Seputar Materi Pelajaran Jurusan Administrasi Perkantoran di SMK

19-07-2022

BANGUN PENDIDIKAN - Buat kamu yang saat ini tengah menduduki kelas 3 SMP Semester akhir, mungkin sedang memikirkan akan melanjut kemana setelah lulus nanti.

Jika ingin melanjut ke Sekolah Menengah Kejuruan (SMK), mungkin kamu sudah pernah mendengar tentang jurusan Administrasi Perkantoran.

Jurusan Administrasi Perkantoran merupakan salah satu jurusan yang banyak peminatnya loh. Selain meteri pelajarannya yang menarik, jurusan ini juga memiliki prospek kerja yang luas.

Tujuan dari jurusan Administrasi Perkantoran ini menghasilkan lulusan yang berkarakter, siap berkeja, memiliki pengetahuan dan keterampilan serta kompeten dalam otomasi tata kelola kepegawaian, pengelolaan keuangan, pengelolaan infrastruktur dan kehumasan, pengelolaan kehumasan dan protokoler, serta pengelolaan produk kreatif dan kewirausahaan.

Lantas, materi apa saja sih yang diperlajari di jurusan Administrasi Perkantoran? Penasaran? Yuk ikuti penjelasan berikut!

1. Surat Menyurat

Materi yang pertama adalah surat menyurat. Materi ini mempelajari tentang cara membuat berbagai surat terutama surat dinas dengan semua peraturan surat yang berlaku.

Adapun yang diperlajari adalah bentuk surat, macam surat, bagian-bagian suatu surat, cara penulisan surat, belajar singkatan pada surat, contoh surat, pemrosesan penerimaan dan pengeluaran surat di suatu instansi.

2. Kearsipan

Materi yang kedua adalah kearsipan. Materi ini mempelajari tentang proses mengarsipkan dokumen ataupun data.

Keterampilan yang didapat dan dipelajari termasuk kecepatan mencari arsip. Tujuan materi untuk menghasilkan lulusan yang meniadakan waktu serta tenaga untuk mencari arsip.

3. Otomatisasi Perkantoran

Materi yang ketiga adalah Otomatisasi Perkantoran. Materi ini memperlajari tentang mengetik dokumen atau naskah, menerima dan menangani telepon, menata dan mengelola dokumen dan surat maupun arsip kantor yang lain.

4. Pengantar Akuntansi

Manteri yang keempat adalah Pengantar Akuntansi. Materi ini mempelajari tentang pencatatan, penjabaran, penilaian informasi keuangan yang kemudian diberi pada berbagai pihak baik perusahaan perorangan, pemilik saham maupun para investor.

5. Simulasi Digital

Materi yang kelima adalah adalah Simulasi Digital. Materi ini mempelajari tentang komunikasi daring, simulasi visual, kelas maya, presentasi video dan  buku digital.

Pelajaran ini memanfaatkan teknologi informasi serta komunikasi lewat pengembangan bahan pelajaran dengan basis teknologi web.

6. Administrasi Kepegawaian

Materi yang keenam adalah Administrasi Kepegawaian. Materi ini merupakan panduan untuk menetapkan keputusan serta pelaksanaan kegiatan dengan konsisten.

Selain itu, di materi ini siswa akan diajari cara menentukan beban kerja masing-masing pegawai sesuai kapasitas dan posisi masing-masing, juga untuk peningkatan kualitas keahlian pegawai sehingga pengerjaan tugas jadi efisien dan efektif.

7. Administrasi Keuangan

Materi ketujuh adalah Administrasi Keuangan. Materi ini mempelajari tentang penggunaan dana milik suatu organisasi guna melaksanakan aktivitas organisasi termasuk manajemen keuangan yang merencanakan, melakukan, meregulasi dan mengawasi.

8. Administrasi Sarana Prasarana

Materi kedelapan adalah Administrasi Sarana Prasarana. Materi ini mempelajarri tentang proses pekerjaan baik dengan cara langsung maupun tidak langsung dengan cara mengatur sumber daya baik manusia atau alam yang tersedia dalam rangka pencapaian tujuan perusahaan secara efektif serta efisien.

9. Administrasi Humas dan Keprotokolan

Materi yang kesembilan adalah Administrasi Humas dan Keprotokolan.

Kehumasan ini bisa dibilang campuran dari seni serta ilmu pengetahuan yang bertugas untul memperkirakan kecenderungan, membuat prediksi konsekuensi yang timbul, pemberian saran bagi pimpinan organisasi, serta pelaksanakan perencanaan kegiatan seperti yang sudah ditetapka untuk melayani kepentingan organisasi dan masyarakat.

Sedangkan pelajaran Keprotokolan siswa akan diajari cara menjaga dan meningkatkan citra perusahaan.

Nah, itulah seputar mata pelajaran yang akan kamu temui bila mengambil jurusan Administrasi Perkantoran. Bagaimana apakah kamu berminat untuk mengambil jurusan ini? Jangan sampai salah jurusan yah.