Mengenal Jurusan Kedokteran Gigi: Mata Kuliah dan Prospek Kerjanya

09-11-2022

BANGUN PENDIDIKAN - Siapa nih dari kamu yang bercita-cinta menjadi dokter gigi? Menjadi seorang dokter gigi tidak hanya sekedar mengobati penyakit gigi dan mulut, ya. Dokter gigi juga bertanggungjawab dalam merawat, mempromosikan kesehatan mulut, dan menjadi “an architect of the smile”. Wah, senang banget ‘gak sih kalau orang lain bisa tersenyum indah berkat kamu?

Tapi untuk menjadi seorang dokter gigi, seperti apa sih pendidikan yang harus kita tempuh? Lalu, apakah lulusan dari Jurusan Kedokteran Gigi hanya bisa jadi dokter gigi saja? Untuk menjawab pertanyaan tersebut, simak penjelasan berikut ini ya.

Mengenal Jurusan Kedokteran Gigi

Jurusan Kedokteran Gigi adalah program studi yang mempelajari tentang perawatan kesehatan oral manusia, mulai dari daerah gigi dan mulut, sampai cara mengobati berbagai permasalahan pada area tersebut.

Ilmu Kedokteran Gigi sangat berkaitan dengan syaraf yang ada pada leher dan kepala pasien. Oleh karena itu, seorang dokter gigi juga perlu menguasai ilmu-ilmu kedokteran dasar (basic medical science) yang dipelajari oleh para mahasiswa Fakultas Kedokteran (FK). Selain itu, cakupan Jurusan Kedokteran Gigi juga meliputi aspek keindahan pada gigi, gusi, dan mulut (estetika).

Mata Kuliah Jurusan Kedokteran Gigi

Jika mengambil jurusan ini, kamu akan diajak untuk banyak belajar tentang teori ilmu kedokteran gigi dasar, konservasi gigi, endodontik, periodonsia, ilmu kedokteran gigi anak, ilmu kesehatan gigi mulut, ilmu biologi oral, hingga radiologi.

Selain belajar teori, kamu juga akan ada kegiatan praktik. Saat kuliah, kamu akan banyak melakukan berbagai jenis praktikum. Hal ini tentunya sangat wajar, mengingat seorang dokter gigi membutuhkan keterampilan tangan yang baik. Kamu akan diajarkan tentang cara mencetak gigi, mencabut gigi, hingga memasang kawat gigi.

Adapun beberapa materi yang akan kamu temui pada jurusan ini, yakni:

- Anatomi

- Ilmu Faal

- Ilmu Material Kedokteran Gigi

- Biokimia

- Histologi

- Mikrobiologi

- Antropologi Dental

- Ilmu Material

- Psikologi

- Parasitolgi

- Ilmu Kesehatan Gigi Masyarakat

- Patologi Mulut & Maksilofasial

- Farmakologi & Terapi

- Biologi Mulut

- Kedokteran Jiwa

- Dermatologi

- Anestesiologi & Reanimasi

- Ilmu Penyakit Dalam

- Patologi Klinis

- Odontologi Forensik

- Radiologi

- Ilmu Kedokteran Anak

- Ilmu Kedokteran Gigi Anak

- Neurologi

- Ilmu Bedah

- Ilmu Penyakit Telinga Hidung Tenggorokan (THT)

- Ilmu Penyakit Mata

- Periodonsia

- Konservasi Gigi

- Prostodonsia

- Bedah Mulut & Maksilofasial

- Ilmu Penyakit Mulut

- Manajemen Praktik Kedokteran Gigi

Prospek Karier Jurusan Kedokteran Gigi

Lulusan kedokteran gigi, sudah pasti akan menjadi seorang dokter gigi? Tidak juga ya sobat, ada banyak peluang karier sera profesi yang bisa jadi pilihan, berikut ini list karier yang cocok untuk lulusan Jurusan Kedokteran Gigi.

- Dokter Gigi di Rumah Sakit Pemerintah, Rumah Sakit Swasta, Klinik, dan lain-lain

- Dosen Kedokteran Gigi

- Peneliti

- Dental Technicians

- Dental Business Analyst

- Dental Clinic Consultant

- Membuka Dental Clinic Sendiri

Nah sobat Bangun Pendidikan, itulah seputar penjelasan mengenai jurusan Kedokteran Gigi yang perlu kamu ketahui. Bagaimana, apakah kamu tertarik mengambil jurusan ini?