7 Daftar Universitas Terbaik di Finlandia

04-06-2022

Finlandia merupakan suatu negara yang memiliki sebuah sistem pendidikan, yang sudah diakui oleh dunia. Pasalnya, walaupun sistem pendidikan tinggi di Finlandia termasuk termuda pada daerah Eropa, akan tetapi negara ini memiliki kualitas pendidikan nomor 1 di dunia.

Menurut laman Sains Smithsonian Magazine, Finlandia telah menjadi negara dengan tingkat literasi, pemahaman, dan kelulusan yang tinggi, terutama di bidang sains dan matematika. Jadi jangan heran, jika ilmuan, dan seorang ahli, banyak yang berasal dari negara Finlandia.

Dari pada semakin penasaran, berikut ini merupakan 7 universitas terbaik, yang ada di Finlandia.

1. University of Helsinki

Universitas ini didirikan oleh Pangeran Per Brahe pada tahun 1640, akan tetapi pada tahun 1827, saat ini university of Helsinki telah berpindah ke Helsinki. Universitas ini merupakan tempat pendidikan tinggi tertua di Finlandia.

Pada saat ini University of Helsinki terdiri dari 11 fakultas, 11 institut penelitian, dan memiliki mahasiswa dengan jumlah 36.500 mahasiswa. Apabila Anda berkuliah pada universitas satu ini, anda akan menggunakan bahasa Finlandia didalam proses belajar mengajarnya.

2. Aalto University

Aalto University memiliki jumlah mahasiswa sebanyak 20.000 orang. Latar belakang dibentuknya universitas ini karena pemerintah Finlandia sangat ingin menciptakan sebuah universitas baru, dan bisa menjadi panutan bagi universitas dari seluruh dunia.

Pada akhirnya universitas berkembang, dan saat ini Aalto university memiliki mutu pendidikan yang saangat baik, dan menjadi universitas terbesar ke- 3 di Finlandia.

3. University of Turku

University of Turku merupakan sekolah pendidikan tinggi terbesar nomor 2 di Finlandia, dan kampus ini terdapat di sejumlah daerah. Kampus utamanya terletak di Turku, selain itu universitas ini juga memiliki kampus di Rauma, Pori dan Salo. Pada saat ini, University of Turku terfokus pada kolaborasi internasional.

4. University of Eastern Finlandia

Universitas ini merupakan salah satu sekolah pendidikan tinggi, yang memiliki bidang penelitian yang sangat baik. Saat ini jumlah mahasiswa pada University of Eastern Finlandia sekitar 15.000 orang. Kampus utama pada University of Eastern Finlandia terletak di Kota Joensuu, dan juga Kuopio.

5. Tampere University of Technology

Salah satu universitas di Finlandia ini, menggabungkan unsur tradisi yang sangat kuat, antara bidang penelitian ilmu alam, dengan teknik, dan juga industri bisnis. Tampere University of Technology saat ini sering berkolaborasi dengan perusahaan industi terkemuka.

Salah satu universitas di Finlandia ini memiliki jumlah mahasiswa sekitar 10.500 orang, dan terdiri dari 2000 orang staf. Tampere University of Technology memiliki keunggulan, dalam menciptakan interaksi antara penelitian fundamental, dan terapan.

6. Lappeenranta University of Technology (LUT)

Universitas di negara Finlandia satu ini, merupakan sekolah tinggi sains pertama di Finlandia. Universitas satu ini telah berdiri sejak tahun 1969, dan hingga kini terdapat 6000 mahasiswa dan para ahli, yang masih aktif untuk menjalankan penelitian, dan pendidikan akademik.

Lappeenranta University of Technology (LUT) saat ini manawarkan program Master Administrasi Teknologi, dan Bisnis, yang hingga kini banyak diincar oleh calon mahasiswa dari internasional.

7. University of Oulu

University of Oulu merupakan universitas sains di Finlandia, yang aktif menciptakan sebuah inovasi bagi masa depan. Inovasi yang mereka ciptakan merupakan pemanfaatan dari pengetahuan baru yang di dapat.

Universitas satu ini menawarkan berbagai program pendidikan gelar master, yang mencakup bidang Desain Arsitektural, Teknik Biomedis, Ekonomi, Manajemen Bisnis Internasional, Marketing, Manajemen Produk, dan juga Ekologi.

7 universitas tersebut merupakan Universitas terbaik yang ada di negara Finlandia. Negara satu ini memang memiliki kualitas pendidikan yang sangat baik, dan banyak memiliki mahasiswa dari berbagai negara di dunia.