VISI MISI OSIS

22-05-2022

Bangunpendidikan - Sebelum lahirnya OSIS, di sekolah-sekolah tingkat SLTP dan SLTA terdapat organisasi yang berbagai macam corak bentuknya. Ada organisasi siswa yang hanya dibentuk bersifat internal sekolah itu sendiri, dan ada pula organisasi siswa yang dibentuk oleh organisasi siswa di luar sekolah. Organisasi siswa yang dibentuk dan mempunyai hubungan dengan organisasi siswa dari luar sekolah, sebagian ada yang mengarah pada hal-hal bersifat politis, sehingga kegiatan organisasi siswa tersebut dikendalikan dari luar sekolah sebagai tempat diselenggarakannya proses belajar mengajar.

Akibat dari keadaan yang demikian itu, maka timbullah loyalitas ganda, disatu pihak harus melaksanakan peraturan yang dibuat Kepala Sekolah, sedang dipihak lain harus tunduk kepada organisasi siswa yang dikendalikan di luar sekolah.

Itu sebabnya pada 23 Maret tahun 1970 sampai dengan tahun 1972, beberapa pimpinan organisasi siswa yang sadar akan maksud dan tujuan belajar di sekolah, ingin menghindari bahaya perpecahan di antara para siswa intra sekolah di sekolah masing-masing, setelah mendapat arahan dari pimpinan Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.

Pembinaan dan pengembangan generasi muda diarahkan untuk mempersiapkan kader penerus perjuangan bangsa dan pembangunan nasional dengan memberikan bekal keterampilan, kepemimpinan, kesegaran jasmani, daya kreasi, patriotisme, idealisme, kepribadian dan budi pekerti luhur.

Oleh karena itu, pembangunan wadah pembinaan generasi muda di lingkungan sekolah yang diterapkan melalui Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS) perlu ditata secara terarah dan teratur.

Betapa besar perhatian dan usaha pemerintah dalam membina kehidupan para siswa, maka ditetapkan OSIS sebagai salah satu jalur pembinaan kesiswaan secara nasional. Jalur tersebut terkenal dengan nama “Empat Jalur Pembinaan Kesiswaan”, yaitu:

  1. Organisasi Kesiswaan
  2. Latihan Kepemimpinan
  3. Kegiatan Ekstrakurikuler
  4. Kegiatan wawasan Wiyatamandala

Dengan dilandasi latar belakang sejarah lahirnya OSIS dan berbagai situasi, tujuan OSIS dibentuk yakni:

  1. Menghimpun ide, pemikiran, bakat, kreativitas, serta minat para siswa ke dalam salah satu wadah yang bebas dari berbagai macam pengaruh negatif dari luar sekolah.
  2. Mendorong sikap, jiwa dan semangat kesatuan dan persatuan di antara para siswa, sehingga timbul satu kebanggaan untuk mendukung peran sekolah sebagai tempat terselenggaranya proses belajar mengajar.
  3. Sebagai tempat dan sarana untuk berkomunikasi, menyampaikan pemikiran, dan gagasan dalam usaha untuk mematangkan kemampuan berpikir, wawasan, dan pengambilan keputusan.

Pengertian OSIS

Organisasi Siswa Intra Sekolah ( OSIS ) adalah Pusat Kegiatan Pembinaan Kesiswaan di sekolah untuk pengembangan minat, bakat serta potensi Siswa. OSIS adalah sebuah Lembaga Resmi satu-satunya di sekolah yang diakui oleh Kementerian Pendidikan Nasional Republik Indonesia sejak 23 Maret 1970. Lembaga ini tidak ada pada tingkat Sekolah Dasar (SD/ MI), Sekolah Menengah yaitu Sekolah Menengah Pertama (SMP/MTS) dan Sekolah Menengah Atas (SMA/SMK/MA/SLB) sederajat se-Indonesia.

Visi Misi Osis

Saat mencalonkan diri sebagai anggota OSIS, pastinya kamu harus menyiapkan visi misi OSIS yang meyakinkan. Nah, kali ini bangunpendidikan telah menghimpun contoh visi misi OSIS untuk kamu jadikan inspirasi.

OSIS menjadi organisasi yang paling umum kita ketahui karena kegiatannya selalu bersinggung dengan kegiatan yang ada di sekolah. Secara umum, OSIS dikelola oleh siswa yang terpilih menjadi pengurus di bawah bimbingan guru yang bertugas sebagai pembina.

