Mengenal Jurusan Teknik Instalasi Tenaga Listrik di SMK

22-07-2022

BANGUN PENDIDIKAN - Buat kamu yang masih kebingungan akan mengambil jurusan apa di SMK, berikut adalah salah satu jurusan yang cukup menjanjikan untuk masa depan kamu.

Jurusan yang bisa kamu pilih adalah jurusan Teknik Tenaga Listrik. Teknik Listrik (Teknik Elektro) adalah salah satu bidang ilmu teknik mengenai aplikasi listrik guna memenuhi kebutuhan daya listrik dalam skala besar seperti pada industri dan mesin-mesin.

Jurusan (Kompetensi Keahlian) yang satu ini biasanya hanya diminati oleh kaum laki-laki saja, maka tak heran jika jurusan ini di dominasi oleh siswa laki-laki.

Ingin tahu lebih dalam  mengenai jurusan Teknik Listrik? Yuk ikuti penjelasan berikut!

Mengenal Jurusan Teknik Listrik

Pada jurusan ini, siswa akan berhadapan langsung dengan ketersediaan sumber daya energi , transmisi energi dan dampak dari energi terhadap sistem operasi permesinan secara keseluruhaan. Jurusan ini bekerja sama dengan insinyur dari area lain seperti teknik kimia, teknik mesin, dan teknik sipil untuk merancang, mengembangkan, dan membantu produksi berbagai macam produk dan jasa seperti sistem distribusi energi, komputer pribadi, sistem satelit, radio genggam, sistem radar, mobil listrik, dan lain-lain yang melibatkan komponen listrik dan elektronik.

Siswa lulusan Teknik Tenaga Listrik diharapkan :

-Mampu mengoperasikan alat-alat ukur listrik baik manual maupun digital

-Mampu merancang dan menginstalasi jaringan listrik rumah sederhana, perkantoran maupun gedung bertingkat

-Mampu merancang dan menginstalasi listrik tenaga serta memasang sistem kontrol elektro motor

-Mengembangkan sumber daya pendidikan secara optimal dan berkelanjutan agar mampu berkompetisi di era globalisasiMeningkatkan kesadaran warga sekolah terhadap pemeliharaan kelestarian lingkungan hidup, kebersihan, keindahan, ketertiban, kesehatan, kekeluargaan, kedisiplinan dan keamanan (7K).Mampu merawat dan memperbaiki peralatan listrik rumah tangga seperti kipas angin, blender, hair dryer dan lain-lain.

-Mampu menggulang kumparan motor listrik 1 fasa maupun 3 fasa.

-Mampu merencanakan sistem pengendali elektronik dan memasan instalasi listrik komersial.

Mata Pelajaran SMK Teknik Instalasi Tenaga Listrik

- Gambar Teknik Listrik

- Dasar Listrik dan Elektronika

- Pekerjaan Dasar Elektromekanik

- Instalasi Penerangan Listrik

- Instalasi Tenaga Listrik

- Instalasi Motor Listrik

- Perbaikan Peralatan Listrik

- Produk Kreatif dan Kewirausahaan

Prospek Kerja

- Operator Produksi

Lulusan SMK Jurusan Listrik dapat menjadi Operator Produksi di perusahaan-perusahaan besar.

Perusahaan besar biasanya membutuhkan tenaga kerja untuk Operator Produksi yang cukup banyak sehingga membutuhkan banyak tenaga kerja dari Lulusan SMK jurusan Listrik.

- Teknisi Listrik

Pekerjaan ini sangat cocok untuk lulus SMK jurusan Listrik, dengan bekal keterampilan yang ia dapat di SMK ditambah pengalaman Praktik Kerja Lapangan sewaktu masih di SMK maka lulusan jurusan ini sudah mampu menjadi Teknisi Listrik yang handal.

- Petugas Pemeliharaan dan Pemasangan Kabel Listrik

Instalasi Listrik pada perusahaan besar memerlukan petugas untuk memelihara dan memperbaiki instalasi listrik tersebut.

Selain itu, Perusahaan Listrik Negara (PLN) juga membutuhkan tenaga untuk pemeliharaan dan perbaikan instalasi kabel listrik di perusahaannya sehingga lulusan dari jurusan ini memiliki peluang kerja di PLN.

- Wiraswasta di bidang Listrik

Lulusan Jurusan Listrik juga bisa membuka usaha Jasa Pemeliharaan, Instalasi dan Perbaikan listrik untuk perusahaan maupun instansi pemerintah.

Itulah penjelasan seputar jurusan Teknik Instalasi Tenaga Listrik di SMK. Bagaimana apakah kamu berminat mengambil jurusan ini? Jangan sampai salah pilih yah.