4 Daftar Sekolah Kedinasan Gratis di Indonesia, Nomor 2 Paling Diminati

01-01-1970

BangunPendidikan.com – Kamu yang baru lulus dari Sekolah Menengah Atas (SMA), pasti gencar mencari atau bahkan sudah memiliki pilihan Universitas yang menjadi tujuan selanjutnya untuk melanjutkan pendidikan formal. Kebanyakan dari kamu pasti memilih Universitas Negeri karena keterbatasan biaya.

Sudah menjadi rahasia umum, biaya di Universitas Negeri jauh lebih murah dibandingkan Universitas Swasta. Meski demikian, tidak membuat mutu di Universitas Swasta kalah dari Universitas Negeri. Agar dapat masuk ke Universitas Negeri, kamu harus memenuhi beberapa persyaratan, seperti memiliki nilai yang bagus selama di SMA, memiliki prestasi dan lulus testing.

Universitas Negeri yang memberikan biaya kuliah yang minim, masih menjadi hambatan bagi beberapa siswa. Beberapa siswa di Indonesia berkeinginan melanjut, namun kondisi keluarga yang tidak memadai membuat mereka memutuskan harapan dan cita-citanya. Dan tidak sedikit dari siswa yang kurang mampu tersebut merupakan siswa yang berprestasi selama disekolah.

Kamu tidak perlu khawatir, karena sebenarnya Pemerintah sudah menyediakan Universitas Negeri yang bebas biaya. Tidak sampai disitu saja, disaat kamu sudah menyelesaikan studi, kamu akan langsung ditempatkan/dipekerjakan dibeberapa bidang di pemerintahan Indonesia.

Apakah kamu tahu Universitas yang dimaksud? Ya…. Benar Sekali, Sekolah Kedinasan. Bagi yang belum tahu pasti akan bertanya-tanya, apa itu Sekolah Kedinasan? Pada artikel BangunPendidikan.com kali ini akan berbagi informasi mengenai Sekolah Kedinasan, syarat masuk sekolah kedinasan hingga pendaftaran Sekolah Kedinasan. Silahkan disimak ya…

Apa itu Sekolah Kedinasan?

Sekolah Kedinasan adalah Perguruan Tinggi atau Universitas yang dikelola dan berada dibawah naungan Institut Pemerintahan. Jurusan yang terdapat pada sekolah kedinasan ini sangat bervariasi dan digolongkan oleh beberapa faktor.

Salah satu faktor yang menguntungkan saat memilih sekolah kedinasan di Indonesia adalah adanya program bebas biaya atau sekolah kedinasan gratis. Selain kamu dibebaskan dari biaya selama kuliah, kamu akan langsung ditempatkan/dipekerjakan sesuai dengan jurusan yang kamu pilih di sekolah kedinasan.

4 Daftar Sekolah Kedinasan Gratis di Indonesia

Tidak perlu berlama-lama lagi, berikut 4 daftar sekolah kedinasan gratis di Indonesia yang menjanjikan masa depan yang indah.

1. Politeknik Keuangan Negara (STAN)

Sekolah kedinasan bebas biaya yang pertama adalah Politeknik Keuangan Negara (STAN). STAN yang berada di Tanggerang Selatan ini bisa menjadi pilihan untuk kamu yang menyukai bidang akuntansi atau keuangan.

STAN memiliki beberapa jurusan, seperti D3 Kepabeanan, Cukai, hingga D4 Akuntansi Sektor Publik.

2. Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN)

Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN) juga merupakan salah satu sekolah kedinasan gratis, serta langsung berada dibawah naungan Kementrian Dalam Negeri. Untuk Kampus Utama IPDN berada di Jatinangor, Sumedang.

Sekolah kedinasan yang satu ini tidak hanya membebaskan mahasiswanya dari biaya kuliah, namun juga menyediakan asrama beserta biaya makan yang ditanggung oleh pemerintah hingga lulus.

IPDN sangat diminati karena alumninya akan ditempatkan di sector pemerintahan dalam negeri.  Berikut beberapa jurusan yang bisa kamu pilih di Institut Pemerintahan Dalam Negeri:

a. Fakultas Hukum Tata Kelola Pemerintahan
•    Praktik Kepolisian Tata Pamong
•    Kependudukan dan Catatan Sipil
•    Manajemen Keamanan dan Keselamatan Publik
b. Fakultas Manajemen Pemerintahan
•    Administrasi Pemerintahan Daerah
•    Manajemen Sumber Daya Manusia
•    Keuangan Publik
•    Teknologi Rekayasa Informasi Pemerintah
c. Fakultas Politik Pemerintahan
•    Pembangunan Ekonomi dan Pemberdayaan Masyarakat
•    Studi Kebijakan Publik
•    Politik Indonesia Terapan

3. Politeknik Statistika (STIS)

Sekolah kedinasan gratis berikutnya adalah Politeknik Statistika (STIS) yang berada di Jakarta Timur. Hal ini berlandaskan Surat No. 295/D/T/97 tanggal 24 Februari 1997 tentang diizinkannya Badan Pusat Statistik (BPS) menyelenggarakan Program Pendidikan Diploma IV. Kemudian terbit Keppres No. 163 Tahun 1998 tentang STIS di bawah naungan BPS.

Politeknik Statistika (STIS) memiliki 3 jurusa, yakni D3 Statistika, D4 Statistika, dan D4 Komputasi Statistika.

4. Politeknik Transportasi Darat Indonesia (PTDI-STTD)

Politeknik Transportasi Darat Indonesia (PTDI-STTD) merupakan daftar sekolah kedinasan gratis yang terakhir. Sekolah kedinasan ini berada dibawah naungan Kementrian Perhubungan, yang terletak di Cibitung, Bekasi.

Jurusan yang ada di STTD, sebagai berikut:

•    Prodi Manajemen Transportasi Jalan D-III
•    Prodi Manajemen Transportasi Perkeretaapian D-III
•    Program Studi Pendidikan D-IV Transportasi Darat (reguler)
•    Pendidikan Program D-IV Transportasi Darat (extension)

Itulah 4 daftar sekolah kedinasan gratis di indonesia, dan nomor 2 paling diminati calon mahasiswa. Bagi kamu yang berminat gabung menjadi mahasiswa di salah satu sekolah kedinasan tersebut, belajarlah lebih giat lagi. Semoga cita-cita kamu terwujud.