Kamu Lulusan Perbankan? Ketahui Peluang Kerjanya

08-08-2022

BANGUN PENDIDIKAN - Kamu salah satu siswa SMK Perbankan? Jika iya, apakah kamu sudah tahu kamu dapat berkerja di mana saja setelah lulus nanti? Tidak tahu? Jangan khawatir, di bawah ini kami akan membahas seputar tentang peluang atau prospek kerja lulusan jurusan Perbankan. Yuk, Simak ulasan berikut!

Peluang atau Prospek Kerja Jurusan Perbankan

1. Teller

Peluang kerja yang pertama adalah menjadi taller bank atau lembaga keuangan lainnya. Kamu yang sudah biasa pergi ke bank, pasti tidak asing lagi dengan profesi yang satu ini. Pada pekerjaan ini kamu akan bergaji sekitar Rp 3 Jutaan.

2. Customer Service

Peluang kerja kedua adalah menjadi costumer service. Tugas seorang customer service bank, mengatasi masalah yang dialami oleh nasabah, misalnya lupa PIN, ATM hilang atau tertelan, hingga pembukaan buku rekening. Pada pekerjaan ini kamu akan bergaji sekitar Rp 3 Jutaan.

3. Surveyor

Peluang kerja ketiga adalah menjadi surveyor. Tugas seorang  surveyor, mengumpulkan informasi dan melakukan verifikasi data terhadap calon nasabah, terutama dalam hal pengajuan kredit. Pada pekerjaan ini kamu akan bergaji sekitar Rp 3,2 Jutaan.

4. Collector

Peluang kerja keempat adalah collector. Tugas seorang collector, melakukan penagihan terhadap nasabah yang menunggak angsuran. Pada pekerjaan ini kamu akan bergaji sekitar Rp 3,3 Jutaan.

5. Marketing

Peluang kerja kelima adalah marketing. Tugas seorang marketing tidak jauh-jauh dari mempromosikan produk keuangan dari perusahaan tempat Kamu bekerja. Pada pekerjaan ini kamu akan bergaji sekitar Rp 2,5 Jutaan.

6. Admin Keuangan

Peluang kerja keenam adalah admin keuangan. Tugas seorang admin keuangan, membuat perencanaan dan juga laporan keuangan. Pada pekerjaan ini kamu akan bergaji sekitar Rp 4 Jutaan.

7. Customer Relationship Officer

Peluang kerja ketujuh adalah customer relationship officer. Tugas seorang customer relationship officer jauh berbeda dengan customer service, seperti memberi informasi kepada konsumen dan menyelesaikan masalah yang dihadapi oleh nasabah. Pada pekerjaan ini kamu akan bergaji sekitar Rp 3 Jutaan.

8. Account Officer

Peluang kerja delapan adalah account officer. Tugas seorang account officer, melakukan pemasaran produk keuangan berupa kredit hingga mendapatkan nasabah. Pada pekerjaan ini kamu akan bergaji sekitar Rp 2,2 Jutaan.

9. Desk Collection

Peluang kerja kesembilan adalah desk collection. Seorang desk collection bertugas untuk mengingatkan nasabah yang memiliki utang. Kamu akan menagih nasabah yang telat membayar utang yang telah jatuh tempo dengan menggunakan sambungan telepon. Pada pekerjaan ini kamu akan bergaji sekitar Rp 3,5 Jutaan.

10. Staf Keuangan

Peluang kerja keterakhir adalah staf keuangan.  Seorang staf keuangan bertugas untuk membantu tugas-tugas koordinator keuangan. Segala hal yang berhubungan dengan arus kas, pembayaran, tagihan, setoran, dan lainnya harus bisa Kamu kelola dengan baik. Pada pekerjaan ini kamu akan bergaji sekitar Rp 4 Jutaan.

Nah, itulah beberapa peluang kerja untuk lulusan jurusan perbankan yang perlu kamu ketahui. Semoga membantu.