7 Universitas Negeri Terbaik di Indonesia

01-01-1970

BangunPendidikan.com – Pendidikan di Indonesia merupakan seluruh pendidikan yang diselenggarakan di Indonesia, baik secara terstruktur maupun tidak terstruktur. Saat ini pendidikan di Tanah Air di atur oleh Undang-undang Nomor 20 Tahun 2003, tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Terdapat tiga jalur utama pendidikan di Indonesia, yaitu formal, nonformal dan informal. Jenjang pendidikan itu sendiri dibagi menjadi 4 bagian, yaitu Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD), Sekolah Dasar (SD), Sekolah Menengah (SMP dan SMA), dan Pendidikan Tinggi.

Untuk kamu yang sudah menyelesaikan pendidikan di Sekolah Menengah Atas (SMA), pasti berkeinginan melanjut ke Pendidikan Tinggi, yaitu dunia Pekuliahan. Untuk Pendidikan Tinggi, dibagi lagi menjadi tiga gelar lulusan, yaitu sarjana, megister dan dokter.

Tahapan pertama yang akan kamu lakukan setelah lulus dari Sekolah Menengah Atas adalah memilih Universitas jenjang pertama untuk mendapatkan gelar sarjana. Dan jika kamu berkeinginan melanjutkan studi, kamu bisa mendapat kan gelar megister hingga doktor.

Di Indonesia terdapat dua jenis universitas, yakni Universitas Negeri dan Universitas Swasta. Untuk kualitas dari kedua jenis Universitas ini, sama saja. Yang menjadi pembeda diantaranya adalah biaya kuliah di Universitas Swasta cenderung lebih mahal dibandingkan Universitas Negeri.

So, jika kamu memiliki biaya yang terbatas, bisa melirik Universitas Negeri yang ada di Indonesia. BangunPendidikan.com telah merangkum 7 Universitas Negeri terbaik di Indonesia yang bisa kamu coba.

Berikut ke-7 Universitas Negeri terbaik di Indonesia, beserta visi dan misi dari Universitas tersebut.

1. Universitas Gajah Mada (UGM)

Universitas Negeri Terbaik di Indonesia dan merupakan Universitas Negeri favorit di Indonesia adalah Universitas Gajah Mada (UGM). UGM berada di Yogyakarta dan sudah berdiri sejak tanggal 19 Desember 1949.

Universitas Gajah Mada adalah lembaga Pendidikan Tinggi tertua di negeri ini. terdapat 18 fakultas, 68 program studi Sarjana, 23 program studi Diploma, 104 program studi Master dan spesialis, serta 43 program studi Doktor.

Visi:

Universitas Gadjah Mada sebagai pelopor perguruan tinggi nasional berkelas dunia yang unggul dan inovatif, mengabdi kepada kepentingan bangsa dan kemanusiaan dijiwai nilai-nilai budaya bangsa berdasarkan Pancasila.

Misi:

Menjalankan pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat serta pelestarian dan pengembangan ilmu yang unggul dan bermanfaat bagi masyarakat.

2. Universitas Indonesia (UI)

Universitas terbaik di Indonesia selanjutnya ialah Universitas Indonesia atau banyak yang menyebutnya “UI”.  Diperingkat dunia, UI berada di posisi 290 dan di Indonesia sendiri berada di peringkat ke 2 dari UGM.

Universitas ini telah berdiri sejak tahun 1950 dan terletak di dua area, yakni Salemba dan Depok, Indonesia. Universitas Indonesia ini memiliki 13 Fakultas, Program Pasca Sarjana dan Program Vokasi. Serta terdapat 291 program studi yang ada di UI.

Visi:

Menjadi pusat ilmu pengetahuan, teknologi, dan kebudayaan yang unggul dan berdaya saing, melalui upaya mencerdaskan kehidupan bangsa untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat, sehingga berkontribusi bagi pembangunan masyarakat Indonesia dan dunia.

Misi:

a.    Menyediakan akses yang luas dan adil, serta pendidikan dan pengajaran yang berkualitas.
b.    Menyelenggarakan kegiatan Tridharma yang bermutu dan relevan dengan tantangan nasional serta global.
c.    Menciptakan lulusan yang berintelektualitas tinggi, berbudi luhur dan mampu bersaing secara global.
d.    Menciptakan iklim akademik yang mampu mendukung perwujudan visi UI.

3. Institut Teknologi Bandung (ITB)

Institut Teknologi Bandung (ITB) berada di peringkat ke-3 Universitas negeri terbaik di Indonesia dan menempati urutan ke-303 di dunia. ITB berdiri sejak 2 Maret 1959 di Jl. Ganesha No. 10, Bandung, Jawa Barat.

Universitas negeri favorit di Indonesia ini memiliki 2 Multikampus, 12 Fakultas dan Sekolah dengan 130 program studi.

Visi:

Menjadi Perguruan Tinggi yang unggul, bermartabat, mandiri, dan diakui dunia serta memandu perubahan yang mampu meningkatkan kesejahteraan bangsa Indonesia dan dunia.

Misi:

Menciptakan, berbagi dan menerapkan ilmu pengetahuan, teknologi, seni dan kemanusiaan serta menghasilkan sumber daya insani yang unggul untuk menjadikan Indonesia dan dunia lebih baik.

4. Universitas Airlangga (UNAIR)

Untuk beberapa orang mungkin asing dengan Universitas yang satu ini. Universitas Airlangga atau yang biasa disingkat dengan UNAIR ini didirikan pada tanggal 10November 1954, di Surabaya, Jawa Timur.

Terdapat 174 program studi, 14 Fakultas, 1 Sekolah Pascasarjana, dan 3 kampus yang tersebar diwilayah Surabaya di UNAIR.

