Wajib Tahu! Berikut 8 Prospek Kerja Lulusan Tata Boga

19-08-2022

BANGUN PENDIDIKAN - Jika kamu aktif di media sosial, pasti menyadari kalau dunia kuliner lagi berkembang belakangan ini. Banyak orang yang berlomba untuk menciptakan resep sederhana dari bahan-bahan murah yang bisa ditiru di rumah.

Lalu, kamu akan kepikiran, apakah hobi memasak ini bisa manjadi salah satu ranah formal dan profesional? Tentu bisa dong!

Salah satu jalan yang dapat kamu tempuh adalah dengan mengambil jurusan Tata Boga. Serunya lagi, jurusan Tata Boga tidak hanya belajar tentanf masak-masak, tetapi juga mempelajari teknik penyajian makanan yang memperhatikan estetika, kualitas, rasa, dan kebutuhan gizi.

Selain itu, lulusan Tata Boga juga memiliki peluang kerja yang luas. Apa saja sih? Penasaran? Berikut beberapa prospek kerjanya.

1. Chef

Peluang kerja yang pertama adalah chef. Selama kamu mempunyai keahlian memasak yang baik, mimpi kamu untuk menjadi chef profesional sangat mungkin bisa dicapai.

Pada profesi ini, kamu berpeluang mendapatkan gaji sekitar Rp3 Juta-an.

2. Asisten Koki

Peluang kerja yang kedua adalah asisten koki. Jika kamu merasa belum percaya diri untuk menjadi seorang chef profesional, kamu dapat mendalami karir menjadi seorang asisten koki.

Nantinya kamu dapat belajar dengan koki profesional untuk menyerap sebanyak-banyaknya ilmu dari mereka.

Pada profesi ini, kamu berpeluang mendapatkan gaji sekitar Rp3 Juta-an.

3. Pelayan Restoran Di Hotel

Peluang kerja yang ketiga adalah pelayan restoran di hotel. Pekerjaan ini sangat menjanjikan dan tugasnya pun relatif mudah.

Pada profesi ini, kamu berpeluang mendapatkan gaji sekitar Rp2 Juta-an.

4. Juru Masak Rumah Sakit

Peluang kerja yang keempat adalah juru masak rumah sakit. Di pekerjaan ini, kamu tidak hanya menjadi juru masak, namun juga perlu memperhatikan kandungan gizi dalam setiap bahan masakan.

Pada profesi ini, kamu berpeluang mendapatkan gaji sekitar Rp3 Juta-an.

5. Baker

Peluang kerja yang kelima adalah baker. Pekerjaan ini membutuhkan kemampuan untuk membuat kue dan menghiasnya.

Pada profesi ini, kamu berpeluang mendapatkan gaji sekitar Rp3,2 Juta-an.

6. Staff Catering

Peluang kerja yang keenam adalah staf catering. Kamu dapat bekerja di perusahaan catering dan menjadi staf di sana.

Pada profesi ini, kamu berpeluang mendapatkan gaji sekitar Rp3 Juta-an.

7. Barista

Peluang kerja yang ketujuh adalah barista. Tidak hanya berhubungan dengan makanan, pekerjaan kamu juga akan berhubungan dengan meracik minuman.

8. Usaha Rumah Makan

Peluang kerja yang kedelapan adalah usaha rumah makan. Jika kamu memiliki keinginan menjadi seorang wirausaha, kamu bisa membuka usaha rumah makan atau restoran.

Pada profesi ini, kamu berpeluang mendapatkan gaji sekitar Rp2 Juta-an.

Nah, itulah 8 peluang atau prospek kerja lulusan tata boga yang bisa kamu jadikan referensi sebelum mengambil jurusan ini. Semoga membantu.