Mata Pelajaran SMK Jurusan Tata Boga Lengkap dengan Prospek Kerjanya

28-07-2022

BANGUN PENDIDIKAN - Seperti yang kita tahu, saat ini sudah sangat banyak kuliner yang populer di Indonesia, apalagi Indonesia terkenal akan keanekaragaman makanan khas daerah yang ada di setiap pulau Indonesia.

Makanan khas daerah tersebut diolah dengan teknik yang ada pada daerahnya masing-masing. Teknik pengolahan itu juga bisa dipelajari dengan baik jika mengambil jurusan tataboga. Apabila kamu sedang menduduki kelas 3 SMP semester akhir, kamu dapat mengambil jurusan ini di SMK.

Selain jurusannya yang nyenengin karena selalu belajar soal masak memasak, jurusan ini juga memiliki prosek kerja yang sangat lebar, salah satunya menjadi chef.

Buat kamu yang tertarik masuk jurusan ini, yuk ketahui beberapa mata pelajaran yang akan kamu temui pada jurusan tata boga.

Mata Pelajaran

1. Kewirausahaan

Bicara tentang tata boga, ternyata jurusan yang satu ini tidak bisa jauh dari kata kewirausahaan loh. Hal ini mungkin dikarenakan banyak lulusan dari jurusan ini yang akan membuka usaha sendiri seperti bisnis catering, rumah makan, atau jasa memasak.

Profesi-profesi ini tentu membuatmu harus senantiasa tahu bagaimana sih rumus sukses bekerja sendiri layaknya kewirausahaan. Untuk itu, mata pelajaran ini sangat penting untuk kamu pelajari.

2. Sanitasi, Higiene, Dan Keselamatan Kerja

Seorang chef tentu harus tahu menjaga keselamatan kerja dengan terkendali. Selain itu, mereka juga harus mengetahui bagaimana menggunakan sanitasi dengan baik dan bagaimana pula menjaga higienitas dengan benar.

3. Boga Dasar

Sebagai pakarnya tata boga, tentu kamu akan mempelajari tentang dasar-dasar dari boga itu sendiri.

Mulai dari berbagai seluk-beluk menarik akan kamu pelajari dan tentunya praktek-praktek menyenangkan siap menanti.

4. Ilmu Gizi

Jurusan tata boga tidak hanya soal kelezatan dan estetika saja, melainkan juga tentang asupan gizi. Untuk itu, seorang ahli Boga harus tahu mengetahui tentang ilmu gizi dan cara pemberiannya yang baik.

5. Tata Hidang

Salah satu mata pelajaran tata boga yang mengandalkan kreatifitas dan daya seni adalah Tata Hidang.

Pada ilmu ini, kamu akan mempelajari bagaimana platting dan serving yang baik dan menarik. Tentu kamu sudah mengetahui betapa menegangkannya masa-masa penyajian hidangan dalam sebuah program adu masak. Inilah mengapa ilmu yang satu ini wajib kamu pelajari dan tidak boleh terlewatkan.

6. Pengolahan Dan Penyajian Makanan Kontinental

Mata pelajaran yang selanjutnya adalah pengolahan dan penyajian makanan kontinental. Bicara tentang makanan kontinental, kamu tentu harus mempelajarinya selama menimba ilmu pada jurusan tata boga. Mulai dari makanan seperti Carpaccio, Pasta, Roast dan Pudding harus kamu kuasai dan mampu kamu sajikan dengan baik.

7. Pengolahan Dan Penyajian Makanan Indonesia

Sebagai warga Indonesia, tentu kamu harus bisa dan tahu bagaimana cara menyajikan masakan nusantara. Bahkan, masakan jenis ini harus kamu kuasai di luar kepala sehingga jika kamu berkarier di luar negeri, kamu dapat menunjukkan sisi berbeda dari para pesaing lainnya.

8. Pengolahan Usaha Boga

Masih berkaitan dengan kewirausahaan, mata pelajaran satu ini juga akan mengajarkan kamu tentang manajemen atau pengaturan dalam usaha boga yang kamu buat.

9. Pengembangan Produk Kreatif

Seorang Ahli Boga juga harus tahu bagaimana cara mengembangkan produk kreatif sebagai bagian dari keunikan bangsa. Untuk itu, kamu harus belajar mata pelajaran ini.

10. Pelajaran Umum

Pada jurusan ini, kamu juga akan mempelajari materi umum seperti Bahasa Indonesia, Pendidikan Kewarganegaraan, hingga Pendidikan Agama.

Prospek Kerja

- Chef/Koki

- Baker

- Barista

- Food Vlogger

- Lembaga Pemerintahan

- Konsultan Gizi dan Pangan

- Tenaga Pendidikan

- Wirausaha

Nah, itulah beberapa mata pelajaran yang akan kamu temui pada jurusan tata boga. Semoga membantu.