Mengenal Mata Pelajaran di SMK Penerbangan Hingga Prospek Kerjanya

05-10-2022

BANGUN PENDIDIKAN - Mata pelajaran penerbangan tingkat SMK lebih banyak memuat masalah teknis dalam dunia penerbangan. 

SMK penerbangan adalah sekolah kejuruan yang berspesialisasi dalam bidang teknologi penerbangan. Kompetensi Keahlian (Jurusan) Teknik Penerbangan, yaitu Airframe and Powerplant, Electrical Avionics, Teknik Transmisi dan Telekomunikasi Penerbagnan, Otomasi dan Tata Kelola Perkantoran (Bandara).

Secara umum, jurusan penerbangan SMK dibagi lagi menjadi beberapa disiplin ilmu. Setiap bidang ini juga pastinya memiliki isi pembelajaran yang berbeda. Namun, umum mata pelajaran yang diambil selama pelatihan penerbangan di SMK adalah sebagai berikut.

1. Gambar Teknik

Pertama, ada mata pelajaran gambar teknik. Di mata pelajaran ini akan mempelajari cara menggambar untuk tujuan profesional, bukan menggambar sosok dan pemandangan yang indah. anda juga akan mendapatkan bahan materi untuk menggambar proyeksi dan refleksi.

2. Basic Aircraft Technical and Knowledge

Mata pelajaran yang berikutnya adalah Basic Aircraft Technical and Knowledge atau teknologi dan pengetahuan dasar pesawat. Mata pelajaran ini akan memberikan pengetahuan dasar dan teknis industri penerbangan, mulai dari human factor hingga jenis aircraft system.

3. Keterampilan Dasar (Aircraft Basic Skill)

Mata pelajaran penerbangan tingkat SMK selanjutnya adalah Aircraft Basic Skill. anda akan mempelajari keterampilan dasar dalam dunia penerbangan. Mata pelajaran ini akan diterima di awal masuk sekolah sebagai bekal untuk materi berikutnya. 

4. Gambar Listrik Pesawat Udara dan CAD

Materi keempat adalah gambar kelistrikan pesawat dan CAD. mata pelajaran ini juga dikenal sebagai gambar listrik pesawat terbang. Pelajari simbol untuk menggambar elektronik pesawat dan sistem kelistrikan.

5. Instrumen Pesawat Udara

Berikutnya adalah instrumen pesawat udara. Dari namanya, anda mungkin sudah bisa menebak materi apa yang akan anda diajarkan nantinya. Materi yang diberikan tentunya berkaitan dengan pengenalan instrumen pesawat terbang.

6. Pembentukan Logam Pesawat Udara

Keenam adalah mata pelajaran pembentukan logam pesawat udara. Mata pelajaran ini diberikan khusus bagi mereka yang memilih untuk mempelajari program keterampilan Aircraft Sheet Metal Forming (ASMF).

7. Teknik Pengelasan Pesawat Udara

Mata pelajaran ketujuh menyangkut teknologi pengelasan pesawat udara. Mata pelajaran ini masih termasuk dalam kompetensi keahlian program Aircraft Sheet Metal Forming (ASMF). Karena itu, jika anda memilih program keterampilan ini, anda akan mempelajari teknik pengelasan pesawat.

8. Aircraft Composite

Mata pelajaran penerbangan selanjutnya adalah Aircraft Composite. Disini anda akan mempelajari lebih lanjut tentang komposit pesawat, termasuk bahan-bahan yang digunakan untuk membuat pesawat.

9. Aircraft Structure 

Berikutnya adalah struktur Aircraft Structure. Ini adalah mata pelajaran yang wajib dan anda tidak bisa mendapatkan gelar penerbangan tanpa mempelajari konstruksi pesawat. 

10. Aircraft System

Yang terakhir adalah Aircraft System. Pada mata pelajaran ini, anda akan diberikan materi tentang semua sistem yang terpasang di dalam pesawat. Salah satunya adalah sistem kelistrikan pesawat.

Prospek Kerja SMK Penerbangan

Sekolah penerbangan berbasis kebutuhan industri, jadi mencari pekerjaan sepulang sekolah tidaklah sulit. Berikut adalah lowongan untuk jurusan penerbangan jika anda akan melanjutkan ke sekolah kejuruan:

1. Teknisi Pesawat

Pekerjaan dengan peluang terbesar setelah lulus dari SMK penerbangan adalah sebagai mekanik pesawat. Jika anda ingin bekerja sebagai seorang teknisi, menjadi teknisi pesawat terbang adalah pilihan yang tepat.

2. Perakitan Pesawat

Setelah lulus dari sekolah kejuruan, sangat memungkinkan untuk mendapat pekerjaan sebagai mekanik pesawat terbang.

3.Mekanik Kelistrikan Pesawat

Agar pesawat berfungsi dengan baik, perlu dipastikan tidak ada masalah dengan bagian kelistrikan pesawat. Ketika masalah muncul, pekerjaan ini harus bisa menyelesaikannya.

4. Pemeliharaan Sistem Pesawat

Pesawat terbang sama seperti moda transportasi lainnya yaitu membutuhkan perawatan. Pemeliharaan diperlukan untuk menjaga agar pesawat tetap berfungsi dengan baik dan ini menjadi tanggung jawab pekerja pemeliharaan sistem pesawat.

5. Helper

Helper adalah pekerjaan selanjutnya bagi lulusan penerbangan. Nama lain pekerja dari pekerjaan ini adalah asisten yang bertugas untuk membantu tugas-tugas pesawat lainnya. 

6. Perusahaan Otomotif

Lulusan SMK Penerbangan bisa terus bekerja di perusahaan bidang otomotif. Anda dapat bekerja di bidang ini dengan keterampilan teknik kendaraan ringan.

7. Pilot

Lulusan sekolah penerbangan juga memiliki kesempatan untuk bekerja sebagai pilot. Namun, bukan berarti anda bisa langsung menjadi pilot setelah lulus dari sekolah kejuruan. Tetapi anda harus melalui berbagai tahap termasuk untuk melanjutkan sekolah yang berfokus menjadi seorang pilot.