Mata Kuliah Jurusan Pendidikan Luar Sekolah untuk Jenjang S1

16-01-2023

BANGUN PENDIDIKAN – Pendidikan erat kaitannya dengan kurikulum yang menjadi alat pelaksananya. Jika proses belajar mengajar tidak memiliki kurikulum yang jelas, maka proses belajar pasti akan kacau. Oleh sebab itu, pergantian kurikulum pendidikan sosial menjadi Pendidikan Luar Sekolah yang membawa dampak yang baik untuk lulusannya.

Kenapa Memilih Jurusan Pendidikan Luar Sekolah?

Ada berbagai macam alasan yang bisa kamu gunakan untuk memperkuat keinginan mengambil Jurusan Pendidikan Luar Sekolah. Kamu harus memahami bahwa saat ini kesuksesan tidak selalu berangkat dari pendidikan formal. 

Banyak juga orang yang berhasil mendapatkan kesuksesan tersebut karena mereka serius untuk menekuni berbagai macam proses dan mengenyam pendidikan non formal. Pengajar pendidikan non formal saat ini menjadi salah satu hal yang dibutuhkan.

Setelah lulus dari jurusan yang satu ini, kamu memiliki prospek kerja yang menjanjikan yaitu memiliki kesempatan untuk menjadi seorang pengajar pendidikan non formal. Pendidikan non formal ini sedang naik daun sebab profesinya semakin terbuka lebar. 

Menariknya lagi, kamu tidak harus bekerja di bawah lembaga sekolah, tetapi bisa mendirikan lembaga pendidikan sendiri. 

Mata Kuliah Jurusan Pendidikan Luar Sekolah

Bagaimanakah mata kuliah pendidikan luar sekolah? Silakan simak ulasan di bawah ini.

  • Psikologi Pendidikan

Sebagai calon pengajar dan juga pendamping masyarakat, Kamu perlu untuk belajar mata kuliah satu ini. mulai dari mengatur pendidikan, efektivitas pendidikan, hingga psikologi terkait sosial juga dipelajari disini.

  • Ilmu Pendidikan

Mata kuliah ini mengajarkan materi pendidikan, contohnya sistem belajar, metode pengajaran, hingga perenungan dan penyelidikan dalam metode tertentu.

  • Manajemen Pendidikan

Kamu juga kaan diajari cara mengatur sebuah pendidikan agar berjalan dengan baik dan lancar.

  • Sosio-Antropologi Pendidikan

Ilmu satu ini membahas tentang hubungan sosiologi dengan antroplogi dalam lingkup pendidikan. Antropologi adalah ilmu terkait dengan budaya masyarakat sedangkan sosiologi adalah ilmu yang terkait dengan tingkah sosial.

  • Filsafat Pendidikan

Ilmu yang mengajarkan tentang lgika ini akan mengajarimu tentang hakikat dari pendidikan itu sendiri. Mulai dari tujuan, cara, hingga hasil pembelajaran akan didapat di mata kuliah ini.

  • Ilmu Kesejahteraan Sosial

Ilmu yang meneliti tentang suatu cara kerja lingkungan sosial ini akan menilai sebuah kelayakan kehidupan manusia.

  • Teori Komunikasi

Pada mata kuliah ini, kamu akan diajarkan tentang cara berkomunikasi yang baik terutama kepada masyarakat.

  • Psikologi Sosial

Pada mata kuliah ini mempelajari tentang hubungan kelompok dan manusia dalam ranah sosial dan psikologi.

  • Andragogi

Mata kuliah ini mempelajari tentang proses melibatkan peserta didik usia dewasa dalam suatu pengalaman belajar yang terstruktur. Bisa juga, andragogi dikatakan sebagai pengarahan orang dewasa untuk belajar.

  • Pemberdayaan Masyarakat

Terakhir, mahasiswa pendidikan luar sekolah perlu mengadakan pemberdayaan masyarakat sebagai bentuk pengabdian dan juga proses belajarnya menjadi seorang ahli.

Selain itu, penulis akan memberikan rekomendasi perguruan tinggi yang memiliki jurusan Pendidikan Luar Sekolah di Indonesia.

Adapun perguruan tinggi tersebut adalah sebagai berikut:

Kampus di Indonesia dengan Jurusan Pendidikan Luar Sekolah

Jika kamu tertarik untuk bergabung dengan Program Studi Pendidikan Luar Sekolah, kamu bisa mencoba untuk bergabung dengan kampus terbaik, seperti berikut. 

Universitas Negeri Malang

Universitas Negeri Malang adalah salah satu perguruan tinggi negeri di Malang dengan akreditasi A. Kamu bisa bergabung dengan Jurusan Pendidikan Luar Sekolah dalam Fakultas Ilmu Pendidikan.   

Jurusan tersebut telah mendapatkan akreditasi A untuk program S1. Tidak hanya untuk program S1, tetapi juga tersedia untuk S2 dan S3 dengan akreditasi terbaik. 

Universitas Negeri Surabaya

Universitas Negeri Surabaya adalah perguruan tinggi negeri di Surabaya yang saat ini sudah mendapatkan akreditasi A. Kampus ini juga menyediakan Program Studi Pendidikan Luar Sekolah yang masuk dalam Fakultas Ilmu Pendidikan. Jurusan ini tersedia untuk program S1 dan telah mendapatkan akreditasi A. 

Universitas Negeri Gorontalo

Universitas Negeri Gorontalo menyediakan berbagai macam program studi terbaik. Salah satu program studi yang bisa kamu temukan di kampus ini adalah Pendidikan Luar Sekolah. 

Program studi tersebut masuk dalam Fakultas Ilmu Pendidikan dengan akreditasi B. Tertarik untuk bergabung di Universitas Negeri Gorontalo?

Universitas Negeri Medan

Universitas Negeri Medan juga menyediakan program studi tersebut. Program studi ini tersedia dalam program Fakultas Ilmu Pendidikan untuk program S1 dengan akreditasi A.

Universitas Negeri Makassar

Universitas Negeri Makassar, kampus dengan akreditasi A ini menyediakan berbagai macam program studi terbaik. Salah satunya di dalam Fakultas Ilmu Pendidikan dengan Jurusan Pendidikan Luar Sekolah yang memiliki akreditasi B untuk program S1.

Setelah mempertimbangkan informasi mengenai mata kuliah dan universitas Jurusan Pendidikan Luar Sekolah di atas, semoga kamu dapat memilih yang sesuai dengan kamu, ya!