Profesi yang Menjanjikan untuk Lulusan Ilmu Sejarah

16-08-2022

BANGUN PENDIDIKAN - Jika kamu tertarik pada humaniora (membaca, menulis, menganalisis budaya, dll), namun tidak yakin dengan apa yang akan dilakukan setelah lulus nanti, mengambil jurusan sejarah adalah pilihan yang baik.

Gelar sarjana dalam sejarah dapat berfungsi sebagai batu loncatan untuk berbagai jenis pekerjaan. Namun, karena subjeknya sangat luas, sebagian besar pekerjaan mungkin akan memerlukan pendidikan lebih lanjut dan lebih terspesialisasi.

Lantas, pekerjaan apa saja yang memungkinkan untuk jurusan sejarah? Ingin tahu? Simak ulasan berikut!

1. pengacara

Peluang kerja yang pertama adalah menjadi seorang pengacara. Banyak orang yang mempelajari sejarah kemudian menjadi pengacara, akan tetapi program gelar sarjana hanyalah langkah pertama.

Jika kamu ingin menjadi seorang pengacara, kamu juga harus lulus Tes Penerimaan Sekolah Hukum (LSAT), mendaftar ke sekolah hukum, mendapatkan gelar Juris Doctor dan lulus ujian pengacara- semua sebelum kamu dapat mulai praktik hukum.

Secara umum, dibutuhkan 3 tahun untuk lulus dari sekolah hukum, sehingga seluruh prosesnya membutuhkan 7 hingga 8 tahun.

2. Hakim

Peluang kerja yang kedua adalah menjadi seorang hakim. Meskipun hal ini sangat bermanfaat, menjadi hakim bukanlah tugas yang mudah. Calon hakim harus bekerja sebagai pengacara selama bertahun-tahun sebelum diangkat atau dipilih untuk menduduki posisi hakim.

Sementara, beberapa hakim federal diminta untuk menjalani masa hukuman seumur hidup, mayoritas hakim telah menetapkan masa jabatan, dan harus menghadapi pemilihan ulang setiap beberapa tahun guna memperbarui posisi mereka.

Seperti mereka yang ingin menjadi seorang pengacara, calon hakim juga harus menghadiri sekolah sarjana, lulus LSAT, mendaftar ke sekolah hukum, mendapatkan gelar Juris Doctor dan lulus ujian pengacara.

3. Guru

Peluang kerja yang ketiga adalah menjadi seorang guru. Setelah mendapatkan gelar sarjana, mereka yang bercita-cita menjadi pengajar di sekolah dasar atau menengah harus menyelesaikan magang di kelas sekolah, lulus tes yang diwajibkan negara untuk guru dan menerima sertifikat /lisensi mengajar.

Jika kamu tidak siap menjadi guru, saran terbaik adalah jurusan pendidikan. Akan tetapi jika kamu masih ragu tentang apa yang ingin kamu lakukan, seorang mayor sejarah pada akhirnya dapat membantu kamu mendapatkan pekerjaan mengajar.  

Selama gelar kamu dalam bidang terkait dengan kelas yang Anda cita-citakan untuk mengajar, kamu akan baik-baik saja.

4. Sejarawan

Peluang kerja yang keempat adalah menjadi sejarawan. Seorang sejarawan dapat memiliki tugas yang sangat berbeda, tergantung di mana mereka bekerja.

Namun umumnya, sejarawan menganalisis, mencerna, serta menulis tentang berbagai dokumen sejarah, termasuk foto, surat kabar, buku, dan lainnya.

Mereka biasanya bekerja di museum atau universitas. Meskipun tidak diharuskan, banyak sejarawan yang melanjutkan kuliah untuk mendapatkan gelar master mereka.

5. Kurator Museum

Peluang kerja yang kelima adalah kurator museum. Kurator museum bertanggung jawab dalam memilih, memperoleh, dan melestarikan berbagai benda yang memiliki nilai sejarah, artistik, ilmiah, atau koleksi untuk keperluan ditampilkan di museum. Meskipun tidak diperlukan, gelar master sangat umum untuk kurator museum.

6. Pustakawan

Peluang kerja yang keenam adalah pustakawan. Pustakawan bertanggung jawab untuk membuat buku, database online, dan materi pendidikan tambahan yang membentuk perpustakaan.

Seorang pustakawan dapat bekerja di berbagai institusi, termasuk sekolah, perpustakaan umum, museum, firma hukum, organisasi nirlaba, dan lain sebagainya.

Meskipun umumnya tidak masalah apa gelar sarjana kamu, banyak tempat yang tidak akan mempekerjakan kamu sebagai pustakawan kecuali kamu memiliki gelar master dalam ilmu perpustakaan.

7. Profesor Perguruan Tinggi

Peluang kerja yang ketujuh adalah menjadi profesor perguruan tinggi. Pada profesi ini, kamu harus memiliki kesabaran, omunikasi, pengorganisasian, dan antusiasme.

Untuk mendapatkan pekerjaan ini kamu gelar master (dan terkadang gelar doktor). Selain mengajar, beberapa profesor perguruan tinggi juga bertugas untuk melakukan penelitian dan menulis artikel ilmiah.

8. Ilmuwan Politik

Peluang kerja yang kedelapan adalah ilmuan politik. Ilmuwan politik bertanggung jawab untuk berbagai tugas khusus, tergantung di mana mereka bekerja. Namun secara lebih luas, mereka menganalisis asal-usul dan perubahan dalam sistem politik. Profesi ini dapat bekerja untuk pemerintah, nirlaba, think tank, dan lainnya.

9. Antropolog

Peluang kerja yang kesembilan adalah antropolog. Ada banyak cabang antropologi, namun pada umumnya, para antropolog mempelajari evolusi dan perkembangan manusia untuk memahami perubahan budaya dan fisik.

Misalnya, antropolog dapat membantu melacak asal-usul penyakit. Biasanya, mereka bekerja di perguruan tinggi, universitas, organisasi nirlaba atau bahkan di pemerintahan.

Demikian beberapa prospek kerja lulusan sejarah yang perlu kamu ketahui. Bagaimana, apakah kamu berminat mengambil jurusan sejarah? Jangan sampai salah ngambil jurusan, ya.