Visi:

Menjadi universitas yang mandiri, inovatif, terkemuka di tingkat nasional dan internasional, pelopor pengembangan ilmu pengetahuan, teknologi, humaniora dan seni berdasarkan moral agama.

Misi:

a.    Menyelenggarakan dan mengembangkan pendidikan akademik, profesi, dan/atau vokasi dengan keunggulan kelas dunia berlandaskan nilai kebangsaan dan moral agama.
b.    Menyelenggarakan penelitian dasar, terapan, dan penelitian kebijakan yang inovatif dengan keunggulan kelas dunia berlandaskan nilai kebangsaan dan moral agama untuk menunjang pengembangan pendidikan dan pengabdian kepada masyarakat.
c.    Mendarmabaktikan keahlian dalam bidang ilmu, teknologi, dan humaniora kepada masyarakat.
d.    Mengelola universitas secara mandiri dengan tata kelola yang baik melalui pengembangan kelembagaan yang berorientasi pada mutu dan mampu bersaing di tingkat internasional.

5. Institut Pertanian Bogor (IPB)

Universitas negeri terbaik di Indonesia berikutnya adalah Institut Pertanian Bogor, biasa disingkat dengan IPB. IPB resmi berdiri sendiri (resmi sebagai perguruan tinggi mandiri) sejak 1 September 1963, di Bogor.

Institut ini memiliki 181 program studi, Fakultas, 1 Sekolah Pascasarjana, Sekolah Bisnis dan Program Diploma.

Visi:

Menjadi perguruan tinggi berbasis riset dan terdepan dalam inovasi untuk kemandirian bangsa menuju techno-socio entrepreneurial university yang unggul di tingkat global pada bidang pertanian, kelautan, biosains tropika.

Misi:

a.    Menyelenggarakan pendidikan tinggi dengan melakukan penguatan research base university agar menghasilkan lulusan techno-sociopreneur yang unggul, memiliki akhlak mulia yang berlandaskan iman dan takwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, nasionalisme tinggi, kompetensi profesional, soft skills millennium, jiwa kepemimpinan, berwawasan global dan menjadi trendsetter inovasi dan perubahan.
b.    Memelopori penelitian unggul dan terdepan dalam IPTEKS yang transformatif untuk terciptanya kualitas kehidupan berkelanjutan, serta inovasi untuk ekonomi rakyat dan industri nasional.
c.    Mendalami ilmu-ilmu terkini di bidang pertanian, kelautan dan biosains tropika untuk menjadi penentu kecenderungan ilmu terkini di tingkat nasional dan global.
d.    Meningkatkan layanan proaktif yang berkontribusi dan memecahkan persoalan masyarakat dan meningkatkan peran IPB dalam menentukan arah kebijakan nasional.
e.    Memperkuat sistem manajemen PT yang mampu menjadi pedoman pengembangan sistem manajemen modern pendidikan tinggi di era 4.0.

6. Universitas Padjajaran (UNPAD)

Universitas Padjajaran juga termasuk kedalam Universitas negeri terbaik di Indonesia, serta Universitas negeri terfavorit di Indonesia. UNPAD sudah berdiri sejak tanggal 11 September 1957, di Bandung. Terdapat 194 program studi di dalam 15 Fakultas di Universitas Padjajaran.

Visi:

Mencapai universitas bereputasi dunia dan berdampak pada masyarakat yang dilandasi oleh pola ilmiah pokok “Bina Mulia Hukum dan Lingkungan Hidup”.

Misi:

a.    Mewujudkan academic excellence dan memperoleh rekognisi nasional dan internasional.
b.    Meningkatnya relevansi dan inovasi pendidikan, penelitian dan pengabdian pada masyarakat.
c.    Mewujudkan kemandirian dengan kapitalisasi sumber daya internal dan kemitraan strategis.
d.    Meningkatkan kontribusi Unpad dalam penyelesaian masalah yang berdampak pada kesejahteraan masyarakat Jawa Barat dan Indonesia.
e.    Membangun karakter kepemimpinan dengan budaya kolektif, profesional, dan berintegritas dalam pengelolaan keberlanjutan Universitas.

7. Universitas Diponegoro (UNDIP)

Universitas Diponegoro juga merupakan universitas negeri favorit di Indonesia, yang berdiri sejak tahun 1957, di Semarang, Jawa Tengah. UNDIP memiliki 164 program studi, 11 Fakultas, dan 2 Sekolah.

Visi:

Universitas Diponegoro menjadi Universitas Riset yang unggul.

Misi:

a.    Menyelenggarakan  pendidikan sehingga menghasilkan lulusan yang unggul dan kompetitif.
b.    Menyelenggarakan penelitian yang menghasilkan publikasi, Hak Atas Kekayaan Intelektual (HAKI), buku ajar, kebijakan dan teknologi yang berhasil guna dan berdaya guna dengan mengedepankan budaya dan sumber daya lokal.
c.    Menyelenggarakan pengabdian kepada masyarakat yang menghasilkan publikasi, Hak Atas Kekayaan Intelektual  (HAKI), buku ajar, kebijakan dan teknologi yang berhasil guna dan berdaya guna dengan mengedepankan budaya dan sumber daya lokal.
d.    Mengembangkan profesionalitas, kapabilitas, akuntabilitas dalam tata kelola universitas yang baik serta kemandirian penyelenggaraan perguruan tinggi.

Itulah 7 Universitas Negeri terbaik di Indonesia yang di rekomendasikan untuk kamu. Tentukan pilihanmu dan sesuaiakn dengan fashion pendidikan yang kamu minati. Semoga cita-cita kamu terwujud.