Yuk Intip Apa Saja Mata Kuliah Teknik Logistik

18-11-2022

BANGUN PENDIDIKAN - Seperti yang kita tahu, saat ini dunia logistik begitu erat kaitannya dengan kehidupan sehari-hari. Apabila kamu mencari jurusan dengan peluang kerja menjanjikan, teknik logistik merupakan pilihan yang tepat.

Jurusan Teknik Logistik merupakan program studi yang di dalamnya mempelajari tentang perancangan teknis dan metode dalam bidang logistik. Hal yang dipelajari termasuk proses manajemen informasi, pemastian aliran barang, dan juga penyesuaian antara modal dan uang dengan kebutuhan yang ada.

Jurusan Teknik Logistik sangat cocok bagi kamu yang ingin terjun dalam dunia industri. Mengapa demikian? Di jurusan ini kamu juga akan mengetahui mengenai seluk beluk dunia industri yang berkaitan dengan pengelolaan logistik dan supply chain. Karena hal itu, lulusan program studi ini sangat banyak dicari oleh berbagai perusahaan.

Nah, buat kamu yang tertarik mengambil jurusan ini, kamu harus mengetahui seputar mata kuliah yang akan kamu temui nanti. Penasaran? Yuk, ikuti ulasan di berikut ini!

Mata Kuliah Jurusan Teknik Logistik

1. Perencanaan dan Pengendalian Logistik

Mata kuliah yang pertama adalah perencanaan dan pengendalian logistik. Mata kuliah ini memperlajari tentang perencanaan dan metode pengendalian logistik, serta beberapa ilmu pendukung seperti peramalan logistik, sistem informasi logistik, pemecahan masalah manajemen persediaan, perancangan jaringan logistik, merencanakan dan mengelola transportasi, serta mendesain dan mengoperasikan gudang.

2. Karakteristik Bahan Agro-Logistik

Mata kuliah yang kedua adalah karakteristik bahan argo-logistik. Mata kuliah ini membahas mengenai definisi manajemen persediaan dan gudang, pick preparation, proses dalam gudang, warehouse management system, strategi picking dan order picking method, warehouse cost, storage and handling, dan kesehatan dan keselamatan kerja.

3. E-logistik

Mata kuliah yang ketiga adalah E-logistik. Mata kuliah ini membahas tentang pemanfaatan teknologi, connected system, big data, dan real time information untuk membuat sebuah sistem rantai pasok yang lebih efisien dan efektif.

4. Pergudangan dan Manajemen Material

Mata kuliah yang keempat adalah pergudangan dan manajemen material. Pembahasan pada mata kuliah ini akan memberikan pemahaman dan penguasaan mengenai konsep-konsep pengelolaan gudang, sistem penyimpanan, proses persiapan pengambilan di gudang, penentuan biaya persediaan, kualitas layanan dan administrasi pergudangan, waste management, serta manajemen keselamatan dan kesehatan kerja pada gudang.

5. Pengetahuan Bahan Agro dan Penangan

Mata kuliah kelima adalah pengetahuan bahan argo dan penangan. Mata kuliah ini akan membekali mahasiswanya pengetahuan terkait ragam hasil dari komoditas pertanian dan pengelompokkan jenisnya. Selain itu, juga mempelajari penanganan pascapanen secara minimal pada komoditas hasil pertanian.

Tak hanya itu, mata kuliah yang satu ini juga akan membahas sifat bahan dari masing-masing kelompok komoditas dan kerusakkan yang mungkin terjadi pada komoditas tersebut. Serta, penanganan teknologi pascapanen minimal seperti cleaning, sortasi, dan grading.

6. Rantai Pasok Dingin

Mata kuliah yang keenam adalah rantai pasok dinginatau cold supply chain yang bertujuan untuk membekali mahasiswa terkait rantai dingin tidak terputus dalam serangkaian kegiatan produksi, penyimpanan, dan distribusi.

Mata kuliah ini juga mempelajari mengenai peralatan dan logistik terkait guna mempertahankan kisaran suhu rendah yang diinginkan. Ini digunakan untuk menjaga, memperpanjang, serta memastikan masa simpan produk.

Nah sobat Bangun Pendidikan, itulah seputar penjelasan terkait jurusan teknik logistik lengkap dengan mata kuliahnya.