6 PTN di Indonesia yang Memiliki Jurusan Arkeologi

11-06-2022

BANGUN PENDIDIKAN - Jika kamu tertarik dengan jurusan arkeologi, di bawah ini kami akan memberikan kamu penjelasan tentang apa itu jurusan arkeologi dan Universitas yang menyediakan jurusan ini.

Jika membahas tentang arkeologi, pasti yang ada di dalam pikiranmu adalah suatu ilmu yang memperlajari masa lalu, salah satunya yang berbau kuno.

Namun sebenarnya apa itu arkeologi? Berikut kami berikan pengertiannya.

Pengertian Arkeologi

Arkeologi adalah ilmu yang mempelajari tentang kebudayaan (manusia) masa lalu melalui kajian sistematis atas data bendawi yang ditinggalkan.

Daftar Universitas yang Menyediakan Jurusan Arkeologi

Buat kamu yang mau kuliah, pemilihan jurusan kuliah sangatlah penting.  Salah satu rekomendasi jurusan kuliah yang perlu kamu ambil adalah ‘Arkeologi’.

Namun, sebelum kamu mengambil jurusan ini, coba pastikan dulu bahwa kamu memiliki minat yang besar terhadap penemuan, pengungkapan dan mengkaji benda-benda artefak purbakala yang bersejarah. Hal itu dikarenakan, inilah pembahasan yang akan kamu jumpai di jurusan tersebut.

Mereka yang mempelajari ilmu arkeologi akan terbiasa untuk melanglang buana ke penjuru dunia mencari dan menemukan bukti otentik tentang kehidupan pada masa purbakala yang sudah ribuan tahun yang lampau.

Tak semua orang dapat memilih jurusan arkeologi. Salah satu syarat yang harus dipenuhi adalah kecintaan terhadap sejarah dan rasa ingin tahu menemukan peradaban kuno dan artefak di masa lalu atau purbakala.

Jumlah perguruan tinggi negeri dan swasta yang membuka jurusan arkeologi di Indonesia juga masih sedikit. Bahkan, Perguruan Tinggi Negeri (PTN) di Indonesia yang membuka program studi dan jurusan arkeologi hanya enam, antara lain:

1. Universitas Gadjah Mada (UGM)

Salah satu PTN yang memiliki jurusan arkeologi adalah Universitas Gadjah Mada (UGM). UGM mendirikan jurusan di UGM ini untuk program studi S2 dan S1.

Di kampus ini, mahasiswi jurusan arkeologi akan mempelajari banyak ilmu tentang arkeologi termasuk  museulogi, manajemen museum kepurbakalaan dan telah mengadakan kemitraan dengan lembaga dari Amsterdam Belanda bernama Tropenmuseum dan Reinwardt Academie.

2. Universitas Indonesia (UI)

Selain Universitas Gadjah Mada (UGM), Universitas Indonesia (UI) juga memiliki jurusan arkeologi yang enggak kalah bagusnya.

Di kampus ini, terdapat mata kuliah arkeologi publik, arkeologi industri, arkeologi seni, dan permuseuman.

3. Universitas Hasanuddin (Unhas)

Nah ini lagi nih, universitas yang memiliki jurusan arkelogi, yaitu Universitas Hasanuddin. Jenis arkeologi yang dipelajari akan dipelajari di kampus ini adalah Arkeologi Kemaritiman. Universitas ini berlokasi di daerah Sulawesi Selatan.

4. Universitas Jambi (Unja)

Salah satu PTN yang membuka jurusan arkeologi adalah Universitas Jambi yang berada di Jambi. Kampus ini juga termasuk jurusan arkeologi terbaik di Indonesia. Apalagi kawasan Jambi adalah bekas berdirinya kerajaan Sriwijaya yang hampir menguasai seluruh nusantara sampai ke negara lain.

Kerajaan Sriwijaya terus memperbesar wilayah kekuasaannya hingga menjadi negara besar yang disegani kerajaan lain. Beberapa peninggalan kerajaan Sriwijaya masih dapat ditemukan di Jambi seperti Candi Muaro Jambi. Yang menjadi fokus ilmu arkeologi di Unja ini adalah Arkeologi Melayu.

5. Universitas Halu Oleo (UHO)

Salah satu universitas yang memiliki jurusan arkeologi adalah Universitas Halu Oleo (UHO). Universitas ini merupakan salah satu universitas terbaik yang memiliki program study arkeologi. Universitasi ini berlokasi di Di Sulawesi Tenggara.

6. Universitas Udayana

Bali juga punya jurusan arkeologi loh. Jika kamu belajar S-1 Arkeologi di Universitas Udayana, kamu bisa mengambil konsentrasi tentang arekologi prasejarah, arekologi klasik, epigrafi (ilmu yang mempelajari benda-benda tertulis masa lampau seperti prasasti), dan permuseuman.

Itulah seputaran Perguruan Tinggi Negeri (PTN) yang memiliki jurusan arkeologi. Semoga membantu!