Suka Bermain Game? Ini 9 Jurusan Kuliah yang Cocok untuk Pecinta Game  

30-09-2022

ANGUN PENDIDIKAN - Apakah anda suka dan memiliki minat dengan dunia game? Ternyata ada jurusan kuliah tertentu yang memiliki peluang karir di industri game.

Seperti yang diketahui, dunia game saat ini tidak hanya sebatas permainan di gadget saja namun sudah berkembang lebih besar. Bahkan game sudah masuk dalam lembaga resmi olahraga elektronik atau e-sport.

Berbagai peluang juga terbuka seperti karier menjadi atlet game profesional yang digaji hingga karir menjadi developer sebuah game di dalam perusahaan.

Ada beberapa jurusan kuliah yang memiliki peluang karir di industri game. Berikut daftarnya.

9 Jurusan Kuliah dengan Peluang Karir di Industri Game

1. Desain Produk

Departemen ini mempelajari hal-hal untuk merumuskan dan merancang produk yang tentunya harus memperhatikan standar-standar tertentu.

Lulusan desain dicari oleh pengembang game sebagai penguji game mereka atau untuk menganalisis produk baru. Dengan merekrut lulusan desain, mereka berharap dapat mengetahui bug atau apa yang kurang dari game tersebut dan membuatnya diterima oleh masyarakat.

2. Desain Komunikasi Visual

DKV adalah program studi yang mencurahkan kemampuan untuk menggambar menjadi hal-hal yang nyata.

Selain itu, mahasiswa diajarkan berbagai ilmu seperti fotografi, animasi, dan tipografi dan banyak lainnya. Kemampuan lulusan DKV dalam mengilustrasikan sesuatu sangat berguna bagi para pengembang game.

3. Teknik Elektro

Gelar teknik elektro sangat ideal bagi mereka yang tertarik di bidang teknik elektronik. Jurusan ini mungkin terkait dengan game karena semua perusahaan game menggunakan hardware atau perangkat keras.

Lulusan Teknik Elektro dapat bekerja sebagai console tester, design and quality control untuk produk terbaru di dalam perusahaan.

4. Teknik Industri

Jurusan ini telah menjadi salah satu jurusan paling populer untuk senior sekolah menengah teknik. Selama kuliah, mahasiswa akan diajarkan sistem, proses, dan organisasi yang dapat berjalan baik atau mungkin tidak di suatu industri.

Pengembang game biasanya mempekerjakan beberapa lulusan teknik industri sehingga mereka dapat menganalisis keadaan industri game dalam jangka waktu tertentu dan memberikan dampak positif bagi perusahaan secara bertahap.

5. Teknik Informatika

Banyak yang tidak menyadari bahwa lulusan teknik informatika dapat menjadi penguji permainan yang hebat karena mereka memahami cara alur kerja program.

Jurusan ini menuntut mahasiswa untuk memiliki pemahaman yang baik tentang program. Ini adalah faktor yang meningkatkan keterampilan anda dalam mengembangkan dan mencoba game.

6. Ilmu Komputer

Jurusan ini merupakan jurusan yang tidak hanya mengajarkan sains dan matematika, tetapi juga pemrograman. Lulusan Ilmu Komputer memiliki keunggulan dalam pengolahan data dalam pemrograman.

Dengan keterampilan ini, lulusan ini sangat dicari oleh industri pengembangan game sebagai data scientist yang bertanggung jawab untuk memproses data untuk game yang diterbitkan.

7. Teknologi Informasi/ Sistem Informasi

Kedua program studi mengajarkan pemrograman, tetapi memiliki fokus yang berbeda. Lulusan dari dua jurusan ini biasanya banyak dicari oleh para developer game sebagai analis game.

Selain itu, lulusan ini juga cocok sebagai game tester, karena memiliki kemungkinan menganalisis pemrograman yang dapat mengetahui di mana kekurangan dari game tersebut.

8. Software Engineering

Lulusan jurusan ini dengan keterampilan perangkat lunak dan pemrograman yang mendalam diperlukan untuk mengembangkan sistem operasi dan aplikasi berbasis web atau seluler, termasuk di industri game.