Mengenal Jurusan Pendidikan Luar Sekolah dan Contohnya

14-01-2023

BANGUN PENDIDIKAN – Pernahkah sobat bangun mendengar jurusan Pendidikan Luar sekolah? Nama jurusan ini mungkin tidak terlalu terkenal dan kurang diminati. Namun, sebelum kita mengetahui lebih mendalam tentang jurusan dan daftar kampusnya, ada baiknay kita mengenal dulu pengertian pendidikan luar sekolah.

Umumnya, Pendidikan Luar Sekolah (PLS) adalah program pendidikan yang dilaksanakan di luar jalur pendidikan formal. Agar lebih jelas mari simak artikel ini!

Pendidikan Luar Sekolah (PLS)

Menurut Philip H. Coombs, pendidikan luar sekolah adalah semua kegiatan pendidikan yang dilakasanakan di luar sistem formal dan pada akhirnya menghasilkan tipe – tipe belajar yang dikehendaki masing – masing orang.

Sementara menurut Russel Kleis dalam bukunya yang berjudul Non-formal Education berpendapat bahwa pendidikan luar sekolah adalah usaha pendidikan yang dilakukan sistematis dan berbeda dalam hal waktu, materi, isi dan media dengan pendidikan formal.

Pendidikan luar sekolah dilakukan secara sukarela dengan keinginan dari kedua belah pihak, yaitu pendidik dan peserta didik. Biasanya pendidikan luar sekolah digunakan sebagai pengganti pendidikan formal dan sering diselenggarakan di daerah terpencil dengan penduduk yang kualitas pendidikan formalnya belum baik.

Pendidikan jenis ini juga memiliki bidang ilmu tersendiri yang bisa didapatkan di kampus pada jurusan Pendidikan Luar Sekolah (PLS).

Contoh Pendidikan Luar Sekolah

Dikutip dari jurnal berjudul Karakteristik, Jenis, dan Satuan Pendidikan Luar Sekolah yang ditulis Rian Rifki Eliandy, dkk, pendidikan luar sekolah bertujuan untuk menambah pengetahuan yang sudah didapatkan oleh peserta didik di sekolah.

Contoh pendidikan luar sekolah antara lain:

  • Bimbingan Belajar

Bimbingan belajar (bimbel) atau kursus adalah kegiatan pendidikan yang berlangsung sementara dan dilakukan secara sengaja dan sistematis untuk belajar materi tertentu.
Misalnya seperti kursus memasak, kursus menjahit, kursus matematika, dan sebagainya.

  • Pendidikan Keterampilan

Pendidikan keterampilan bertujuan untuk memberikan peserta didik keterampilan yang dapat dijadikan modal untuk usaha.
Dengan keterampilan tersebut, diharapkan masyarakat dapat meningkatkan kesejahteraan hidupnya.

  • Pendidikan Kesetaraan

Banyak orang-orang yang tidak dapat mengikuti program wajib belajar pendidikan dasar (Wajar Dikdas) 9 tahun karena berbagai alasan, entah itu ekonomi atau lingkungan.
Maka dari itu, ada pendidikan kesetaraan berupa Kelompok Belajar (Kejar) Paket A, Kejar Paket B, dan Kejar Paket C.

  • Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD)

Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) bukanlah jenjang pendidikan yang diwajibkan oleh pemerintah. Namun, banyak orangtua yang menyekolahkan anak mereka ke PAUD sebagai persiapan jasmani dan rohani sebelum memasuki jenjang pendidikan berikutnya.

  • Majelis Taklim

Majelis taklim adalah lembaga pendidikan atau organisasi yang dibentuk karena kebutuhan masyarakat. Kegiatannya lebih banyak berhubungan dengan pelajaran mengenai agama Islam.

  • Pendidikan Pemberdayaan Perempuan

Pendidikan pemberdayaan perempuan adalah program pendidikan yang didasari oleh fenomena sosial, dimana masih banyak perempuan yang belum berdaya padahal memiliki potensi yang bisa dikembangkan.
Tujuannya, agar perempuan juga dapat terlibat di berbagai bidang seperti kewirausahaan, ekonomi, kesehatan, pendidikan, sampai pemerintahan.

  • Pendidikan Keaksaraan

Pendidikan keaksaraan bertujuan untuk meningkatkan keterampilan membaca, menulis, berhitung, berbicara, berpikir, mendengar dan berbuat.

Demikianlah penjelasan singkat tentang Pendidikan Luar Sekolah (PLS). Semoga ulasan ini bermanfaat dan selamat membaca.