7 Peluang Kerja Lulusan Pariwisata

09-08-2022

BANGUN PENDIDIKAN - Mungkin jurusan Pariwisata masih terdengar asing di telinga kamu. Ya, jurusan ini memang baru resmi diakui sejak tahun 2008 dengan jumlah lulusan yang terbatas. Padahal, peluang atau prospek kerja jurusan ini sangat besar mengingat Indonesia memiliki wisata yang tersebar dari Sabang sampai Merauke.

Pendidikan Pariwisata ini menjadi bagian dari Fakultas Ilmu Budaya. Prodi ini sendiri terbagi dalam beberapa jurusan seperti Pengelolaan Pariwisata, Usaha Perjalanan Wisata, Manajemen Bisnis Perjalanan Wisata dan lain sebagainya.

Nah, buat kamu yang tertarik mengambil jurusan ini, kamu wajib tahu seputar profesi untuk lulusan pariwisata. Yuk, simak ulasan berikut!

1. Tour Guide

Suka traveling dan pandai berkomunikasi? Kamu bisa menjadi seorang tour guide lokal atau mancanegara.

Dalam sekali memandu wisatawan, kamu bisa mendapatkan bayaran sebesar Rp500.000. Semakin banyak wisatawan yang kamu pandu, maka akan semakin banyak pula penghasilan yang kamu dapat.

2. Pengelola Wisata

Mengambil jurusan pengelolaan pariwisata bisa memberikan pilihan karir sebagai pengelola wisata baru atau tempat wisata yang belum dikelola dengan baik di daerah kamu. Kamu dapat menjadi pengusaha sukses yang berbasis pariwisata, loh!

Soal penghasilan, kamu berpeluang besar untuk mendapatkan gaji fantastis. Semakin banyak jumlah wisatawan yang berkunjung, maka semakin besar pula penghasilan yang kamu kumpulkan.

3. Biro Perjalanan Wisata

Selain menjadi pengelola wisata, kamu juga bisa bekerja di biro perjalanan wisata untuk informasi jalur penerbangan, destinasi wisata, akomodasi hotel dan lain-lain.

Semakin kamu memiliki kepandaian berkomunikasi dengan bahasa asing, maka akan semakin besar peluang mendapatkan gaji menarik.

Apabila kamu bekerja di biro perjalanan wisata, kamu berkesempatan mendapatkan gaji mulai dari Rp3.000.000 per bulan.

Semakin tinggi posisimu di perusahaan tersebut, semakin tinggi pula gaji yang akan kamu dapatkan.

4. Travel Blogger

Prospek kerja selanjutnya adalah menjadi travel blogger. Pada profesi ini kamu akan mendapatkan bayaran fantastis dari pemasangan iklan.

Selain itu, kamu juga bisa menulis sebuah buku, mengikuti lomba wisata dan lain sebagainya. Tentu kamu harus pandai mengkombinasikan foto dan tulisan menjadi visual yang menarik.

5. Perhotelan

Lulusan pariwisata juga bisa bekerja di bidang perhotelan, loh. Kamu bisa menjadi staf hotel di posisi resepsionis, marketing, customer service, atau posisi lainnya yang sesuai dengan kemampuan yang kamu miliki.

6. Sektor Asuransi Perjalanan

Peluang atau prospek kerja pariwisata berikutnya adalah menjadi sektor asuransi perjalanan. Pada profesi ini kamu menawarkan asuransi untuk mereka yang akan menempuh perjalanan jauh, baik untuk tujuan wisata maupun untuk tujuan lainnya.

7. Event Coordinator

Prospek kerja yang keterakhir adalah event coordinator. Kamu akan mengurusi event tertentu, mulai dari tahap perencanaan hingga eksekusi dan evaluasi. Selain itu, kamu juga bertanggung jawab atas kelancaran dan keberhasilan acara yang Kamu kelola.

Demikianlah seputar prospek kerja lulusan pariwisata. Setelah membaca artikel ini, apakah kamu jadi tertarik mengambil dalam jurusan Pariwisata?