Lebih dekat dengan Jurusan Bahasa Indonesia

07-12-2022

Buat apa sih kuliah jurusan Bahasa Indonesia? Mau jadi apa nanti? Ngapain lagi belajar bahasa indonesia, bukankah itu bahasa sehari – hari yang kita pakai. Nggak penting banget. Mungkin sebagian orang beranggapan seperti itu ketika mendengar jurusan bahasa Indonesia. Tak heran, pelajaran bahasa Indonesia ini dianggap tidaklah penting, bahkan sebagian orang menggangap pelajaran bahasa Indonesia sangatlah mudah.

Faktanya ketika ujian bahasa Indonesia dilakukan masih banyak ditemukan anak – anak yang mendapatkan nilai jelek di pelajaran ini, dibanding dengan pelajaran lainnya. Melihat hal tersebut, sudah baikkah bahasa Indonesiamu?

Apa itu Jurusan Pendidikan Bahasa Indonesia?

Pendidikan bahasa Indonesia dan Sastra Indonesia (PBSI) atau yang dikenal dengan jurusan Pendidikan Bahasa Indonesia merupakan bidang yang mengajarkan keterampilan berbahasa yang baik dan efektif, seperti keterampilan membaca, menyimak, menulis dan berbicara.

Selama kurang lebih 4 tahun, kamu akan mempelajari seluk – beluk yang berkaitan dengan bahasa Indonesia. Tidak hanya terkait studi bahasa Indonesia saja, melainkan bidang ilmu sastra juga akan dipelajari. Di jurusan ini, kamu juga akan diajarkan ilmu pedagogik (kependidikan). Seperti ilmu pendidikan, psikologi pendidikan dan mata kuliah lain yang akan menunjang untuk menjadi seorang guru yang baik.

Bagaimana Kuliah Jurusan Pendidikan Bahasa Indonesia?

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, selain materi bahasa dan sastra Indonesia di jurusan ini juga diajarkan bidang ilmu kependidikan yang akan menunjang seseorang menjadi guru yang baik dan kreatif.

Di jurusan ini, juga akan mempelajari tentang bunyi – bunyi bahasa yang diproduksi oleh alat ucap manusia (fonologi), ilmu bahasa yang mengkaji morfem dan kata (morfologi), makna bahasa (semantik), menulis, menelaah puisi, dan masih banyak hal menarik lainnya.

Mengapa Kuliah Jurusan Bahasa Indonesia?

Kalau ditanya mengapa memilih jurusan bahasa Indonesia? Banyak banget alasannya. Selain bisa menjadi guru/dosen bahasa Indonesia, masih banyak keuntungan lainnya yang bisa didapatkan ketika kita memilih jurusan ini.

Pertama, Go International. Jurusan bahasa Indonesia memiliki peluang juga untuk Go International. Kamu bisa menjadi tutor atau pengajar bahasa Indonesia di sekolah – sekolah luar negeri, seperti Malaysia, Singapura, Australia, dan Arab Saudi. Tentunya, kamu juga harus menguasai bahasa inggris dan memiliki wawasan mengenai budaya Indonesia.

Kedua, mendapat banyak keterampilan. Kuliah di jurusan ini kamu juga akan diajarkan keterampilan berbahasa. Kamu akan belajar berbagai skill kebahasaan mulai dari menulis, membaca, menyimak, dan berbicara.

Ketiga, sebagai pemersatu bangsa. Bahasa Indonesia adalah bahasa nasional yang dipakai dalam memproklamasikan kemerdekaan dan menjadi bahasa pemersatu bangsa. Dapat dikatakan tanpa adanya bahasa indonesia tidak akan ada seorang guru, penulis, dokter, profesor sebab bahasa Indonesia adalah media penyampai ilmu.

Jurusan Bahasa Indonesia bisa jadi apa?

Banyak orang beranggapan kuliah jurusan bahasa Indonesia memiliki prospek kerja yang sedikit, atau hanya sekadar menjadi guru bahasa Indonesia saja. Namun, pada kenyataanya tidak seperti itu. Banyak profesi yang bisa dijadikan pilihan seperti, penulis, ahli bahasa, editor (tulisan atau artikel), jurnalis, penerjemah, sastrawan, tenaga pendidik dan masih banyak profesi menarik lainnya.

Tips Kuliah di Jurusan Bahasa Indonesia

Rajin Membaca

Seorang mahasiswa dituntut untuk lebih rajin membaca. Sebab, sistem pendidikan dibangku perkuliahan berbeda dengan bangku sekolah. Terlebih jika kamu memilih jurusan bahasa Indonesia, kamu akan dituntut untuk rajin membaca baik fiksi maupun nonfiksi. Tujuannya agar kamu memahami makna yang disampaikan oleh penulis.

Mengasah Keterampilan

Ketika kamu sudah menguasai empat aspek keterampilan berbahasa (menulis, menyimak, berbicara, dan membaca) tentunya kamu harus mengasahnya agar menjadi sebuah nilai emas.

Caranya gimana sih? Caranya adalah dengan menjadi seorang MC, editor, penulis, atau menjadi seorang pengajar.

Terkhusus untuk kamu yang gemar menulis puisi, atau cerita fiksi kamu bisa mengirim karya – karyamu tersebut ke salah satu redaksi penerbit. Semakin banyak kamu berkarya, semakin banyak pula kesempatan kamu untuk mendapatkan pekerjaan yang baik.

Terakhir, jurusan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (PBSI) memiliki beberapa bidang peminatan yang menarik, seperti jurnalistik, penulisan, bahasa Indonesia penutur asing (BIPA), drama, ataupun linguistik.

Semoga kamu yang tertarik dengan jurusan ini semakin yakin dan nggak perlu khawatir akan prospek kedepannya ya.... Tetap semangat!