Mengenal Jurusan Tata Boga dan Mata Kuliahnya

20-12-2022

BANGUN PENDIDIKAN – Kamu punya hobi masak? Ingin kuliah di Jurusan Tata Boga? Yuk, simak informasi tentang Jurusan Tata Boga yang penulis sampaikan dalam artikel ini.

Jurusan tata boga mempelajari teknik penyajian makanan dengan memperhatikan estetika, kualitas, rasa, dan kebutuhan gizi. Kamu akan belajar bagaimana mengolah berbagai hidangan daerah dan berbagai negara – negara lainnya. Misalnya, makanan barat, masakaan Cina, masakan Timur Tengah dan masakan nusantara.

Tidak hanya belajar mengolah makanan, kamu juga akan diajarkan bagaimana meracik minuman dan mempelajari cara menghidangkannya. Tentu saja, kamu juga harus memperhatikan aspek higienis, gizi, dan pelayanan. Selain itu, kamu juga akan mempelajari berbagai cabang ilmu sains principle yang berhubungan dengan pengolahan makanan, kemudian langsung mengimplementasikan pengetahuan tersebut dengan melakukan praktik pengolahan, pemrosesan makanan.

Jurusan ini cocok untukmu yang senang bereksperimen dengan makanan. Jurusan ini juga cocok untukmu yang ingin menyalurkan kreativitas. Lulusannya akan memiliki modal untuk berwirausaha di bidang pangan, sebab jurusan ini akan membekalimu dengan pengetahuan seputar komersialisasi produk agar dapat menjadi wirausahawan yang berkualitas. Kamu juga diajari bagaimana teknik distribusi produk pangan yang tepat serta layak konsumsi.

Keahlian Jurusan Tata Boga

  • Kreatif, detail, tekun, dan teliti
  • Kemampuan mengecap (rasa)
  • Kemampuan manajemen waktu
  • Kemampuan bekerja individu maupun dalam tim
  • Kemampuan berpikir terstruktur
  • Memahami kandungan gizi bahan makanan
  • Memahami berbagai teknik masakan

Kenapa Harus Memilih Jurusan Tata Boga?

Sangat banyak keuntungan yang diperoleh dari seorang lulusan Tata Boga.

  • Ilmu pengetahuan yang akan kamu dapatkan di Jurusan Tata Boga terbilang luas. Selain mengulik tentang makanan dan pengolahannya, juga akan belajar ilmu gizi, seni, kesehatan, hingga manajemen perencanaan dan pengelolaan.
  • Cocok bagi yang berjiwa kreatif, karena jurusan ini membutuhkan kreativitas tinggi. Misalnya dalam hal seni menyajikan dan menghias makanan atau plating yang harus memperhatikan estetika serta membutuhkan daya imajinasi.
  • Melatih untuk terus berinovasi, khususnya dalam pengembangan cita rasa masakan. Dengan begitu, punya kesempatan menemukan resep – resep baru yang disukai oleh masyarakat atau teknik – teknik memasak yang lebih efesien.
  • Kuliah di Jurusan Tata Boga sangatlah menyenangkan. Apa yang kamu pelaajri di bangku kuliah tidak jauh berbeda dengan apa yang kamu lihat dalam acara lomba memasak di televisi
  • Lulusan Jurusan Tata Boga memiliki kesempatan kerja yang sangat luas baik sebagai karyawan pada perusahaan orang lain maupun sebagai wirausaha.

Mata Kuliah Jurusan Tata Boga

Berikut ini merupakan mata kuliah yang akan kamu pelajari di Jurusan Tata Boga:

  1. Etika
  2. Kimia Dasar
  3. Matematika
  4. Sosiologi
  5. Dasar – dasar Manajemen
  6. Ilmu Gizi
  7. Higiene
  8. Sanitasi
  9. Kewirausahaan
  10. Dasar Boga
  11. Kimia Makanan
  12. Dekorasi Makanan
  13. Gizi Terapan
  14. Kudapan dan Minuman Nusantara
  15. Pengolahan Makanan Nusantara
  16. Teknologi Makanan
  17. Dekorasi Kue
  18. Pengolahan Makanan Oriental
  19. Pengolahan Makanan Kontinental
  20. Makanan untuk Fisiologis Khusus
  21. Pastry
  22. Tata Hidang
  23. Analisis Mutu Pangan
  24. Bakery
  25. Pengolahan Usaha Boga
  26. Kesehatan dan Keselamatan Kerja

Sekalipun ini adalah Jurusan Tata Boga, bukan berarti mata kuliah umum seperti Agama, Kewarganegaraan, Bahasa Indonesia, dan Bahasa Inggris tidak dipelajari. Kemudian kuliah di Jurusan Tata Boga sudah pasti kamu tidak hanya mempelajari teori – teori saja, melainkan ada banyak praktikum mulai dari pengetahuan dasar peralatan masak, pengetahuan bahan makanan, sampai dengan praktik memasak dengan berbagai bahan.

Universitas Terbaik Jurusan Tata Boga

Berikut ini adalah universitas terbaik untuk Jurusan Tata Boga di Indonesia:

  1. Universitas Negeri Jakarta (UNJ) di Jakarta
  2. Universitas Negeri Malang (UNM) di Malang
  3. Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) di Bandung
  4. Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) di Yogyakarta
  5. Tristar Culinary Institute di Surabaya
  6. The Sages Institute International di Surabaya
  7. Indonesia Pattisserie School di Jakarta
  8. Sekolah Kuliner Budi Mulia Dua di Yogyakarta

Demikianlah artikel tentang Jurusan Tata Boga dan mata kuliahnya. Semoga artikel ini dapat menambah pengetahuan untuk kamu yang ingin kuliah di Jurusan Tata Boga.