Mata Kuliah Program Studi Seni Musik

02-10-2022

BANGUN PENDIDIKAN - Suka denger musik? Atau tertarik dengan dunia musik? Pas banget nih buat kalian yang suka musik, ingin mendalami tentang musik bahkan berkarir di dunia permusikan, masuk di program studi seni musik adalah hal yang tepat. Yuk kita bahas apa saja sih mata kuliah yang akan kita pelajari dalam perkuliahan program studi Seni Musik.

Sebelum masuk ke dalam mata kuliahnya, mungkin tidak afdol jika kita tidak tau arti seni musik itu apa ya? Jadi, Seni Musik terdiri dari 2 kata yaitu Seni, dan Musik. Seni adalah sebuah karya dan rasa yang dituangkan dalam sebuah media tertentu untuk mengimplementasikan dan menyalurkannya kepada orang lain. Sedangkan Musik adalah suara yang disusun sedemikian rupa hingga mengandung irama, lagu, dan keharmonisan.

Bisa disimpulkan bahwa Seni Musik adalah wadah seorang seniman untuk mengekpresikan dan menyampaikan nilai-nilai seni karyanya dengan media alat musik maupun suara vokal.

Lalu, apa saja sih mata kuliah yang di pelajari seorang mahasiswa program studi Seni Musik ini? Yuk kita simak!

1. Sejarah Seni Musik

Sebagai seorang yang berkecimpung di dunia seni musik tentunya kita harus memahami asal-usul sejarah Seni Musik, di mata kuliah ini kalian akan mempelajarinya.

2. Teori Musik

Teori musik adalah ilmu yang melaskan unsur-unsur musik.

3. Ensambel/Band/Orchest

Di mata kuliah ini kalian akan mempelajari tentang ensambel musik, grup musik, dan orkestra yang merupakan kumpulan dari dua atau lebih musisi yang memainkan alat musik ataupun bernyanyi.

4. Konduktor Paduan Suara dan Orkestra Konduktor paduan suara dan orkestra mengatur tentang aspek antara dinamika, tempo, frase, repetisi, artikulasi, dan preparasi.

5. Praktek Individual Instrumen

Pada mata kuliah ini kalian akan mempelajari dan mempraktekkan sacara individu sebuah instrumen musik.

6. Teori musik

Teori musik akan mengajarkan tentang sebuah harmoni secara lengkap dari pengertian, teori, unsur, jenis dan contohnya.

7. Solfegio

Solfegio adalah ilmu yang mempelajari tentang interval musik dan notasinya.

8. Dasar Orkestrasi

Mata kuliah ini memberikan materi tentang penulisan sebuah ansambel maupun orkestra yang biasanya di dapat dari karya tertulis (music score), ataupun didengar (music audio).

9. Transkripsi Musik

Hampir mirip dengan dasar orkestra, transkripsi musik ini adalah bentuk pemindahan dari fenomena bunyi / suara menjadi yang dapat berbentuk score atau notasi.

10. Semiotika

Semiotika adalah ilmu yang mempelajari sebuah “tanda” atau “makna” dalam kehidupan manusia.

11. Etnomusikologi

Etnomusikologi adalah cabang musikologi yang berarti “pembelajaran aspek sosial dan budaya terhadap musik dan tarian dalam konteks lokal dan global.

Itu dia beberapa mata kuliah yang dipelajari di program studi Seni Musik. Masih banyak mata kuliah lain yang tentunya tidak kalah menarik yah teman-teman. Jadi, pastikan program studi seni musik ini adalah pilihan yang tepat untuk kalian!