7 Prospek Kerja Lulusan SMK Multimedia

04-08-2022

BANGUN PENDIDIKAN - Mengikuti perkembangan teknologi, media pun kini turut hadir dalam berbagai bentuk. Mulai dari media cetak hingga media digital, keperluan membentuk kemasan media baru ini menciptakan peluang kerja yang luas bagi lulusan jurusan multimedia.

Oleh karena itu, tidak heran jika jurusan yang satu ini memiliki banyak peminatnya. Agar lebih mudah memahami apa saja peluang pekerjaan untuk lulusan SMK multimedia, kamu dapat mengikuti penjelasan berikut.

Prospek Kerja Jurusan Multimedia

1. Video editor

Berpeluang mendapatkan gaji sebesar 3.5 juta - 5 juta lebih per bulan, prospek kerja multimedia yang satu ini bisa menjadi rekomendasi buat kamu.

Menggeluti profesi ini artinya kamu bertugas menyunting dan melakukan berbagai proses editing video, atau pun konten video yang nantinya akan dimuat di website maupun platform tertentu.

Sebagai video editor kamu juga bertanggung jawab dalam memilih, merangkai maupun memanipulasi beberapa materi video yang direkam untuk kemudian dijadikan satu video utuh.

2. Cameramen

Berpeluang mendapatkan gaji sebesar 2.5 juta per bulannya, profesi ini tidak kalah menariknya untuk dipertimbangkan.

Bekerja sebagai cameramen, artinya kamu bertanggung jawab mengoperasikan kamera dan merekam sesuai arahan produser atau pun sutradara. Untuk menjadi cameramen kamu bisa bekerja di industry film atau televise.

3. Sound effect maker

Berpeluang mendapatkan gaji sebesar 2 juta - 5 juta, prospek kerja yang satu ini juga sangat cocok buat kamu lulusan jurusan multimedia.

Berkerja sebagai sound effect maker, artinya kamu bertanggung jawab menciptakan efek suara buatan.

Efek suara tersebut nantinya akan dibutuhkan untuk sebuah konten video atau film. Untuk membuat efek suara biasanya pekerja sound effect maker akan menggunakan software atau aplikasi audio di PC maupun komputer.

4. Music composer

Berpeluang mendapatkan gaji sebesar 4 juta – 6 juta, pekerjaan ini sangat direkomendasikan buat kamu lulusan multimedia.

Memilih prospek kerja berikut ini, artinya kamu akan memiliki tanggung jawab menciptakan hasil karya music. Istilah composer ini mengacu kepada seseorang yang menulis komposisi musik instrumental atau vocal dalam format solo, duo, trio dan seterusnya.

5. Desainer grafis

Berpeluang mendapatkan gaji sebesar 2.5 juta - 4 juta, profesi ini bertugas menciptakan ilustrasi, fotografi, tipografi atau grafis motion, baik untuk media cetak, elektronik maupun penerbit.

Seseorang yang berkerja di bidang ini bertugas atas tampilan pada media promosi sebuah produk atau jasa.

6. Youtuber

Berbicara mengenai gaji, perhitungan gaji seorang youtuber biasanya dihitung menggunakan rumus cost per mille dari video dalam satu channel youtube.  Youtuber merupakan seseorang atau sekelompok orang yang memiliki channel youtube.

Sebagai youtuber kamu bertugas membuat konten video yang nantinya ditayangkan dichannel youtube yang kamumiliki. Tak hanya itu, kamu juga bertugas mencari subscribers sebanyak-banyaknya.

7. Illustrator

Berpeluang mendapatkan gaji sebesar 2.5 juta - 4 juta, profesi illustrator bertanggung jawab menciptakan dan menyediakan gambar ilustrasi untuk memperjelas maksud suatu tulisan tertentu sehingga terlihat lebih menarik. Termasuk di dalamnya novel, majalah, buku, koran, iklan maupun poster.

Itulah beberapa prospek kerja lulusan multimedia beserta kisaran gajinya untuk menjadi referensi kamu. Semoga bermanfaat, ya!