Strategi Pembelajaran Yang Tepat Lengkap dengan Metodenya

29-04-2022

BangunPendidikan.com - Memahami apa itu strategi pembelajaran dan contoh strategi pembelajaran dalam dunia pendidikan di Indonesia. Dalam meningkatkan mutu dan kualitas pendidikan adalah dengan membuat strategi pembelajaran yang tepat.

Strategi pembelajaran ini sangat dibutuhkan dalam dunia pendidikan, sehingga sistem belajar mengajar di kelas tidak menjadi monoton atau membosankan serta dapat membantu siswa dalam mengembangkan pola berpikirnya.

Segmentasi Pembelajaran

Secara umum pengertian strategi pembelajaran adalah usaha menggunakan strategi yang sistematis yang dilakukan secara efektif untuk mendapatkan suatu prestasi dan juga keberhasilan dalam kegiatan pembelajaran.

Strategi ini dapat diartikan sebagai suatu rancangan sekaligus metode dalam mencapai tujuannya. Strategi pembelajaran adalah suatu rencana, yang didalamnya terdapat rangkaian kegiatan yang dirancang secara khusus.

Berikut ini definisi segmentasi menurut para ahli :

1. Suparman

Strategi pembelajaran merupakan gabungan dari beberapa rangkaian kegiatan, cara mengorganisasikan materi pelajaran siswa, bahan, peralatan dan waktu yang digunakan untuk proses pembelajaran dalam mencapai tujuan kegiatan pembelajaran yang telah ditentukan.

2. Hilda Taba

Strategi pembelajaran adalah urutan atau pola perilaku guru untuk dapat mengakomodasi semua variabel pembelajaran secara sadar dan sistematis.

Jenis Strategi Pembelajaran

Dalam pelaksanaan pendidikan tentunya banyak contoh strategi pembelajaran yang dapat digunakan.

1. Metode ceramah

Jenis strategi pembelajaran dengan menggunakan metode ceramah yaitu penuturan materi dalam bahan ajar secara lisan yang dilakukan oleh guru.

2. Metode demonstrasi

Metode demonstrasi merupakan jenis pembelajaran yang menyajikan materi pelajaran kepada siswa yang digabungkan dengan penjelasan. Tujuannya agar siswa dapat lebih mudah memahami materi pembelajaran yang dijelaskan.

3. Strategi pembelajaran metode diskusi

Jenis strategi pembelajaran lainnya yaitu dengan menggunakan metode diskusi. Strategi pembelajaran ini menghadapkan siswa pada suatu masalah untuk menemukan solusi yang tepat.

4. Metode simulasi

Sedangkan metode simulasi dalam strategi pembelajaran yaitu dengan menghadirkan situasi tiruan agar setiap siswa dapat lebih mudah memahami konsep dan juga materi yang disampaikan.

Tips Menjalankan Strategi Pembelajaran Yang Benar

Berikut ini beberapa tips agar dapat menjalankan strategi pembelajaran dengan baik dan benar, di antaranya:

  1. Mendorong komunikasi kelompok
  2. Cari tahu teknik belajar yang tepat
  3. Menciptakan suasana yang bebas gangguan
  4. Fokus pada eksplorasi dan pemecahan masalah
  5. Pemicu motivasi belajar
  6. Berbagi pendapat

Macam-Macam Strategi Pembelajaran

Agar kegiatan pembelajaran dapat berjalan lebih optimal, pendidik atau guru juga dapat menerapkan berbagai macam strategi pembelajaran, seperti:

1. Strategi berdasarkan strategi atau SPBM

Pembelajaran SPBM merupakan strategi pembelajaran yang memadukan beberapa kegiatan pembelajaran yang menonjolkan proses pemecahan masalah ilmiah.

2. Strategi ekspositoris atau SPE

Sistem pembelajaran ekspositori merupakan strategi pembelajaran yang menekankan pada proses pemberian pengetahuan atau materi yang diberikan secara lisan oleh guru.

3. Strategi inkuiri atau SPI

Strategi SPI atau strategi bertanya meliputi sejumlah kegiatan pembelajaran yang menitikberatkan pada proses berpikir analitis dan kritis dalam mencari dan menjawab pertanyaan.

4. Strategi koperasi atau DSS

Strategi pembelajaran kooperatif menggunakan kelompok kecil atau tim yang terdiri dari empat sampai enam orang yang memiliki latar belakang akademis ras, dan gender.

5. Meningkatkan keterampilan berpikir atau SPPKB.

Agar strategi pembelajaran yang diterapkan oleh para guru dapat berjalan maksimal, pihak lembaga pendidikan juga penting meningkatkan sarana dan prasarana yang ada di sekolah, seperti mengembangkan perpustakaan dan renovasi kelas hingga memberikan pelatihan kepada guru.