OSIS juga merupakan jantungnya organisasi-organisasi yang ada di sekolah seperti Paskibra, PMR, Pramuka dan sebagainya. Tak heran, organisasi ini berperan penting dalam peningkatan dan kemajuan suatu sekolah. Dengan begitu, untuk mencalonkan sebagai anggota OSIS, perlu persyaratan, keyakinan, dan konsistensi yang harus disiapkan. Adapun salah satu persyaratan yang diperlukan adalah visi misi OSIS.

Contoh Visi Dan Visi OSIS Diberbagai Tingkatan

Visi Misi OSIS SMP

Visi: Meningkatkan kualitas SMP sekaligus membentuk kepribadian siswa-siswi agar menjadi SMART (Sigap, Musyawarah, Adil, Religius, Teliti).

Misi:

  1. Meningkatkan kualitas prestasi akademik maupun non akademik melalui organisasi.
  2. Memperkenalkan dan menyebarluaskan pada masyarakat luas tentang keunggulan SMP
  3. Menjadikan OSIS sebagai wadah aspirasi siswa/i.
  4. Meningkatkan kedisiplinan dengan menaati peraturan yang ada.

Begitulah kiri-kira visi misi OSIS SMP yang bisa bangunpendidikan bisa rangkum

Visi Misi SMA

Visi misi SMA sangat menentukan mutu dan kualitas sebagai ketua OSIS. Jika bunyi visi misi sma yang sudah dibuat ketua OSIS begitu mantap, itu berarti ciri-ciri ketua OSIS yang benar. berikut ini contoh visi misi SMA yang bisa sahabat gunakan :

Visi: Menjadikan OSIS dan siswa/i SMA menjadi siswa yang disiplin, aktif berfikir, kreatif, dan berbudaya dengan menyesuaikan pada perkembangan zaman dengan tetap berlandas kepada iman dan takwa.

Misi:

  1. Meningkatkan kualitas prestasi akademik maupun non akademik siswa SMA melalui organisasi yang diikutinya serta kemampuan yang dimiliki.
  2. Mampu berinteraksi dengan masyarakat luas.
  3. Menjadikan OSIS sebagai wadah aspirasi dan juga meningkatkan kedisiplinan dengan menaati peraturan yang ada.

Visi Misi SMK

Visi misi SMK biasayanya terdengar sangat keren. Ini diakibatkan lulusan SMK adalah lulusan yang siap kerja setelah tamat, berikut ini contoh visi misi SMK yang bisa sahabat gunakan :

Visi: Menjadikan OSIS SMK sebagai jembatan penghubung bagi siswa yang ingin mengembangkan segala potensi yang ada, sehingga nantinya akan terbentuk siswa yang cerdas, kreatif, berprestasi dan berakhlak mulia dengan berasas kepada Pancasila.

Misi:

  1. Bekerja sama dengan organisasi internal dan ekstrakulikuler yang ada di SMK
  2. Mewujudkan program kerja yang dapat mengembangkan bakat serta meningkatkan rasa persatuan.
  3. Mengembangkan kegiatan ekstrakurikuler yang dapat menambah persatuan antar siswa.
  4. Menjadi jembatan penghubung bagi siswa/i berprestasi untuk mendapatkan beasiswa.
  5. Mengutamakan Ketuhanan Yang Maha Esa dalam setiap kegiatan.

Begitulah visi dan misi osis yang bisa sahabat gunakan sebagai visi dan misi osis sahabat di sekolah tempat sahabat menuntut ilmu.

Perangkat OSIS

Perangkat OSIS terdiri dari Pembina OSIS, perwakilan kelas, dan pengurus OSIS.

Pembina OSIS terdiri dari

  1. Kepala Sekolah, sebagai Ketua
  2. Wakil Kepala Sekolah, sebagai Wakil Ketua
  3. Guru, sebagai anggota, sedikitnya 5 (lima) orang dan bergantian setiap tahun pelajaran
  4. Tugas dari Pembina OSIS:

Demikian visi misi OSIS yang bisa di berikan Bangunpendidikan kepada sahabat – sahabat pelajar semua. Semoga artikel visi dan misi OSIS ini bisa memberikan referensi yang baik buat sahabat  dalam memilih visi misi OSIS disekolah sahabat pelajar semua.