Mengenal Lebih Dalam Tentang Mata Kuliah Metodologi Penelitian

30-09-2022

BANGUN PENDIDIKAN - Mata kuliah Metodologi Penelitian merupakan salah satu mata kuliah yang wajib diambil bagi mahasiswa semua jurusan tanpa terkecuali.

Untuk anda calon mahasiswa, anda mungkin akan penasaran dengan mata kuliah yang satu ini. Berikut ulasan mengenai mata kuliah metodologi penelitian supaya anda tidak ketinggalan informasi terbaru.

Apa itu Mata Kuliah Metodologi Penelitian

Metodologi penelitian adalah mata kuliah yang mengkaji bagaimana penelitian dilakukan untuk memperoleh data yang valid, otentik, dan dapat diverifikasi kebenarannya.

Mata kuliah ini akan mengajarkan mengenai langkah demi langkah bagaimana melakukan sebuah penelitian. Dimulai dengan menemukan masalah yang akan dipecahkan, menemukan konteks penelitian, merumuskan masalah, membuat kajian pustaka dari referensi sumber yang terpercaya, dan akhirnya menentukan metode pengumpulan data.

Sebelum memutuskan metode penelitian mana yang akan digunakan, biasanya perlu diketahui jenis penelitian yang akan dilakukan, apakah kuantitatif atau kualitatif.

Berkat adanya mata kuliah ini, memungkinkan mahasiswa untuk mengatur penelitian mereka dengan cara yang terurut, terperinci dan terdefinisi dengan jelas.

Mata kuliah ini tidak hanya membahas konten penelitian, tetapi juga memberikan informasi teknis penulisan karya ilmiah. Menulis karya ilmiah sangat berbeda dengan menulis catatan biasa.

Oleh karena itu, diperlukan aturan baku agar kita dapat membaca penelusuran dengan jelas dan menyampaikan isinya secara lengkap. Perhatian yang sangat detail diberikan mulai dari kutipan referensi hingga bahasa yang digunakan dalam penyampaian karya ilmiah.

Mata Kuliah yang Wajib Diambil

Mata kuliah ini wajib diambil minimal pada tahun 3 masa kuliah, yaitu satu tahun sebelum pengerjaan tugas akhir. Mata kuliah ini merupakan prasyarat untuk mengerjakan tugas akhir anda.

Namun, tidak semua kampus menawarkan mata kuliah ini di tahun ketiga mereka. Beberapa universitas bahkan memasukkannya di tahun kedua. Tujuannya untuk mendorong mahasiswa agar terbiasa menulis laporan ilmiah sesuai kaidah penulisan ilmiah yang berlaku.

Bekal Sebelum Mengerjakan Skripsi

Para dosen biasanya akan menyarankan mahasiswa untuk menganggap serius tugas yang diberikan selama Mata kuliah metodologi penelitian ini. Karena tugas akhir dalam mata kuliah ini bisa menjadi titik awal untuk diploma atau tugas akhir anda.

Apalagi jika dosen mendukung ide-ide yang akan digunakan dalam skripsi anda. Banyak orang mengatakan bahwa mata kuliah ini bisa sangat membantu dalam penulisan tugas akhir jika dilakukan dengan serius.

Mahasiswa hanya perlu mereview dan memperbaharui kajian pustaka dan menyesuaikan rumusan masalah dengan situasi sedang dihadapi. Bagian dari skripsi yang tercakup dalam mata kuliah ini terdiri dari tiga bagian pertama saja.

Bab pertama atau bab pendahuluan, berisi latar belakang, uraian masalah, tujuan dan manfaat, serta batasan ruang lingkup penelitian.

Bab kedua yaitu tinjauan pustaka berisi definisi, teori, metode, dan referensi yang hampir sama untuk penelitian dengan ruang lingkup yang sama.

Kemudian, pada Bab 3, metodologi dan pengumpulan data. Hal ini termasuk merencanakan objek yang akan diselidiki dan memperoleh data untuk penelitian.

Selanjutnya Bab 4 dan 5 akan dibahas dalam Mata kuliah skripsi. Tetapi jika anda melakukan sepenuh hati pada tugas-tugas mata kuliah metodologi penelitian, tentu saja anda akan menghemat waktu.

Bab 4 berisi pembahasan yang menjadi poin penting dari penelitian, yaitu ketika teori sebelumnya saling terhubung dengan data yang dikumpulkan selama penelitian. Sedangkan bab 5 berisi kesimpulan dan saran dari penelitian untuk pengembangan penelitian selanjutnya.