Mengenal Jurusan Pariwisata di SMK Lengkap dengan Prospek Kerjanya

27-07-2022

BANGUN PENDIDIKAN - Pariwisata di Indonesia sedang mengalami perkembangan yang cukup pesat dan menjadikan bidang ini sebagai salah satu bidang yang sangat menjanjikan untuk masa depan.

Maka dari itu, mengambil jurusan periwisata di SMK adalah salah satu langkah yang tepat. Selain menyenangkan, jurusan ini juga memiliki prospek yang sangat lebar loh.

Pernah membayangkan nggak nantinya kamu bisa berkarir sambil jalan-jalan? Buat kamu yang hobi banget jalan-jalan, kamu bisa loh menggapai impian karir itu dengan ambil jurusan pariwisata.

Namun, sebelum benar-benar memutuskan untuk masuk ke jurusan ini, kamu harus mengetahui apa saja yang nantinya akan kamu pelajari serta bagaimana prospek kerja di jurusan pariwisata lewat ulasan berikut ini!

Apa Itu Jurusan Pariwisata?

Suka jalan-jalan? Mau jalan-jalan sekaligus dapat uang? Masuk ke jurusan Pariwisata bisa menjadi salah satu cara untuk mewujukan impianmu, loh.

Jurusan Pariwisata adalah jurusan yang mempelajari tentang hal-hal yang berkaitan dengan dunia pariwisata.

Materi-materi pembelajaran pada jurusan ini akan berkaitan dengan semua hal mengenai pariwisata, seperti manajemen destinasi wisata, manajemen tur dan travel, hingga perhotelan.

Setelah lulus dari jurusan ini, kamu diharapkan bisa memberikan pelayanan pariwisata secara profesional.

Jurusan pariwisata biasanya tergabung dalam Fakultas Ilmu Budaya. Jurusan ini adalah jurusan yang paling menyenangkan karena akan selalu buat kamu jalan-jalan, sebab di jurusan ini kamu akan belajar bagaimana mengurus sebuah tur atau kegiatan pariwisata secara serius, bukan untuk main-main.

Kampus yang Memiliki Jurusan Pariwisata

- Universitas Gadjah Mada

- Universitas Indonesia

- Universitas Brawijaya

- Universitas Negeri Padang

- Universitas Riau

- Universitas Udayana

- Universitas Nasional

- Sekolah Tinggi Pariwisata Bandung

- Universitas Papua

- Universitas Pendidikan Ganesha

Prospek kerja lulusan Pariwisata

Adapun prospek kerja jurusan ini, yakni:

1. Pemandu wisata

Dari yang paling seru, kamu dapat menjadi seorang pemandu wisata, seseorang yang biasanya bekerja sama dengan agen atau biro perjalanan.

Sebagai pemandu, kamu akan berkewajiban untuk memberikan informasi buat seluruh wisatawan mengenai hal-hal apa saja yang ada pada destinasi wisata yang dituju.

2. Pengusaha travel agent/biro perjalanan wisata

Prospek kerja selanjutnya akan menjadi pengusaha perjalanan wisata. Jurusan ini akan membuat kamu belajar bagaimana mengelola usaha pariwisata. Pekerjaan yang satu ini berbeda ya dengan seorang pemandu wisata.

Sebagai pengusaha, kamu lah yang akan mendirikan sebuah agen atau biro perjalanan untuk para pemandu wisata.

3. Pengelola tempat wisata

Hal yang juga seru sebagai lulusan jurusan pariwisata adalah, menjadi pengelola kawasan wisata. Misalnya nih, di daerah kamu ada lokasi yang dapat dijadikan sebagai lokasi wisata, kamu bisa tuh menerapkan ilmu-ilmu yang sudah dipelajari untuk menjadi pengelola tempat wisata di sana agar bisa lebih dikenal banyak orang sehingga akan banyak wisatawan yang berkunjung ke daerahmu.