Mata Kuliah Program Studi Psikologi

30-09-2022

BANGUN PENDIDIKAN - Pada masa sekarang ini, siapa sih yang tidak tau profesi psikolog? Pasti sudah tau ya profesi yang menarik itu. Psikolog adalah seorang ahli psikologi. Lalu apa sih Psikologi yang biasa kita dengar itu?

Psikologi adalah studi tentang hubungan antara pikiran, perilaku dan lingkungan. Tujuan utama seorang psikolog adalah untuk menjelaskan, mengontrol dan memprediksi proses mental dan perilaku. Psikologi adalah disiplin ilmu yang luas dengan peluang karir di berbagai bidang termasuk bisnis, pemasaran, penjualan, manajemen dan keamanan.

Jika Anda ingin mengejar karir psikologi, Anda dapat mengejar salah satu dari banyak spesialisasi termasuk psikologi anak, psikologi forensik dan psikologi klinis. Selain spesialisasi, Anda juga dapat memilih dari berbagai tingkat gelar. Misalnya, Anda dapat mengejar gelar associate, gelar sarjana, gelar master, doktor psikologi (Psy.D.) dan doktor filsafat (Ph.D.).

Lalu, apa saja sih mata kuliah yang dipelajari seorang mahasiswa psikologi ini? Yuk kita simak beberapa mata kuliahnya!

1. Psikologi umum

Di urutan pertama aada mata kuliah psikologi umum, disini kalian akan belajar dasar-dasar psikolog, hingga aliran psikologi.

2. Antropolog

Pada mata kuliah ke-dua ini kalian akan mengkaji interaksi sosial kebudayaan dan proses mental.

3. Sosiologi

Nomer tiga ada mata kuliah Sosiologi, dimana mata kuliah ini akan mengajarkan tentang faktor sosial budaya terhadap interaksi social manusia.

4. Biopsikologi

Di urutan ke-empat ini ilmu biologi dan ilmu psikologi dipadukan hingga menjadi mata kuliah biopsikologi.

5. Filsafat pengantar

Urutan ke-lima ada Filsafat Pengantar yang menjelaskan fungsi filsafat dalam psikologi untuk mencari kebenaran fenomena psikologi.

6. Sosiologi Perkembangan

Urutan ke-enam ada Sosiologi Perkembangan. Mata kuliah ini mempelajari perkembangan manusia dari lahir, anak-anak, remaja, hingga dewasa yang meliputi perkembangan fisik, psikis, dan emosi.

7. Sosiologi Pendidikan

Pada urutan ke-tujuh ini terdapat mata kuliah Sosiologi Pendidikan yang memberikan materi tentang konsep dan prinsip dalam psikologi pendidikan.

8. Studi Kepribadian

Di urutan ke-delapan ada mata kuliah Studi Kepribadian, materi dalam Studi Kepribadian kalian akan lebih mendalami perkembangan teori kepribadian dengan banyak tokoh.

9. Ilmu Pernyataan

Urutan ke-sembilan ini sangat menarik ya, mahasiswa program studi psikologi akan mempelajari mimik wajah, vocal behavior, hingga Bahasa tubuh.

10. Pengenalan Tes Psikolog

Selanjutnya, ada mata kuliah Pengenalan Test Psikologi. Disini kalian akan belajar menjadi tester dalam psikotest seperti tes intelektual, dan tes kepribadian.

11. Psikologi Sosial

Lalu, urutan ke-sebelas ada mata kuliah Psikologi Sosial yang membahas psikologi sosial tentang interaksi sosial lingkungan dalam masyarakat.

12. Psikologi Industri dan Organisasi

Urutan ke-dua belas terdapat mata kuliah yang akan memberikan teori dan praktik dalam hal kepemimpinan, motivasi kerja, dll.

Selain itu, masih banyak mata kuliah yang di pelajari dalam program studi psikologi seperti mata kuliah umum dan mata kuliah inti lainnya yang belum tertuliskan. Menarik bukan program studi ini? Yuk semangat mempelajarinya buat yang ingin berkarir menjadi psikolog!