Mengenal 5 Jurusan SMK Paling Diminati dan Memiliki Prospek Kerja yang Luas

03-08-2022

BANGUN PENDIDIKAN - Terdapat dua pilihan yang umum diketahui siswa yang baru menyelesaikan studi di jenjang Sekolah Menengah Pertama (SMP) yakni melanjutkan ke Sekolah Menengah Atas (SMA) atau Sekolah Menengah Kejuruan (SMK).

Untuk SMA biasanya jurusan hanya terbagi menjadi 2 yaitu Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) dan Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS). Berbeda dengan SMK yang memiliki banyak jurusan karena lebih fokus kepada keterampilan.

Banyak kelebihan yang didapat dari SMK, yakni membuat siswanya memiliki keahlian yang dibutuhkan untuk memasuki dunia kerja segera setelah lulus sekolah.

Misalnya, lulusan SMK Jurusan Perkantoran sudah tahu bagaimana mengerjakan administrasi kantor karena memiliki pengalaman magang di bidangnya.

Sama-sama baru lulus sekolah, mereka yang berasal dari SMA tidak punya pengalaman dan keterampilan yang sebanding.

Untuk memilih SMK kamu bisa memahami bakat, minat, dan potensi yang ada pada diri kamu. Kami akan membantu memilih jurusan yang tepat di SMK. Selanjutnya disesuaikan dengan ketersediaan yang ada di SMK. Jurusan apa saja sih yang ada di SMK? Yuk, ikuti ulasan kami berikut!

1. Jurusan Animasi Dan Multimedia

Diera yang serba teknologi, membutuhkan kemampuan dan skill informatika yang bagus.

Kamu bisa memilih jurusan Animasi dan Multimedia yang akan menentukan masa depan kamu kelak.

Setelah lulus, Kamu dapat menjadi seorang ahli desain grafis, animator atau layouter. Bagaimana, keren bukan?

2. Akuntansi

Di banyak sekolah kejuruan, akutansi memegang grade tertinggi karena mengharuskan kamu memiliki kemampuan bagus di bidang hitung menghitung.

Prospek karir yang cerah menunggumu, mulai dari menjadi staf accounting perusahaan, perbankan dan lain sebagainya.

Sejak dahulu, jurusan akuntansi selalu menjadi jurusan yang cukup populer dan banyak diminati, sebab pekerjaan para lulusan akuntansi akan selalu ada dan memiliki peluang terbuka serta bisa bekerja di berbagai perusahaan yang bergerak di berbagai bidang.

Para lulusan jurusan ini juga dianggap bisa memiliki pekerjaan yang nyaman di ruangan kantor dan tentunya bergengsi.

3. Administrasi Perkantoran

Selain akutansi, jurusan administrasi perkatoran juga menjadi salah satu jurusan yang selalu diminati.

Memutuskan masuk jurusan Administrasi Perkantoran bisa memberikan peluang kerja di instansi pemerintah atau perusahaan besar.

Kamu akan belajar mengenai cara membuat surat, mengarsip dokumen dan lain sebagainya. Gaji besar bakal menunggumu jika mampu menjadi seorang personal assistant CEO ternama.

4. Pemasaran

Banyak orang yang berfikiran bahwa anak jurusan pemasaran memiliki level terendah dalam kasta jurusan SMK.

Opini seperti ini sungguh salah besar sebab lulusan pemasaran dapat menjadi tenaga marketing handal. Apalagi jika Kamu bisa menciptakan strategi pemasaran produk atau jasa yang laris manis di pasaran, maka masa depan cerah tentu menunggumu.

5. Perbankan Syariah

Jurusan yang keterakhir adalah perbankan syariah. Mitos bekerja di perbankan bergaji besar mungkin menjadi salah satu hal yang membuat Jurusan ini banyak di mininati di SMK.

Hal ini tidak mengherankan lantaran Jurusan Perbankan Syariah memang bisa bekerja di bidang perbankan dengan kisaran gaji hingga Rp7 juta per bulannya.

Pada Jurusan ini kamu akan belajar seputar pengelolaan kas, ekonomi Islam, produk perbankan syariah, sampai akuntansi perbankan syariah.

Itu dia 5 Jurusan SMK yang paling banyak diminati. Selain mempertimbangkan prospek karier dan gaji, kamu juga harus mempertimbangkan minat kamu, ya!