8 Jurusan Kuliah yang Menjanjikan

10-01-2023

BANGUN PENDIDIKAN – Sudah tahun 2023, mungkin masih banyak sobat bangun yang bingung memilih jurusan kuliah.

Memilih jurusan sangatlah penting, karena akan berpengaruh pada pekerjaan setelah lulus.

Sobat bangun tentunya menginginkan sebuah pekerjaan yang menjanjikan dan memiliki gaji yang tinggi.

Sobat bangun harus tahu beberapa jurusan kuliah yang sangat menjanjikan untuk masa depan. Mengapa dikatakan sangat menjanjikan? Karena lulusan dari jurusan kuliah ini sangat dibutuhkan di duia kerja dan dapat menghasilkan gaji yang cukup tinggi.

Mau tahu jurusan apa saja itu? Simak baik – baik ya artikel ini.

1. Psikologi

Saat ini kegiatan konsultasi antara pasien dan psikolog sudah banyak dijembatani oleh teknologi, akan tetapi psikolog tidak akan pernah tergantikan teknologi atau robot. Lulusan psikologi banyak dibutuhkan di perusahaan sebagai personalia maupun Human Resource Development (HRD) yang gajinya cukup tinggi.

2. Desain Komunikasi Visual (DKV)

Jurusan ini juga cukup menjanjikan terlebih di era serba digital seperti sekarang ini. Bagi yang memilih jurusan ini diharuskan mampu menguasai berbagai software desain. Lulusan DKV banyak dibutuhkan pada bidang periklanan, pembuatan konten dan sebagainya. Para lulusan DKV biasanya akan bekerja sebagai animator, copywriter, desainger grafis serta desainer untuk produk – produk industri dan sejenisnya.

3. Komputer dan Teknik Informatika

Hampir sama dengan jurusan DKV, jurusan komputer dan teknik informatika juga sangat dibutuhkan di masa depan. Hal ini tak lepas dari kemajuan teknologi yang terjadi sekarang. Beberapa tahun ke depan di saat penggunaan komputer dan internet semakin tinggi dalam kehidupan masyarakat maka kebutuhan lulusan jurusan komputer dan TI menjadi sangat besar. Prospek kerja lulusan komputer dan teknik informatika meliputi programmer komputer, web designer, web developr, programmer, dan banyak lagi.

4. Ilmu Gizi

Jurusan kuliah lainnya yang menjanjikan adalah ilmu gizi. Di masa kini dan masa depan, pekerjaan dengan latar belakang pendidikan ilmu gizi akan semakin dibutuhkan. Pasalnya, hal ini berkaitan dengan gaya hidup yang kurang baik. Serta semakin banyak penyakit – penyakit degenaratif yang rawan menyerang manusia seperti diabetes, jantung hingga kanker.

Pekerjaan lulusan ilmu gizi dapat membantu seseorang menyusun menu diet terbaik sesuai kondisi kesehatannya atau mengatur kebutuhan gizi atlet profesional sesuai spesialisasinya. Ahli gixi juga sangat dibutuhkan pada industri makanan di perusahaan – perusahaan. Sebagai lulusan ilmu gizi dapat menjadi konsultan yang dapat memperoleh gaji yang cukup tinggi.

5. Kedokteran

Jurusan ini sudah menjadi salah satu jurusan paling favorit sejak zaman ddulu. Keahlian yang dimiliki lulusan kedokteran akan selalu dibutuhkan manusia. Sehingga jurusan ini juga masuk dalam jurusan yang menjanjikan dan bisa jadi pilihan sobat bangun di SNPMB 2023. Semakin majunya teknologi di bidang kedokteran bukan berarti kebutuhan tenaga dokter semakin berkurang atau malah tergantikan oleh teknologi.

6. Teknik Elektro

Jurusan ini juga sangat menjanjikan. Jurusan teknik elektro dibagi menjadi dua yaitu, arus kuat dan arus lemah. Konsentrasi arus kuat, lapangan kerja yang tersedia salah satunya adalah karyawan di PLN yang mengurusi listrik seluruh Indonesia. Sedangkan arus lemah mengurusi sitem kelistrikan dengan arus kecil seperti sensor, peralatan elektronik rumah tangga, komputer, remote, dan sejenisnya. Lulusan teknik elektro bidang arus lemah terbuka kesempatan untuk bekerja di pabrik – pabrik elektronika.

7. Sastra Inggris

Di era globalisasi saat ini, sobat bangun yang terampil menggunakan bahasa asing khususnya bahasa Inggris akan selalu dicari. Pilihan pekerjaan yang cukup menjanjikan bagi lulusan sastra Inggris misalnya penerjemah, dosen, guru privat hingga staf kedutaan.

8. Arsitektur Ilmu

Lulusan arsiktektur ilmu akan selalu dibutuhkan oleh masyarakat. Selama kegiatan pembangunan gedung atau rumah akan tetap ada maka ilmu lulusan arsitektur juga akan selalu dibutuhkan.