7 Peluang Kerja Lulusan Arkeologi yang Menjanjikan

12-08-2022

BANGUN PENDIDIKAN - Arkeologi merupakan salah satu jurusan yang banyak ditawarkan di universitas-universitas. Buat kamu yang masih bingung dalam memilih jurusan apa saat ujian masuk universitas dalam waktu dekat ini, maka jurusan arkeologi dapat menjadi pilihan tepat untuk kamu yang tertarik belajar benda-benda peninggalan sejarah.

Meski bukan termasuk jurusan favorit, tapi jurusan ini memiliki peluang atau prospek kerja yang terbilang menjanjikan.

Lantas, apa saja sih peluang atau prospek kerja tersebut? Penasaran? Simak ulasan berikut!

1. Jurnalis Arkeologi

Peluang kerja yang pertama adalah menjadi Jurnalis Arkeologi. Buat kamu yang suka menulis khususnya menulis sesuatu yang berkaitan tentang barang peninggalan sejarah, maka menjadi jurnalis arkeologi merupakan profesi yang cocok buat kamu setelah lulus kuliah.

Kamu dapat bekerja di media terkenal seperti National Geographic yang menyediakan tulisan yang berbau arkeologi.

Dengan berkarir sebagai seorang jurnalis untuk topik arkeologi, kamu berkesempatan keliling dunia untuk menemukan serta mempelajari mengenai fosil-fosil.

Pada profesi ini kamu akan berpeluang mendapatkan gaji sekitar Rp8.000.000 hingga Rp400 jutaan per bulan.

2. Arkeolog

Peluang kerja yang kedua adalah menjadi Arkeolog. Arkeolog merupakan sebutan bagi seorang ahli pada bidang arkeologi. Buat kamu yang suka meneliti barang-barang peninggalan sejarah, maka pekerjaan ini sangat cocok untuk kamu.

Kamu akan bertugas untuk meneliti peninggalan-peninggalan sejarah, seperti bangunan kuno, artefak, fosil, hingga teks atau dokumen kuno.

Pada profesi ini kamu akan berpeluang mendapatkan gaji sekitar Rp800 juta. Untuk gaji rata-rata yang didapatkan seorang arkeologi yaitu mulai dari Rp4.900.000 sampai dengan Rp7.000.000 per bulan.

3. Sejarawan

Peluang kerja yang ketiga adalah menjadi Sejarawan. Salah satu kemampuan yang dimiliki oleh lulusan arkeologi adalah mengumpulkan informasi mengenai sejarah dari benda-benda yang ditemukannya.

Kamu bisa mengetahui cerita, budaya, dan kehidupan sosial di masa lampau hanya dari mempelajari benda-benda bersejarah.

Pada profesi ini kamu akan berpeluang mendapatkan gaji sekitar Rp416 jutaan per bulan. Gaji ini dapat Kamu peroleh jika menjadi sejarawan internasional.

4. Lembaga Penelitian Nasional

Prospek kerja yang keempat adalah Lembaga Penelitian Nasional. Kamu akan bekerja di lembaga penelitian nasional seperti LIPI dan Pusat Penelitian Arkeologi Nasional.

Pusat Penelitian Arkeologi Nasional (Puslitarkenas) merupakan unit penelitian yang ada di bawah Badan Penelitian dan Pengembangan Kemendikbud. Pusat penelitian ini telah ada sejak zaman pemerintahan kolonial Belanda. Kamu akan bertugas untuk melakukan penelitian arkeologi di Indonesia.

Pada profesi ini kamu akan berpeluang mendapatkan gaji mulai dari Rp1.000.000 hingga Rp4.000.000 per bulan.

5. Pengelola Museum

Peluang kerja yang kelima adalah menjadi Pengelola Museum. Ada banyak museum di Indonesia yang belum dikelola secara maksimal. Maka dari itu, kamu bisa mengelola museum-museum tersebut dengan baik agar bisa mendapatkan lebih banyak pengunjung.

Dengan pengetahuan yang kamu miliki, kamu juga bisa memberikan informasi menarik mengenai benda-benda bersejarah yang ada di museum.

Pada profesi ini kamu akan berpeluang mendapatkan gaji sekitar Rp2.000.000 hingga Rp3.000.000 per bulan.

6. Pemandu Wisata Bersejarah

Peluang kerja yang keenam adalah menjadi Pemandu Wisata Bersejarah. Jika kami punya keinginan untuk bekerja sambil jalan-jalan? Maka menjadi Pemandu Wisata adalah pekerjaan yang cocok untuk kamu. Kamu bisa berkarir menjadi seorang pemandu wisata khusus tempat bersejarah, seperti candi, bangunan peninggalan sejarah, hingga museum. Pada profesi ini kamu akan berpeluang mendapatkan gaji Rp500.000 per harinya.

7. Kolektor Barang Antik

Peluang kerja yang ketujuh adalah menjadi Kolektor Barang Antik. Kamu dapat mengoleksi benda-benda antik dengan nilai sejarah yang tinggi, misalnya radio tua, piringan hitam, televisi tua, dan lain sebagainya.

Apabila sudah terkumpul banyak, kamu bisa membangun museum barang-barang antik dengan harga tiket yang terjangkau atau bahkan gratis

Kamu juga bisa menjual barang antik tersebut kepada sesama kolektor dengan harga yang mahal. Tidak heran jika kamu dapat memperoleh penghasilan hingga ratusan juta rupiah untuk sekali transaksi.

Demikianlah beberapa peluang kerja untuk lulusan arkeologi. Bagaimana, apakah kamu tertarik untuk mengambil jurusan yang satu ini?