Mata Pelajaran di SMK Jurusan Teknik Mesin dan Prospek Kerjanya

30-09-2022

BANGUN PENDIDIKAN - Salah satu jurusan yang selalu diminati di Sekolah Menengah Kejuruaan (SMK) adalah Teknik Mesin. Mengingat pertumbuhan industri yang semakin merata di semua sektor, maka lulusan jurusan ini sangat dibutuhkan.

Teknik Mesin adalah jurusan yang mempelajari proses manufaktur. Selain itu, pada jurusan ini juga akan mempelajari proses pemesinan menggunakan peralatan mesin industri.

Program Keahlian Teknik Pemesinan di SMK juga mengajarkan keterampilan permesinan lain seperti membaca dan menggambar, mengukur dengan alat pengukur mekanis presisi, menangani perkakas tangan, mengoperasikan mesin produksi, mengelas dan pengerjaan logam. Misalnya; mesin bubut, mesin frais, mesin bor, mesin gerinda, mesin skrap, mesin gergaji, dan mesin bubut CNC (bubut).

Gambaran Program Keahlian

Program Keahlian Teknik Mesin merupakan program keahlian yang mengajarkan pengenalan dan pengolahan material, penggunaan perkakas tangan, pelaksanaan perhitungan dasar dan lanjutan, serta pengoperasian mesin produksi untuk menghasilkan produk yang berkualitas.

Ilmu yang diperoleh selama masa sekolah kemudian dipraktikkan dalam pembuatan benda kerja dan peralatan praktikum. Saat ini, bidang teknik mesin sendiri merupakan penentu kemajuan teknologi dan oleh karena itu sangat penting bagi pembangunan bangsa.

Mempelajari teknik mesin bertujuan untuk menghasilkan inovasi seperti penciptaan, desain, perbaikan dan penelitian mesin dan bahan rekayasa lainnya.

Mata Pelajaran

Secara umum terdapat 6 jurusan atau kompetensi keahlian di SMK jurusan teknik pemesinan ini.

  • Teknik Pemesinan
  • Teknik Pengelasan
  • Teknik Pengecoran Logam
  • Teknik Mekanik Industri
  • Teknik Perancangan dan Gambar Mesin
  • Teknik Fabrikasi Logam dan Manufaktur

Di kelas X, nantinya akan mempelajari dasar-dasar mata pelajaran pilihan. Misalnya, jika memilih teknik pemesinan sebagai jurusan utama maka anda akan belajar tentang konstruksi dasar, gambar, dan pekerjaan dasar di kelas X.

Kemudian duduk di kelas XI dan XII untuk mempelajari hal-hal yang lebih kompleks seperti teknologi pembubutan, teknologi pemesinan NC/CNC dan CAM, dan gambar manufaktur. Anda juga akan belajar tentang produk kreatif dan kewirausahaan di semua jurusan.

Prospek Kerja

Lulusan SMK Jurusan Teknik Mesin dapat bekerja di industri yang mengandalkan mesin untuk menunjang proses produksinya seperti industri yang bergerak di bidang transportasi, tekstil, elektronik dan energi.

1. Operator

Salah satu pekerjaan pekerja di fasilitas industri yang dibutuhkan saat ini dan masa yang akan datang adalah keahlian mengoperasikan mesin industri, mulai dari mesin bubut, mesin frais dan gerinda hingga mesin frais CNC.

2. Teknik Mesin

Bertanggung jawab atas desain, pengembangan, dan pemeliharaan sistem mekanis untuk menjaga agar pabrik industri tetap berjalan sebaik mungkin.

Juga memecahkan masalah kerusakan dan memperbaiki mesin bubut, mesin penggilingan, penggiling dan mesin penggilingan/putaran CNC

3. Assembling

Bertanggung jawab untuk menggabungkan atau menghubungkan dua atau lebih komponen menjadi sebuah unit yang dapat dijual dengan cara mekanis. Misalnya pengelasan (welding), penyolderan dan pematrian, riveting dan pengeleman (bonding).

4. Drafter Teknik Mesin

Profesi drafter ini juga dibutuhkan karena mereka bertugas untuk menggambar secara detail dari sisi interior sebuah mesin.

5. Quality Control

Bertanggung jawab untuk mengendalikan kualitas keseluruhan pekerjaan industri.