Deretan SMA Terbaik di Sumatera Utara

29-08-2022

BANGUN PENDIDIKAN - Kabar gembira buat para siswa dan siswi SMP/MTs yang ingin segera melanjutkan pendidikan ke jenjang menengah atas atau SMA di Provinsi Sumatera Utara.

Provinsi Sumatera Utara merupakan wilayah otonomi yang terdiri dari 25 kabupaten dan 8 kota dengan luas wilayah hingga 72.981 Kilometer persegi.

Provinsi Sumatera Utara didirikan pada tahun 1948 dan memiliki keanekaragaman potensi daerah seperti energy, pertanian, perkebunan, perbankan, perdagangan ekspor hingga impor.

Perkembangan ekonomi yang pesat di Provinsi Sumatera Utara juga didukung oleh perkembangan Sumber Daya Manusia serta infrastruktur pendidikan.

Oleh karena itu, setiap orang tua tentunya akan menyekolahkan putra maupun putri mereka di sekolah yang terbaik khususnya di Sumatera Utara.

Lantas, SMA apa saja yang masuk ke dalam SMA terbaik di Sumatera Utara? Ingin tahu? Yuk, ikuti penjelasan berikut ini!

1. SMAN 1 Medan

SMA terbaik pertama di Sumatera Utara adalah SMAN 1 Medan. SMA ini merupakan SMA tertua di Medan dan merupakan peleburan dari struktur institusi pendidikan kolonial Hoogere Burgerschool atau HBS. Ada banyak tokoh dan pejabat ternama Indonesia yang merupakan alumni dari sekolah ini. SMAN 1 Medan ini memiliki peringkat 480 nasional.

2. SMAN 1 Matauli Pandan

SMA terbaik kedua di Sumatera Utara adalah SMAN 1 Matauli Pandan. SMA ini didirikan pada tahun 1994 dan merupakan salah satu sekolah terbaik yang ada di Indonesia.

Pengelolahan sekolah ini bekerja sama dengan yayasan Maju Tapian Nauli (Matauli) dan memberikan beasiswa bagi siswa yang berpotensi dan berprestasi. SMA ini memiliki peringkat 660 nasional.

3. SMAS Unggul Del

SMA terbaik ketiga di Sumatera Utara adalah SMAS Unggul Del. Sekolah ini didirikan pada tahun 2012 oleh Yayasan Del, binaan Luhut Panjaitan. Selain itu, SMA ini juga menjadi sekolah unggulan dengan tingkat SMA terbaik ketiga di Indonesia, loh.

4. SMAS Sutomo 1 Medan

SMA terbaik keempat di Sumatera Utara adalah SMAS Sutomo 1 Medan. Sekolah ini merupakan sekolah yang mayoritasnya merupakan etnis tionghoa dan etnis batak. Sekolah ini menjadi sekolah dengan peringkat ke 56 nasional.

5. SMAN 2 Balige

SMA terbaik kelima di Sumatera Utara adalah SMAN 2 Balige. Sekolah ini menjadi sekolah dengan percontohan tingkat nasional. Sekolah ini memiliki peringkat 160 nasional serta menduduki peringkat ke-4 di Sumatera Utara dari rata-rata nilai UTBK.

6. SMAS Sutomo 2 Medan

SMA terbaik keenam di Sumatera Utara adalah SMAS Sutomo 2 Medan. Sekolah yang terletak di Pulo Brayan Kota, Kec. Medan Barat, Kota Medan, Sumatera Utara ini menduduki peringkat 160 nasional, loh.

7. SMAN 3 Tarutung

SMA terbaik ketujuh di Sumatera Utara adalah SMAN 3 Tarutung. Sekolah yang terletak di Simamora, Kec. Tarutung, Kab. Tapanuli Utara, Sumatera Utara ini memiliki peringkat 228 nasional dan memiliki nilai rata-rata UTBK peringkat ke-7 tertinggi di Sumatera Utara.

8. SMAS Santo Thomas 1 Medan

SMA terbaik kedelapan di Sumatera Utara adalah SMAS Santo Thomas 1 Medan. Sekolah ini merupakan sekolah menengah atas Katolik yang ada di Medan, Sumatera Utara.

SMAS Santo Thomas 1 Medan ini menjadi favorit para calon pelajar SMA karena banyaknya prestasi yang diraih oleh sekolah ini. Selain itu, sekolah ini juga banyak meraih kejuaraan termasuk banyak yang berhasil lolos ke perguruan tinggi nasional.

9. SMAS Budi Mulia Pematang Siantar

SMA terbaik kesembilan di Sumatera Utara adalah SMAS Budi Mulia Pematang Siantar. Sekolah ini merupakan sekolah yang didirikan oleh yayasan Budi Mulia yang berpusat di Jalan Gunung Sahari 91, Jakarta. Sekolah ini menjadi salah satu sekolah terfavorit yang memiliki peringkat ke 175 nasional.

10. SMAN 4 Pematang Siantar

SMA terbaik kesepuluh di Sumatera Utara adalah SMAN 4 Pematang Siantar. Sekolah ini memiliki rata-rata nilai UTBK urutan ke 18 di Sumatera Utara. Sekolah ini memiliki peringkat 761 nasional.

Nah, itulah beberapa Sekolah Menengah Atas (SMA) terbaik di Sumatera Utara. Sekolah-sekolah tersebut merupakan sekolah dengan peringkat nasional yang juga cukup bagus.