Deretan 10 Kampus Terbaik di Indonesia yang Bisa Jadi Rekomendasi Anda

27-09-2022

BANGUN PENDIDIKAN - Siapa yang tidak ingin melanjutkan pendidikan di PTN terbaik di Indonesia, bisa berkuliah di kampus favorit adalah impian setiap pelajar Indonesia.

Kampus ini populer tidak hanya karena kampusnya yang terkenal, tetapi juga karena fasilitasnya yang lengkap, sistem pembelajaran yang menyenangkan, dan jaringan alumni yang berguna setelah lulus nanti.

Di Indonesia banyak kampus terkenal dan berkualitas yang sudah tidak perlu diragukan lagi. Namun, ada begitu banyak kampus yang mengaku sebagai "terbaik" sehingga sulit untuk menentukan mana yang harus dipilih. Untuk itulah banyak orang yang mencari informasi tentang PTN terbaik di Indonesia.

Daftar Universitas Terbaik di Indonesia

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) punya daftar universitas terbaik yang ada di Indonesia. Berdasarkan data Webometrics Ranking of Universities in the World, mereka telah merilis peringkat PTN terbaik di Indonesia pada tahun 2022. Berikut daftar kampus terbaik di Indonesia.

1. Universitas Indonesia (UI)

Universitas ini adalah salah satu kampus yang paling banyak diminati oleh calon mahasiswa Indonesia. UI secara konsisten berada di 10 kampus terbaik teratas di versi manapun.

Oleh karena itu tidak heran jika kampus yang berdiri sejak tahun 1849 ini merupakan salah satu representasi dari kampus dengan sejarah pendidikan tertua di Asia dan telah mendapatkan akreditasi 'A'. Jika anda tertarik, anda dapat memeriksa detailnya di situs web resmi UI.

2. Universitas Gadjah Mada (UGM)

Menurut Kemendikbud, PTN terbaik kedua di Indonesia adalah Universitas Gadjah Mada (UGM). Berlokasi di Suleman, didirikan pada tahun 1949 dan memiliki jurusan yang terdaftar sebagai yang paling banyak di Indonesia.

Saat ini, UGM juga sudah memiliki akreditasi "A" dan menjadikannya salah satu kampus yang populer di kancah internasional. Jika anda tertarik untuk belajar di UGM, silakan kunjungi situs resmi UGM dan dapatkan semua informasi tentang kampus ini.

3. Universitas Brawijaya (UB)

Diurutan ketiga ada Universitas Brawijaya. Kampus ini memiliki jurusan yang beragam disiplin ilmu. Yang menarik adalah rutinitas mahasiswa UB yaitu kuliah dari Senin sampai Jumat, dan selebihnya bisa dimanfaatkan mahasiswa untuk berorganisasi dan berwisata.

Kampus yang didirikan pada tahun 1963 ini sudah terakreditasi  'A' dan berlokasi di Malang, Jawa Timur. Jika anda berminat untuk melanjutkan studi disini, anda dapat mengunjungi website resmi UB untuk informasi lebih lanjut.

4. Institut Pertanian Bogor (IPB)

PTN terbaik di Indonesia, peringkat ke-4 Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, adalah Institut Pertanian Bogor (IPB). IPB didirikan pada tahun 1963 dengan nama Bogor Agriculture University.

Pada tahun 2019 lalu, institut ini berganti nama menjadi IPB University. Saat ini, kampus yang berlokasi di Bogor, Jawa Barat ini sudah memiliki akreditasi 'A'. Bagi yang berminat bisa mencari informasi mengenai kampus yang satu ini di website resmi IPB.

5. Universitas Airlangga (UNAIR)

Kampus terbaik kelima adalah Universitas Airlangga menurut Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan pada tahun 2022.

Universitas di Surabaya ini didirikan pada tahun 1954. UNAIR merupakan kampus tertua ketiga setelah UI dan UGM yang juga memiliki akreditasi 'A'.

UNAIR memiliki tiga kampus di tiga lokasi berbeda yaitu di Tambaksari, Gubeng dan Mulyorejo yang ketiganya masih berada di Surabaya, Jawa Timur. Jika anda ingin mengetahui informasi lebih lanjut tentang kampus ini, anda dapat mengunjungi situs resmi UNAIR.

6. Universitas Sebelas Maret (UNS)

Berikutnya adalah Universitas Sebelas Maret Surakarta (UNS) sebagai PTN terbaik ke-6 di Indonesia menurut Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Kampus di Surakarta, Jawa Tengah ini didirikan pada tahun 1976. UNS juga sudah mendapat akreditasi 'A'. Jika anda tertarik untuk berkuliah di sini, silakan kunjungi website UNS untuk informasi lebih lanjut.

7. Institut Teknologi Sepuluh November (ITS)

Di peringkat ketujuh ada Institut Teknologi Sepuluh Nopember yang berlokasi di Surabaya, Jawa Timur. Didirikan pada tahun 1960 dan juga sudah terakreditasi 'A'. Jika anda tertarik untuk belajar di sini, silakan langsung ke situs resmi CampusPoint.

8. Universitas Telkom

Universitas Telkom awalnya bernama STT Telkom dan berdiri sejak tahun 1990 yang berlokasi di Bandung. Kemudian kampus tersebut berubah menjadi Telkom University pada tahun 2013 dengan menggabungkan empat institusi.

Universitas Telkom ini sudah terakreditasi 'A'. Jika anda tertarik, silakan kunjungi situs web resmi Universitas Telkom untuk informasi lebih lanjut.

9. Institut Teknologi Bandung (ITB)

Di peringkat 9 ada Institut Teknologi Bandung (ITB). Kampus ini didirikan pada tahun 1959 dan terakreditasi dengan nilai 'A'. ITB memiliki tiga kampus di tiga lokasi berbeda yaitu di Ganesa, Jatinangor, Cirebon dan Jawa Barat.

10. Universitas Lampung (UNILA)

Menurut Kemendikbud, PTN terbaik urutan ke sepuluhdi Indonesia adalah Universitas Lampung. Kampus ini didirikan pada tahun 1965 dan memiliki akreditasi 'A'. Jika anda tertarik untuk kuliah di kampus Bandar Lampung ini, anda bisa mengunjungi website resmi UNILA.