Seputar Mata Pelajaran Jurusan Perbankan di SMK

20-07-2022

BANGUN PENDIDIKAN - Pasti sudah familiar bagi kamu mendengar jurusan Perbankan dan Keuangan Mikro (PKM) di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK).

Jurusan Perbankan adalah jurusan yang akan membekali siswa-siswanya dengan pengetahuan dan keterampilan kerja di bidang keuangan dan perbankan.

Pada jurusan ini, kamu akan mempelajari tentang analisis kredit, pemasaran lembaga keuangan, akuntansi, auditing, perpajakan, hukum bisnis, administrasi perbankan, etika perbankan, komunikasi bisnis, hingga pelayanan nasabah.

Lantas, apa saja sih yang diperlajari di jurusan Perbankan dan Keuangan Mikro ini? Penasaran? Yuk ikuti penjelasan berikut!

1. Ekonomi Bisnis

Mata pelajaran yang pertama adalah ekonomi bisnis. Pada materi ini kamu akan belajar mengenai permintaan, penawaran, hingga menghitung harga pokok penjualan.

2. Etika Profesi

Mata pelajaran yang kedua adalah etika profesi. Pada materi ini kamu akan belajar tentang etika profesi perbankan.

Dengan mempelajari materi ini, kamu akan tahu mengenai kode etik di dunia perbankan sehingga kamu akan bekerja sesuai dengan kode etik yang berlaku.

3. Aplikasi Pengolah Angka

Mata pelajaran yang ketiga adalah aplikasi pengolah angka. Pada materi ini kamu akan belajar aplikasi pengolah angka, seperti Microsoft Excel dan Spreadsheet. Selain itu, kamu juga akan memperlajari rumus-rumus yang berlaku di aplikasi pengolah angka yang akan kamu gunakan.

4. Akuntansi Dasar

Mata pelajaran yang keempat adalah akuntansi dasar. Pada materi ini kamu akan belajar debit, kredit, utang, piutang, dan istilah-istilah lainnya yang ada di akuntansi.

5. Perbankan Dasar

Mata pelajaran yang kelima adalah perbankan dasar. Pada materi ini kamu akan belajar perbankan dasar terlebih dahulu sebelum masuk ke materi inti perbankan. Selain itu, kamu juga akan dikenalkan dengan istilah-istilah di dunia perbankan dan teori-teorinya.

6. Pengelolaan Kas

Mata pelajaran yang keenam adalah pengolahan kas. Pada meteri ini kamu akan belajar tentang pengelolaan kas seperti keluar masuknya uang, cara mengelola transaksi kas kecil, hingga mencatat laporan penerimaan.

7. Layanan Lembaga Perbankan Dan Keuangan Mikro

Mata pelajaran yang ketujuh adalah layanan lembaga perbankan dan keuangan mikro. Perbankan tidak pernah lepas dari proses layanannya. Untuk itu, kamu akan belajar materi ini.

8. Akuntansi Perbankan Dan Keuangan Mikro

Mata pelajaran yang kedelapan adalah akutansi perbankan dan keuangan mikro. Bukan hanya pelayanannya saja, kamu juga akan mempelajari mengenai materi akuntansinya.

9. Komputer Akuntansi

Mata pelajaran yang kesembilan adalah Komputer Akuntansi. Pada mata pelajaran ini kamu perlu menguasai dan mampu mengoperasikan software akuntansi.

10. Administrasi Pajak

Mata pelajaran yang keterakhir adalah administari pajak. Bukan hanya perbankan dan akuntansi yang akan kamu pelajari, tetapi juga materi tentang pajak. Meskipun terkesan tidak relevan, pajak masih berhubungan erat dengan dunia perbankan.

Demikianlah 10 mata pelajaran yang akan kamu temui jika mengambil jurusan Perbankan dan Keuangan Mikro (PKM) di SMK. Semoga penjelasan di atas dapat membantu kamu.