7 Prospek Kerja Lulusan Teknik Mesin Lengkap dengan Tugasnya

17-08-2022

BANGUN PENDIDIKAN - Tahukah kamu, jika dibandingkan dengan jurusan lain, peluang atau prospek kerja untuk teknik mesin jauh lebih luas?

Lulusan teknik mesin dapat masuk ke hampir semua lini industri yang ada, tidak hanya industri otomotif saja. Hal ini dikarenakan selama kuliah, kamu akan memperlajari tentang mesin dan semua hal yang bergerak secara mekanis.

Lantas, apa saja sih prospek kerja untuk lulusan teknik mesin? Penasaran? Yuk, ikuti penjelasan di bawah ini!

1. Dosen

Jika memiliki passion untuk mengajar, salah satu prospek kerja sebagai lulusan teknik mesin adalah menjadi seorang dosen.

Meskipun begitu, perlu diingat bahwa untuk menjadi seorang dosen, dibutuhkan setidaknya gelar S2 atau S3.

Kamu bisa saja lulus S1 dengan jurusan teknik lainnya, lalu fokus S2 di jurusan teknik mesin agar bisa mengajar di mata kuliah tersebut.

2. System analyst

 

Bagi orang awam, system analyst dikenal sebagai pekerjaan untuk orang IT saja. Padahal, salah satu prospek kerja lulusan teknik mesin ialah sebagai system analyst.

Ketika kuliah jurusan teknik mesin, kamu akan mempelajari tentang teknik analisis yang akan berguna di dunia pekerjaan.

3. Teknisi dan operator mesin

Prospek kerja yang selanjutnya yang mungkin sudah cukup jelas adalah sebagai teknisi dan operator mesin.

Sebagai teknisi, kamu akan mengoperasikan mesin serta melakukan perawatan, memperbaiki jika ada kerusakan, dan menyiapkan sampai ke spare part-nya.

Hampir semua perusahaan yang memproduksi barang membutuhkan seorang teknisi untuk menjalankan mesin serta memastikan proses produksi berjalan dengan efektif.

4. Industri otomotif

Prospek kerja lulusan teknik mesin di industri otomotif cukup banyak, salah satunya sebagai mekanik kendaraan.

Kamu bisa saja mengurus mesin pada mobil, sepeda motor, atau bahkan kereta. Intinya, hampir semua kendaraan yang ada di industri otomotif.

Mesin yang dimaksud di sini adalah semua komponen yang ada di dalamnya, mulai dari transmisi kendaraan sampai spesifikasi mesin.

5. Mekanik pesawat

Jika kuliah jurusan teknik mesin dan tertarik dengan dunia penerbangan, kamu bisa mengambil penjurusan dengan fokus mekanisme pesawat karena prospek kerja yang cukup menarik.

Berbeda dengan dunia otomotif biasa, mekanik pesawat mengerjakan mesin yang khusus untuk pesawat.

Demikian beberapa prospek kerja lulusan teknik mesin. Jangan sampai salah memilih jurusan, ya.