Mata Kuliah Program Studi Ilmu Hukum

30-09-2022

BANGUN PENDIDIKAN - Apa yang tersirat dalam pikiran Anda ketika Anda mendengar kata “Sarjana Hukum”? Ya, tentunya gelar akademik yang sangat dihormati dengan fokus intensif pada topik hukum, salah satu contoh lulusannya adalah menjadi pengacara.

Meskipun kita semua pernah mendengar lelucon pengacara, gelar sarjana hukum sama sekali tidak menarik bagi siswa yang tertarik dengan karir hukum yang sukses.

Hukum terus menjadi program studi yang sangat dicari di universitas di seluruh dunia, dan menawarkan pelatihan dan pengalaman untuk mengejar berbagai jalur profesional baik di dalam maupun di luar sektor hukum.

Sebagian besar program hukum profesional berfokus pada topik hukum inti selama tahun pertama. Gambaran umum hukum dan masyarakat ini biasanya mencakup pengenalan sistem hukum, serta topik hukum populer.

Mahasiswa kemudian memiliki kesempatan untuk berspesialisasi dalam bidang hukum tertentu, bidang minat terkait, atau bahkan sistem hukum masyarakat tertentu. Untuk mendapatkan gelar Sarjana Hukum atau S.H. kalian harus menempuh 8 semester atau setara dengan 4 tahun. Banyak materi yang akan kalian tempuh baik secara teori maupun praktik sesuai dengan kurikulum yang ditentukan.

Lalu, apa saja sih mata kuliah inti dalam ilmu hukum ini? Mari kita intip!

1. Hukum Perdata

Hukum Perdata adalah ilmu hukum yang digunakan dalam kehidupan sehari-hari, berfokus pada aturan terkait hak dan kepentingan individu. Contohnya seperti kontrak perusahaan terhadap karyawan.

2. Hukum Pidana

Konsentrasi hukum pidana ini mengacu pada aturan tindak pidana, materi kuliah Hukum Pidana ini banyak mempelajari pasal-pasal KUHP.

3. Hukum Tata Negara

Hukum Tata Negara ini akan mengajarkan kalian pada aturan kenegaraan, seperti Lembaga kenegaraan, konstitusi, hingga pembuatan undang-undang.

4. Hukum Ekonomi

Hukum Ekonomi sendiri biasa disebut dengan hukum dagang. Pada materi Kuliah ini kalian akan mempelajari juga aspek kelegalitasan.

5. Hukum Internasional

Pada Hukum Internasional ini mahasiswa akan mempelajari bagaimana hukum yang terdapat di dunia internasional seperti organisasi, perjanjian, laut, udara dan angkasa, dan masih banyak lagi.

6. Hukum Acara (Peradilan)

Dalam Hukum Acara, mahasiswa akan mempelajari tentang hukum perdata dan hukum pidana hanya saja fokusnya ada di proses yang terjadi di pengadilan seperti advokat, saksi, pembuktian, dan lainnya.

7.  Lingkungan dan Tata Ruang

Konsentrasi pada Hukum Lingkungan dan Tata Ruang ini yaitu hukum yang terkait lingkungan dan tata ruang. Disini kalian akan mempelajari beberapa hal seperti sengketa lahan, tanah, pelestarian lingkungan, dan pengelolaan sumber daya yang ada di dalamnya.

8. Hukum Administrasi Negara

Mata kuliah Hukum Administrasi Negara ini membahas hal-hal yang lebih merakyat dan secara langsung akan berefek pada kehidupan masyarakat. Sesuai denga napa yang akan kalian pelajari pada mata Kuliah ini yaitu berbagai Hukum Perizinan dan Hukum Administrasi Keuangan Negara.

Jadi, itulah berbagai mata kuliah inti dalam program studi Ilmu Hukum.