Mengenalkan Huruf Hijaiyah Pada Anak, Awal Mula Belajar Al-Quran

11-01-2023

Bangun Pendidikan – Hai, sobat bangun gimana kabarnya, nih? Semoga selalu dalam keadaan baik ya. Nah, pada kesempatan kali ini kita akan membahas tentang huruf hijaiyah. Ini merupakan langkah awal bagi kita untuk mengenalkan huruf hijaiyah pada anak. Simak baik – baik ya.

Pengertian Huruf Hijaiyah

Huruf Hijaiyah merupakan huruf dalam bahasa Arab. Semua kosakata dalam bnahasa Arab tersusun atas beberapa huruf hijaiyah. Mengutip dari buku Metode Pembelajaran Baca Tulis Al-Quran karya Dr. Mursal Aziz dan Zulkipli Nasution, hijaiyah berasal dari kata kerja hajja yang artinya mengeja, menghitung huruf, membaca huruf demi huruf.

Umat Muslim mempelajari huruf hijaiyah adalah sebuah keharusan. Sebab, Al-Quran sebagai kitab yang wajib dibaca dan dipelajari.

Mempelajari Al-Quran hukumnya fardhu kifayyah, yaitu kewajiban umat Muslim yang apabila dilakukan beberapa orang, maka akan gugur kewajiban individu untuk melakukannya. Sedangkan, membaca Al-Quran memakai ilmu tajwid secara baik dan benar merupakan fardhu ‘ain. Sebab, apabila terjadi kesalahan dalam membacanya , maka orang tersebut berdosa.

Kewajiban membaca Al-Quran dengan benar termaktub dalam surat Al Muzzammil ayat 4. Allah berfirman, "Atau lebih dari (seperdua) itu, dan bacalah Al-Quran itu dengan perlahan-lahan." (Al-Muzzammil: 4)

Oleh karena itu, untuk menghindarkan diri dari dosa tersebut, umat Muslim dituntut untuk belajar Al-Quran dengan baik. Hal ini diawali dengan mengenal huruf hijaiyah.

Lantas, apa saja huruf hijaiyah dan tanda bacanya yang perlu dipelajari umat Muslim ketika hendak membaca Al-Quran? Berikut penjelasannya.

Mengenal Huruf Hijaiyah

Pada dasarnya, jumlah huruf hijaiyah ada 28 huruf tunggal, 29 ketika ditambah Hamzah, dan 30 jika memasukkan huruf rangkap Lam-Alif dan Hamzah sebagai huruf yang berdiri sendiri. Tiga puluh huruf hijaiyah tersebut terangkum dalam daftar berikut:

ا : alif

ب : ba

ت : ta

ث : tsa

ج : jim

ح : ha

خ : kha

د : dal

ذ : dzal

ر : ra

ز : za

س : sin

ش : syin

ص : shad

ض : dlad

ط : tha

ظ : zha

ع : ain

غ : ghain

ف : fa

ق : qaf

ك : kaf

ل : lam

م : mim

ن : nun

هـ : ha

و : wau

ي : ya

ء : hamzah

Contoh Huruf Hijaiyah

Contoh huruf hijaiyah dapat dilihat langsung dalam Al-Quran. Salah satunya yang termuat pada ayat pertama Surah Al Fatihah berikut ini:

بِسْمِ اللّٰهِ الرَّحْمٰنِ الرَّحِيْمِ

Kalimah tersebut terdiri dari 19 huruf hijaiyah, yakni: بِ سْ مِ ا ل لّٰ هِ ا ل رَّ حْ مٰ نِ ا ل رَّ حِ يْ مِ

Demikianlah pembahasan singkat tentang huruf hijaiyah. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan selamat belajar.