Mengenal Jurusan RPL Lengkap dengan Prospek Kerjanya

26-07-2022

BANGUN PENDIDIKAN - Mungkin sudah tak asing bagi kamu mendengar jurusan Rekayasa Perangkat Lunak (RPL)? Ya, RPL merupakan jurusan yang mempelajari tentang prinsip sekaligus teknik mendesain perangkat lunak yang mudah digunakan dan tepat guna.

Jurusan yang sering disebut dengan Software Engineering ini bisa menjadi wadah yang tepat buat kamu yang ingin mempelajari desain program dan mengembangkan sebuah software ataupun sistem operasi.

Melalui jurusan ini, kamu akan mempelajari cara mendesain dan melakukan analisis algoritma, guna membuat program aplikasi berbasis mobile atau web.

Selain itu, kamu juga akan diajari mengenai pengembangan sebuah sistem operasi dengan menggunakan struktur data yang efisien.

Ingin tahu lebih dalam tentang jurusan RPL? Kami telah merangkum seputar materi yang akan kamu temui pada dan jurusan ini, lengkap dengan prospek kerjanya. Yuk, simak ulasan berikut!

Materi yang Akan Dipelajari

- Konsep dasar elektronika dan digital

- Keselamatan Kerja dan lingkungan hidup

- Dasar-dasar komputer perakitan dan perawatan komputer personal

- Dasar-dasar sistem operasi berbasis GUI dan teks serta instalasinya

- Jaringan komputer dan aplikasinya

- Algoritma dan pemrograman komputer dekstop dan jaringan serta aplikasinya

- Sistem database dan aplikasinya

Prospek Kerja

1. Konfersi PSD ke WordPress

Konfersi PSD ke WordPress merupakan pekerjaan yang berperan untuk memenuhi kebutuhan klien, salah satunya mengubah hasil photoshop menjadi file wordpress.

2. Developer IT

Developer IT merupakan pekerjaan yang dapat mengembangkan perangkat lunak dengan memenuhi kebutuhan klien. Seperti perangkat lunak untuk pendidikan, bisnis, hiburan games, telekomunikasi, dan lain sebagainya.

3. Programmer

Programmer merupakan pekerjaan membuat program sebagai perangkat lunak dari komputeer untuk memudahkan fungsi tertentu.

Programmer dapat bekerja di segala bidang, seperti industri, pertelevisan, perbankan dan media. Maka dari itu, RPL adalah salah satu jurusan yang memiliki peluang kerja yang sangat banyak.

4. IT colsultant

Buat kamu lulusan RPL, kamu dapat bekerja sebagai IT consultant yang beperan dalam perencanaan dan pengevaluasian penerapan IT pada sebuah organisasi.

5. System Analyst dan system integrator

System Analyst dan system integrator adalah pekerjaan yang berperan dalam melakukan analisis terhadap sistem atau program yang berbasis teknologi dan informasi dalam suatu perusahaan dan membuat solusi yang integrasi dan memanfaatkan perangkat lunak.

6. Database engineer/data base administrator

Database engineer/data base administrator adalah pekerjaan yang berperan dalam perencanaan pemeliharaan basis data (termasuk data warehouse).

7. Web engineer

Web engineer adalah orang yang bertugas merancang dan membangun website beserta layanan dan fasilitas berjalan diatasnya dan bertanggung jawab dalam pemeliharaan website dan mengembangkannya.

Demikianlah seputar informasi mengenai jurusan RPL yang perlu kamu ketahui. Jangan sampai salah pilih jurusan yah.Mengenal Jurusan RPL Lengkap dengan Prospek Kerjanya