Daftar Kampus Tertua yang Ada di Dunia

27-08-2022

BANGUN PENDIDIKAN - Jika berbicara tentang kampus terbaik, mungkin yang sering muncul adalah nama Universitas Harvard, Stanford, ataupun Oxford.

Namun, bagaimana bila membahas tentang universitas tertua? Banyak orang mungkin akan menyebut Universitas Oxford ataupun universitas-universitas lain yang berada di Eropa. Akan tetapi, ternyata universitas tertua bukan hanya di Eropa, loh.

Banyak universitas tertua yang mungkin belum kamu ketahui. Ingin tahu apa saja universitas tertua yang ada di Indonesia? Yuk, ikuti ulasan di bawah ini!

1. University of Al-Qarawiyyin

Berumur hampir 12 abad, University of Al-Qarawiyyin menjadi universitas tertua di dunia yang pertama. Kampus ini didirikan pada tahun 859 M yang berlokasi di Fez, Maroko.

Kajian ilmiah di masjid ini bahkan setara dengan tingkat perguruan tinggi. Karenanya, pada tahun 1998, The Guinness Book of Record mencatat Jami'ah Al-Qarawiyyin sebagai universitas tertua yang ada di dunia.

2. Al Azhar University

Universitas tertua di dunia yang kedua adalah Al Azhar University. Universitas ini berdiri sejak 970-972 yang menawarkan program jurusan Hukum Islam dan Qur’an secara detail termasuk mengasah kemampuan logis, grammar, dan retorika.

Al-Azhar University merupakan lembaga perguruan tinggi pertama sekaligus menjadi pusat pembelajaran agama Islam.

Sampai kini, Universitas ini masih menjadi pilihan bagi para muslim yang ingin melanjutkan studi ke Mesir.

3. University of Bologna

Universitas selanjutnya adalah University of Bologna. Lembaga perguruan tinggi ini berdiri pada tahun 1088.

Lembaga perguruan tinggi berbasis riset ini berhasil membangun reputasi baik dalam tingkat nasional, Eropa, dan dunia terkait kualitas pendidikan yang ditawarkan.

4. University of Oxford

Universitas keempat adalah University of Oxford. Pembelajaran dari kampus ini dimulai pada tahun 1906. Banyak pelajar Indonesia yang melakukan berbagai cara agar mendapatkan beasiswa di kampus ini.

University of Oxford merupakan salah satu perguruan tinggi terbaik dunia sekaligus mampu menghasilkan banyak alumni terbaik dan terkenal. Salah satu alumni populer dari University of Oxford adalah Stefan William Hawking.

5. University of Salamanca

Universitas yang keterakhir adalah University of Salamanca. Univeristas yang berdiri pada tahun 1218 ini berada di Barat Madrid, Spanyol. Di universitas tersebut, sang penemu benua Amerika mulai mengasah pengetahuannya yaitu Christopher Colombus.

Sebagai lembaga perguruan tinggi tertua di Eropa, universitas ini menjadi lembaga pendidikan tertua di Spanyol.

Universitas bergengsi ini menjadi rumah bagi 30.000 mahasiswa, dijuluki sebagai Oxford-nya Spanyol karena merupakan pusat pendidikan paling penting. Jurusan populer di kampus ini adalah bidang kemanusiaan. Kapan saja kamu ingin memperdalam jurusan Humaniora, kampus ini adalah pilihan yang tepat.

Nah, itulah seputar informasi mengenai kampus tertua yang ada di dunia. Semua informasi tersebut dapat jadi bahan pertimbangan untuk melanjutkan perkuliahan ke luar negeri.