10 Prospek Kerja Lulusan Administrasi Perkantoran

06-08-2022

BANGUN PENDIDIKAN - Pasti sudah familiar bagi kamu mendengar jurusan administrasi perkantoran, bukan? Administrasi perkantoran merupakan jurusan yang mempelajari tentang operasional perusahaan baik secara administrasi dan kebutuhan kantor serta mengelola dan pengawasan tempat kerja.

Selain jurusannya yang enak untuk dipelajari, ternyata administrasi perkantoran juga memiliki peluang atau prospek kerja yang cukup banyak loh. Sehingga jurusan ini menjadi salah satu jurusan yang memiliki banyak peminat.

Lantas, apa saja sih prospek kerja jurusan administrasi perkantoran? Penasaran? Yuk ikuti ulasan berikut!

Prospek Kerja Jurusan Administrasi Perkantoran

1. Resepsionis

Prospek kerja yang pertama adalah resepsionis. Banyak perusahaan negeri atau pun swasta yang membutuhkan staff resepsionis sehingga sangat wajar saja bila banyak lowongan pekerjaan untuk lulusan administrasi perkantoran mengisi posisi ini, terlebih untuk kamu yang memiliki kemampuan berkomunikasi yang bagus. Kamu bisa menjadi resepsionis hotel, perusahaan dan yang lainnya.

2. Sekretaris

Prospek kerja yang kedua adalah sekretaris. Tugas utama yang akan dilakukan oleh seorang sekretaris ialah menyaring informasi yang mempunyai hubungan dengan bisnis perusahaan bagi pimpinan dan menjadi media perekam, penyimpan, dan pengingat kegiatan atasan pada perusahaan.

3. Staff Administrasi

Prospek kerja yang ketiga adalah staff administrasi. Tugas utama dari profesi ini yaitu melakukan bermacam-macam pelayanan kantor yang ada kaitannya dengan administrasi untuk mendukung kelancaran operasional perusahaan.

4. Pengajar

Prospek kerja yang keempat adalah sebagai pengajar. Kamu dapat mengejar di SMK, sebab jurusan ini sekarang tidak hanya dibangku perkuliahan saja, tetapi juga juga ada di SMK atau Sekolah Kejururan yang setara dengan SMA namun lebih berfokus pada satu bidang ilmu saja, sehingga akan banyak membutuhkan banyak guru SMK untuk jurusan administrasi perkantoran yang mempunyai kompetensi pada bidang administrasi perkantoran.

5. Staff Personalia

Prospek kerja yang kelima adalah staff personalia. Profesi ini memiliki tanggungjawab pada beberapa hal seperti database karyawan, payroll, atau pembayaran pembayaran lainnya.

Staff personalia akan berhubungan dengan administrasi perkantoran khususnya kepada mengurus administrasi para karyawan perusahaan.

6. Event Organizer (EO)

Prospek kerja keenam adalah even organizer (EO). Profesi ini sangat cocok buat kamu yang tertarik untuk mengurusi sebuah kegiatan. Karena pada dasarnya, untuk membuat sebuah event bisa berjalan dengan sukses dan lancar maka keahlian dalam bidang administrasi sangat diperlukan. Oleh karena itu, lulusan administrasi perkantoran mempunyai peluang besar dalam bidang pekerjaan ini.

7. Staff Operasional Pameran

Prospek kerja yang ketujuh adalah staff operasional pameran. Di profesi ini kamu akan bekerja untuk menjaga kelancaran acara atau pameran anda nantinya. Kau juga diberikan tanggung jawab yang besar untuk mengatur sebuah acara atau pameran, sama halnya seperti EO.

8. Personal Assistant

Prospek kerja yang kedelapan adalah personal assistant. Profesi ini bisa dijadikan opsi karena pekerjaan ini banyak dibutuhkan oleh orang penting atau orang yang mempunyai tingkat kesibukan yang tinggi.

Oleh karena itu, tak heran jika tawaran menjadi personal asistant sering datang pada orang yang lulusan administrasi perkantoran.

Jika kamu lulusan administrasi perkantoran maka kamu bisa menempati posisi ini jika dibandingkan dengan jurusan yang lain.

9. PNS atau Pegawai BUMN

Prospek kerja yang kesemilan adalah menjadi PNS atau pegawai BUMN. Tak hanya menjadi sekretaris saja, kamu juga bisa menjadi seorang asisten sekretaris.

Ketika kamu menjadi seorang asisten sekretaris, kamu akan mempunyai banyak tugas berkaitan dengan menerima berbagai panggilan telepon dan jadwal pertemuan pimpinan kantor.

Selain itu kamu juga mengatur jadwal pertemuan, konferensi, dan pemesanan tiket perjalanan untuk staff kantor.

10. Asisten Sekretaris

Prospek kerja yang keterakhir adalah menjadi asisten sekretaris. Profesi ini akan membuat kamu bekerja untuk menghubungkan komunikasi perusahaan tempat anda bekerja dengan dunia luar.

Demikian 10 peluang atau prospek kerja yang cocok untuk lulusan administrasi perkantoran. Bagaimana, apakah kamu tertarik dengan mengambil jurusan ini? Jangan sampai salah jurusan, ya.