahaan yang biasa mengandalkan beragam jenis event.

EO harus mengurus semua hal dengan detil, mulai dari klien, vendor, hingga para tamu undangan yang hadir.

4. Business analyst

Peluang kerja yang keempat adalah business analyst. Seorang business analyst bertugas untuk melakukan analisa pasar, mengukur efektivitas produk, serta memonitor metrics data sesuai dengan kebutuhan bisnis.

Dengan melakukan analisis tersebut, peluang kerja ilmu komunikasi yang satu ini dapat membantu perusahaan produsen meningkatkan keuntungan dan kepuasan konsumen.

5. Customer service

Peluang kerja yang kelima adalah customer service. Seorang lulusan ilmu komunikasi yang menggeluti profesi ini harus memiliki kesabaran yang tinggi karena setiap harinya harus menghadapi keluhan para pelanggan.

Selain itu, seorang perwakilan layanan konsumen harus senantiasa memiliki sikap positif terhadap segala masalah.

Tidak lupa, seorang perwakilan layanan konsumen harus mampu membuat setiap pelanggan yang mengajukan komplain merasa dihargai.

6. Penyiar radio

Prospek keenam adalah penyiar radio. Penyiar radio merupakan para penghibur yang berperan untuk memberikan informasi dengan penyajian topik yang mudah untuk dicerna.

Jabatan yang dikenal dengan tajukan radio announcer ini bertanggung jawab untuk memperkenalkan dan menyelenggarakan sebuah program serta berinteraksi dengan para audiens.

7. Produser

Prospek kerja yang ketujuh adalah produser. Produser merupakan para ahli yang bertanggung jawab untuk menemukan dan meluncurkan proyek acara dalam TV atau radio.

Mereka juga bertugas untuk mengatur pembiayaan proyek, mempekerjakan crew dan anggota kunci dari tim kreatif, serta mengawasi seluruh elemen pra produksi, produksi dan pasca produksi, hingga rilis.

8. Advertiser

Prospek kerja yang kedelapan adalah advertiser. Profesi ini bertugas untuk menemukan klien lokal dan nasional yang bersedia melakukan periklanan dengan publikasi atau outlet media mereka.

Seorang advertiser juga bertanggung jawab untuk menemukan dan memelihara hubungan dengan klien, serta memastikan kebutuhan periklanan klien dan perusahaan mereka terpenuhi.

9. Videographer

Prospek kerja yang kesembilan adalah videographer. Videographer merupakan para spesialis yang bertanggung jawab untuk merekam dan membuat produksi video untuk brand atau media tertentu.

10. Staf HRD

Prospek kerja yang keterakhir adalah staf HRD. Seorang staf HRD bertanggungjawab sebagai fungsi komunikasi intensif utama dalam organisasi.

Mereka umumnya ditugaskan untuk mengarahkan karyawan baru, mengembangkan program pelatihan, menyampaikan kebijakan kepada staf, serta membuat buletin karyawan.

Nah, itu dia 10 peluang kerja untuk lulusan ilmu komunikasi. Bagaimana, apakah kamu tertarik mengambil jurusan ini? Jangan sampai salah pilih ya.