5 Universitas Terbaik Jurusan Teknik Geologi

15-06-2022

BANGUN PENDIDIKAN - Ilmu Geologi memang bukanlah sebuah jurusan yang popular di kalangan mahasiswa saat ini. Namun jangan salah, jurusan ini mempunyai prospek kerja yang menjanjikan buat kamu untuk ke depannya.

Geologi merupakan karir menarik karena kamu bisa menjadi ahli geologi dan bekerja di perusahaan bidang sumber daya alam ataupun sebagai konsultan lingkungan.

Setelah lulus, kamu dapat bekerja di lembaga pemerintahan atau menjadi dosen yang mengajar bidang tersebut.

Nah, buat kamu yang berminat untuk mengambil kuliah jurusan Geologi, di bawah ini kami telah merangkum beberapa Universitas dengan Jurusan Teknik Geologi Terbaik di Indonesia.

1. Universitas Padjajaran (Unpad)

Teknik Geologi di Universitas Padjajaran masuk ke dalam lindungan Fakultas Ilmu Pasti dan Ilmu Alam yang telah berdiri sejak 17 November 1959. Universitas ini telah tegolong ke dalam akreditasi A. Di univ ini kamu akan menemukan banyak bidang yang bisa dipelajari seperti Geokimia dan Geothermal, Geologi Dinamik, Geofisika, dan lainnya.

2. UPN Veteran Yogyakarta

Univ terbaik yang kedua yakni, UPN Veteran Yogyakarta. Jurusan teknik geologi pada universitas ini ada dalam naungan Fakultas Teknologi Mineral yang bervisi menghasilkan lulusan yang ulet dan berdedikasi tinggi. Universitas ini telah tegolong ke dalam akreditasi A.

3. Institut Teknologi Bandung (ITB)

Program studi Teknik Geologi terbaik selanjutnya berada di ITB, yang memiliki fokus the present is the key to the past yang memerlukan basis ilmu alam kuat, ilmu science, basic engineering, dan ilmu rekayasa terbaik. ITB juga sudah mengantongi akreditas A untuk jurusan ini sejak tahun 2015 lalu.

Pada program studi ini, kamu akan mempelajari segala sesuatu yang berhubungan dengan bumi sebagai obyek, dengan ruang lingkup yang luas, misalnya batuan dan mineral, minyak dan gas bumi, gunung api dan panas bumi, atau struktur bumi dan gempa bumi.

4. Universitas Hasanuddin (Unhas)

Universitas terbaik selanjutnya, yakni Universitas Hasanudin. Universitas ini telah mengantongi akreditasi B sejak tahun 2011 dan telah ada sejak tahun 1983.

Informasi mengenai akreditasi jurusan Teknik Geologi Universitas Hasanuddin ini merupakan bentuk penilaian dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi terhadap mutu penyelenggaraan pendidikan jurusan Teknik Geologi di Universitas Hasanuddin. Biasanya, nilai akreditasi ini diperbaharui setiap 5 tahun sekali.

Pembelajaran program studi ini dilakukan di kampus baru Gowa sejak tahun 2016 lalu untuk program studi S2 dan S3.

5. Universitas Diponegoro (Undip)

Universitas terbaik yang memiliki program studi geologi adalah Universitas Diponegoro yang beralamat di Jl. Prof. Sudarto SH, Tembalang, Jawa Tengah. Jurusan geologi di Undip berada dalam naungan Fakultas Teknik dan sudah mengantongi akreditasi B sejak tahun 2012 lalu.

Sama seperti universitas dengan jurusan ini, yang dipelajari seputar Geokimia dan Geothermal, Geologi Dinamik, Geofisika, dan lainnya.

Meski jurusan ini tidak sepopuler jurusan lainnya seperti manajemen atau kedokteran, nyatanya jurusan ini punya prospek yang luar biasa di dalamnya.

Itulah beberapa universitas dengan Jurusan Teknik Geologi terbaik di Indonesia selain Teknik Geologi UGM.