6 Ciri Pendidikan Anak Usia Dini yang Baik bagi Anak

27-09-2022

BANGUN PENDIDIKAN - Menurut para ahli, anak usia dini merupakan masa pertumbuhan. Oleh karena itu, pelatihan yang diberikan harus sesuai. Selain itu, kita perlu menyadarkan anak-anak tentang karakteristik pendidikan anak usia dini yang baik sejak usia dini.

Berikut ini adalah tanda-tanda pendidikan anak usia dini yang baik bagi anak-anak karena mereka mengakomodasi perkembangan dan pertumbuhan mereka. Jika sistem sekolah seperti itu diperkenalkan, akan lebih mudah bagi anak-anak untuk menyerap apa yang telah mereka pelajari. Berikut adalah ciri-ciri yang dimaksud.

1. Sistem Ajar yang Berbasis Permainan

CIri sekolah PAUD yang baik yang pertama adalah sistem pembelajaran di paud yang harus berbasis permainan. Hal ini sesuai dengan psikologi anak pada usia tersebut yang lebih memilih bermain daripada belajar.

Oleh karena itu, kegiatan sekolah harus didominasi dengan bermain. Materi ajar pun dapat dimasukkan saat anak sedang bermain.

2. Belajar Lebih Banyak diluar Ruangan

Anak usia 3-6 tahun lebih suka bergerak bebas daripada duduk diam. Ini adalah salah satu cara anak untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat mereka.

Jadi ciri PAUD yang baik yang lainnya adalah membuat anak di PAUD belajar di luar kelas. Karena dengan cara eksplorasilah mereka dapat mengeksplorasi diri. Anak bahkan dapat belajar tentang lingkungan yang mereka lihat dari dengan cara berpikir mereka sendiri.

Untuk perkembangan psikologis anak itu sendiri, sistem ini sangat baik. Karena mereka terbiasa berpikir bebas daripada bersikap tegas.

3. Memiliki Kelas yang Merangsang Minat Belajar

Paud yang menerapkan sistem belajar di kelas seharian tidak dianjurkan untuk anak. Namun pembelajaran di luar kelas seharian juga tidak maksimal. Apalagi saat hujan atau sinar matahari yang terlalu terik.

Berdasarkan hal ini, PAUD yang baik adalah sekolah yang ruang kelas PAUD didesain dengan indah dan menarik untuk membuat anak betah berada di dalam kelas. Baik itu berupa lukisan warna-warni atau menyiapkan alat peraga yang menarik.

4. Pengajarnya Mampu Bercerita dengan Baik

Ciri khas pendidikan anak usia dini yang baik untuk anak berikutnya adalah bahwa bagaimana cara guru PAUD bercerita kepada anak-anak.

Tidak dapat dipungkiri bahwa anak usia 3-4 tahun suka mendengar cerita, legenda, dan dongeng. Karena isi cerita yang ada dapat meningkatkan rasa ingin tahu anak.

Ditambah dengan adanya gerak tubuh dan ekspresi wajah dari guru pada saat berbicara. Dampaknya pada mental anak, kebiasaan mendengarkan cerita dan dongeng dapat membantu mengembangkan sikap luhur seperti tidak arogan,dermawan, baik hati, jujur, dan sifat-sifat positif lainnya.

5. Alat Peraga yang Digunakan Konkrit

Persepsi anak ketika mengenali objek, sebagian besar dengan cara melihat dan merasakannya. Karena itu sekolah yang baik melatih pengenalan kebendaan anak dengan cara mengenalkannya pada benda yang nyata.

Misalnya, jika sedang diajarkan mengenai bunga, sebaiknya alat peraga yang digunakan adalah bunga asli.

Sehingga anak-anak dapat belajar dengan melihat dan merasakan tekstur bunga secara bersamaan. Ini juga berlaku untuk mengidentifikasi objek lain.

6. Kegiatan Belajar Aktif dan Menghibur

Meskipun harus mengajarkan materi, cara guru menyampaikannya harus menarik dan menyenangkan. Pasalnya, anak lebih menyukai pola pengajaran yang seperti ini.

Selain itu, dengan sistem pendidikan seperti ini, anak tidak akan merasa cepat bosan sehingga akan dapat lebih mudah menerima materi yang diajarkan.

PAUD adalah lembaga yang baik untuk pendidikan anak di usia dini. Karena perkembangan otak dan psikologi anak bekerja dengan baik ketika menjalani tahap pendidikan di sini.