Deretan Mata Kuliah Seni Tari

28-09-2022

BANGUN PENDIDIKAN - Seni tari merupakan salah satu mata kuliah populer di kalangan anak pecinta seni selain mata kuliah musik. Pasalnya, mata kuliah yang satu ini kerap menjadi primadona di fakultasnya.

Sebut saja sajian sendratasik di Universitas Negeri Surabaya. Nah, buat kamu yang ingin mengambil program studi ini, kamu perlu mengetahui mengenai apa saja mata kuliah yang nantinya akan kamu temui. Penasaran? Yuk, ikuti ulasan berikut!

Mata Kuliah Seni Tari

1. Dramaturgi

Mata kuliah yang pertama adalah Dramaturgi. Mata kuliah yang satu ini akan mengajari banyak hal kepada kamu, mulai dari koreografi, drama, dan teater juga akan diajarkan.

2. Karawitan

Mata pelajaran yang kedua adalah Karawitan. Pada pelajaran yang satu ini kamu akan diajak mengenal apa itu pengrawit.

3. Pengetahuan Tari

Mata pelajaran yang ketiga adalah Pengetahuan Tari. Pada mata kuliah ini kamu akan diajari mengenai semua pengetahuan dasar dan lanjutan tentang tari akan diuji dan diasah di mata kuliah ini.

4. Sejarah Tari

Mata kuliah yang keempat adalah Sejarah Tari. Mata kuliah yang satu ini akan mengajak kamu untuk mengingat sejarah tari di nusantara dan dunia.

5. Olah Tubuh Tari

Mata kuliah yang kelima adalah Olah Tubuh Tari. Mata kuliah yang satu ini akan mengajari kamu cara mengolah tubuh yang baik.

6. Komposisi Tari

Mata kuliah yang keenam adalah Komposisi Tari. Sesuai dengan namanya, mata kuliah ini akan mengajarkan tentang komposisi dari sebuah tarian.

7. Musik Tari

Mata kuliah yang ketujuh adalah Musik Tari. Mata kuliah yang satu ini hampir sama dengan mata kuliah karawitan, namun bedanya di mata kuliah ini akan diajarkan tentang semua musik yang berkaitan dengan seni tari dan penampilannya.

8. Filsafat Seni

Mata kuliah yang kedelapan adalah Filsafat Seni. Mata kuliah ini akan mengejari kamu tentang keindahan dari sebuah seni ini juga wajib diambil di jurusan seni tari.

9. Manajemen Pementasan

Mata kuliah yang kesembilan adalah Manajemen Pementasan. Mata kuliah yang satu ini akan mengajari tentang cara mengatur sebuah pementasan.

10. Tari Indonesia

Mata kuliah yang terakhir adalah Tari Indonesia. Pada mata kuliah yang satu ini kamu harus mampu menguasai beberapa tarian dalam satu semesternya. Mulai dari tari khas Jogja, tari jawa timuran, hingga tari Bali harus dikuasai anak didik kelas ini.

Oke sobat, itulah beberapa mata pelajaran yang akan kamu temui bila mengambil jurusan seni tari. Jangan sampai salah jurusan yah!