Pengertian Pendidikan Menurut Para Ahli Lengkap dengan Fungsi dan Manfaatnya

10-06-2022

BANGUN PENDIDIKAN - Seperti yang kita ketahui, menuntut ilmu merupakan salah satu kewajiban bagi setiap orang. Hal itu dikarenakan, dengan ilmu seseorang mampu menemukan dan menciptakan berbagai macam keperluan yang bermanfaat untuk sehari-hari.

Bahkan, ilmu juga dipercaya dapat menjadi salah satu aspek penting bagi perkembangan di suatu negara.

Selain itu, dengan adanya ilmu seseorang mampu mengenal alam, kehidupan sosial, dan kemanusiaan.

Tak hanya itu, ilmu pengetahuan juga harus senantiasa diterapkan ke dalam kehidupan sehari-hari.

Pengertian Pendidikan Menurut Para Ahli:

Pendidikan merupakan salah satu hal yang sangat penting untuk kehidupan sehari-hari. Dengan ilmu, seseorang dapat mengembangkan potensi yang dimilikinya.

Adapun pengertian pendidikan menurut para ahli, yakni:

Plato

Plato merupakan salah seorang filsuf yang paling berpengaruh di dunia. Filsuf satu ini diyakini berperan penting dalam perkembangan filsafat Yunani Kuno. Selain itu, Plato juga dikenal sebagai peletak dasar agama-agama di barat.

Menurutnya, pendidikan adalah sesuatu yang dapat membantu perkembangan individu dari jasmani dan akal dengan sesuatu yang dapat memungkinkan tercapainya sebuah kesempurnaan.

Plato berpendapat bahwa pendidikan direncanakan dan diprogram menjadi tiga tahap, yaitu pendidikan yang diberikan hingga dua puluh tahun, pendidikan dua puluh tahun hingga tiga puluh tahun, dan pendidikan tiga puluh tahun hingga usia empat puluh tahun.

Aristoteles

Aristoteles merupakan seorang ilmuwan dan filsuf terkemuka di dunia. Tak hanya fokus dengan satu bidang, Aristoteles banyak melahirkan gagasan di semua cabang ilmu pengetahuan, seperti etika, psikologi, ekonomi, dan kesenian. Tak heran, jika ilmuwan satu ini dikagumi dan menginspirasi bagi banyak ilmuwan di dunia.

Menurutnya, pendidikan adalah salah satu fungsi dari suatu negara yang dilakukan demi tujuan negara itu sendiri.

Ia memandang bahwa pendidikan merupakan bekal untuk beberapa aktivitas atau pekerjaan yang layak. Pendidikan semestinya dipandu oleh undang-undang untuk membuatnya sesuai dengan hasil analisis psikologis dan mengikuti perkembangan secara bertahap.

Imam Al Ghazali

Imam Al Ghazali merupakan tokoh muslim terkemuka di dunia. Beliau salah satu ilmuwan terkenal yang mempelajari ilmu di bidang filsafat dan tasawuf. Melalui pemikirannya, Imam Al-Ghazali menjadi salah satu orang yang berpengaruh bagi perkembangan dunia Islam.

Pemilik nama lengkap Abu Hamid Muhammad bin Muhammad Al-Ghazali ath-Thusi asy-Syafi’i ini pernah memegang jabatan sebagai naib konselor di Madrasah Nizhamiyah, sebuah pusat pengajian tinggi di Baghdad.

Melalui beberapa karya buku, ia berhasil memberi sumbangsih bagi perkembangan kemajuan umat manusia.

Menurutnya, pendidikan adalah proses memanusiakan manusia sejak masa kejadiannya sampai akhir hayat melalui berbagai ilmu pengetahuan.

Diman bentuk proses pengajaran dilakukan secara bertahap dan menjadi tanggung jawab orang tua dan masyarakat, menuju pendekatan diri kepada Allah sehingga menjadi manusia sempurna.

H. Horne

Menurut H. Horne, Pendidikan adalah sebuah proses yang terus menerus (abadi) dari penyesuaian yang lebih tinggi bagi makhluk manusia yang telah berkembang secara fisik dan mental, yang bebas dan sadar kepada Tuhan, seperti termanifestasi dalam alam sekitar intelektual, emosional dan kemanusiaan dari manusia.

John Dewey

Menurut John Dewey, pendidikan adalah suatu proses pembaharuan makna pengalaman, yang mungkin akan terjadi dalam pergaulan. Di mana proses tersebut melibatkan pengawasan dan perkembangan dari orang dewasa dan kelompok di mana ia hidup.

Fungsi Pendidikan

Salah satu fungsi pendidikan yang paling utama adalah mengembangkan potensi dan mencerdaskan individu dengan lebih baik.

Dengan begitu, hal ini diharapkan dapat menjadikan individu menjadi pribadi yang memiliki kreativitas, berpengetahuan luas, berkepribadian, dan bertanggung jawab.

Menurut Horton dan Hunt, lembaga pendidikan berkaitan dengan fungsi nyata sebagai berikut:

- Mempersiapkan anggota masyarakat untuk mencari nafkah.

- Mengembangkan bakat perseorangan demi kepuasan pribadi dan bagi kepentingan masyarakat.

- Pendidikan sekolah diharapkan dapat mensosialisasikan kepada para anak didiknya untuk menerima perbedaan prestise, privilese, dan status yang ada dalam masyarakat.

Selain itu, sekolah juga diharapkan mampu menjadi saluran mobilitas siswa ke status sosial yang lebih tinggi atau paling tidak sesuai dengan status orang tuanya.

- Menyediakan sarana untuk pembangkangan. Artinya, sekolah memiliki potensi untuk menanamkan nilai pembangkangan di masyarakat. Hal ini tercermin dengan adanya perubahan pandangan antara sekolah dan masyarakat tentang suatu hal, seperti pendidikan seks dan sikap terbuka.

Manfaat Pendidikan

Dalam kehidupan, ilmu berperan penting bagi perkembangan dan kemajuan umat manusia. Berbagai keberhasilan yang dicapai manusia saat ini tidak lepas dari peran ilmu pengetahuan.

Oleh karena itu, setiap orang harus menyadari betapa pentingnya mencari ilmu. Hampir semua agama menyatakan bahwa ilmu dapat meningkatkan kebaikan bagi masing-masing individu. Dengan ilmu, seseorang dapat berperilaku baik di kehidupan sosial masyarakat.

Itulah seputar info tentang pengertian menurut para ahli lengkap dengan fungsi dan manfaatnya.