5 Peluang Kerja Lulusan Jurnalistik yang Menjanjikan

15-08-2022

BANGUN PENDIDIKAN - Siapa nih dari kamu yang mengambil jurusan kuliah Jurnalistik? Perlu kamu ketahui bahwa lulusan Jurnalistik itu tidak hanya membuatmu menjadi seorang jurnalis atau wartawan, tetapi masih masih peluang kerja yang terbuka lebar untuk kau.

Apa saja sih peluang kerjanya? Penasaran? Berikut beberapa peluang perkerjaan untuk lulusan Jurnalistik!

1. Jurnalis

Peluang kerja yang pertama adalah Jurnalis. Lulusan jurnalistik pastinya cakap dan mahir bekerja sebagai jurnalis atau wartawan. Jika kamu memilih profesi ini, maka kamu akan menuliskan berita secara teratur dan kemudian tulisan atau laporan tersebut dimuat dimedia massa secara teratur pula.

Media massa yang mempublikasikan berita tersebut bisa berupa koran, televisi, radio, film dokumentasi, majalah, maupun media online.

2. Fotojurnalis

Peluang kerja yang kedua adalah menjadi seorang Fotojurnalis. Seorang fotojurnalis dapat memberitakan peristiwa dengan caranya yang unik, yang tidak dapat dilakukan oleh media lain.

Tenaga fotojurnalis biasanya dibutuhkan pada media online, televisi, surat kabar, majalah, dan lain sebagainya.

Seorang fotojurnalis bertugas untuk menceritakan kisahnya (fakta) sendiri, berupa tempat, topik menarik, peristiwa, maupun tokoh populer. Seiring berkembangnya zaman, fotojurnalisme saat ini tidak hanya terbatas pada media foto saja.

3. Copy Editor

Peluang kerja yang ketiga adalah Copy Editor. Pada profesi ini kamu akan ditugaskan untuk menyiapkan naskah yang akan dipublikasikan.

Dalam proses ini, kamu akan memeriksa dan memperbaiki ejaan, tanda baca, dan susunan kalimat yang kurang tepat. Selain itu, seorang copy editor juga berhak untuk membuat penyesuaian judul supaya menarik bagi pembaca.

4. Reporter

Peluang kerja yang keempat adalah menjadi Reporter. Sebagai bagian dari jurnalistik, seorang reporter bertugas untuk melakukan peliputan berita dilapangan dan melaporkannya kepada berbagai media, seperti televisi, radio, majalah, maupun surat kabar.

Tangkas dan bekerja cepat merupakan kualitas yang sangat diperlukan untuk menjadi seorang reporter agar beritanya siap sebelum publikasi atau waktu penyiaran.

5. Pengarah Acara Televisi

Profesi yang keterakhir adalah menjadi pengarah di Acara Televisi. Seorang pengarah acara televisi bertugas merencanakan dan menjadwalkan acara dan program televisi.

Perlu kamu tahu, durasi siaran, rating, demografi penonton, ketersediaan waktu, dan berbagai faktor lain turut mempengaruhi rencana dan jadwal yang disusunnya.

Selain memastikan ketertiban jadwal, pengarah acara televisi juga turut dalam memimpin jalannya proses syuting.

Daftar PTN dan PTS yang Memiliki Jurusan Jurnalistik

1. Universitas Padjadjaran

2. Universitas Indonesia

3. Universitas Prof. Dr. Moestopo (Beragama)

4. Universitas Multimedia Nusantara

5. Universitas Bengkulu

6. Politeknik Negeri Jakarta

7. Universitas Islam Negeri Raden Fatah

8. Universitas Halu Oleo

9. Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar

10. Universitas Diponegoro

11. Universitas Airlangga

12. Universitas Esa Unggul

Demikian beberapa peluang kerja lulusan Jurnalistik yang menjanjikan di masa depan. Semoga membantu.