Contoh Teks Debat Tentang Pergaulan Remaja yang Singkat dan Tepat

02-07-2022

Contoh teks debat tentang pergaulan remaja - Debat merupakan kegiatan pertentangan dari sebuah argumentasi yang disertai dengan fakta dan data dari sumber terpercaya agar argumennya tidak bisa dipatahkan oleh lawan.

Sebenarnya, semua hal di dunia ini bisa dijadikan topik perdebatan. Selain isu-isu yang sedang hangat, topik mengenai remaja juga menarik untuk dibahas.

Untuk teman-teman yang lagi mencari referensi contoh teks debat tentang pergaulan bebas remaja, simak artikel ini sampai selesai, ya.

Contoh Teks Debat Tentang Pergaulan Bebas Remaja

Moderator:

Di kesempatan kali ini, kita akan membahas salah satu kenakalan remaja, yakni pergaulan bebas yang semakin hari semakin meresahkan.

Banyak kabar yang beredar di antara para orang tua yang menyebutkan bahwa anak-anak mereka semakin tidak terkendali dalam bergaul. Tak jarang, mereka mendapati anak-anak mereka merokok dan minum alkohol, dan dalam kasus terparah adalah seks bebas, padahal mereka masih bersekolah.

Apakah hal ini akan mempengaruhi individu anak, atau ini memang sudah menjadi tradisi yang berkembang seiring perkembangan zaman?

Tim Afirmasi (tim pro):

Secara empirisisme, kami menyatakan bahwa saat ini sudah adanya alat pengaman untuk melakukan hubungan seksual sehingga tidak perlu khawatir akan adanya hal-hal yang tidak diinginkan setelah melakukan hubungan seskual.

Jika dalam konteks seks bebas hingga hamil dan berbuntut pada tindakan aborsi merupakan hal yang lazim bagi manusia modern. Ini juga merupakan salah satu tindakan berguna untuk mengurangi atau menghambat pertumbuhan penduduk Indonesia yang semakin membesar.

Sebelum tindakan aborsi dimulai, dokter juga sudah memperingatkan akan konsikuensinya. Jadi, tindakan aborsi itu merupakan hasil pemikiran, juga keputusannya.

Berbicara mengenai pengaruh terhadap individu, sepertinya pergaulan bebas tidak akan mempengaruhi sama sekali, apalagi terhadap prestasi. Karena, bergaul itu merupakan hak setiap manusia. Selama itu tidak merugikan orang lain, dan jika melakukan seks bebas dengan pasangan yang berpikiran sama, mengapa ini dicap buruk?

Manusia sendiri adalah makhluk seksual sehingga perilaku seks merupakan kebutuhan yang harus dipenuhi.

Tim Oposisi (tim kontra):

Mohon maaf, kami sama sekali tidak setuju dengan segala pemikiran empirisme yang dilontarkan oleh tim sebelah. Meskipun sekarang ini sudah banyak alat pengaman yang tersedia, namun itu bukan jaminan 100% untuk tidak terjadinya kehamilan atau penyakit lainnya seperti hnorrhoeae, herpes, HIV AIDS, kanker mulut rahin, dan linnya.

Jika aborsi dilakukan, maka tindakan tersebut telah menentang norma agama, norma sosial, dan menentang hati nurani manusia.

Aborsi bisa menyebabkan ibu meninggal dan bayi meninggal, yang mana tindakan ini telah merenggut nyawa manusia secara sengaja. Kalau pun si Ibu masih hidup, itu akan meninggalkan bekas trauma yang sangat mendalam dan akan diingat seumur hidupnya.

Ketika seorang remaja wanita dengan pola hidup pergaulan bebas hamil, seharusnya pasangan yang mengetahui tingkat kematian dan risiko kematian harus bisa meyakinkan dan melindungi sang ibu untuk tidak melakukan tindakan keji itu. Sebaiknya, pasangan harus bertanggung jawab dari hasil tindakan yang dilakukannya.

Kesimpulan:

Pergaulan bebas memiliki dampak buruk untuk remaja. Setiap orang tua pasti akan cemas jika anaknya terjerumus dalam pergaulan bebas dan taku masa depan anaknya akan suram.

Salah satu cara efektif untuk mencegah anak bergaul bebas di kalangan remaja atau pemuda, adalah dengan memberikan mereka kegiatan positif seperti olahraga, bela diri, kesenian, hingga literasi.

Meskipun pergaulan bebas adalah hak setiap individu, tetap saja dampaknya akan menghancurkan masa depan seorang remaja. Risiko terkena penyakit menular dan kematian selalu menghantui.

Terutama untuk poin perlakuan seks, ini tidak sepatutnya dilakukan oleh remaja. Karena, tindakan seks merupakan bentuk bingkai kasih yang dilakukan pasangan yang sudah suami istri.

Nah, itulah contoh teks debat tentang pergaulan bebas remaja. Semoga contoh ini bisa menjadi referensi untuk membuat bahan debatmu selanjutnya.